Ragam Rumus Menghitung Pajak di Excel yang Mudah dan Cepat

Tifani
Oleh Tifani
21 November 2022, 18:49
Rumus Menghitung Pajak di Excel
Freepik
Ilustrasi, seseorang bekerja menggunakan Microsoft Excel.

PPh 21 merupakan pajak atas penghasilan berupa gaji, upah, honorarium, tunjangan serta pembayaran lain yang berhubungan denegan pekerjaan dan kegiatan yang dilakukan oleh orang pribadi subyek pajak dalam negeri.

Beberapa wajib pajak menggunakan Microsoft Excel sebagai salah satu langkah untuk menghitung PPh 21. Software ini memang digunakan secara luas untuk melakukan pendataan, serta melakukan penghitungan untuk berbagai keperluan bisnis.

Rumus Menghitung Pajak di Excel

Menghitung pajak penghasilan karyawan melalui Excel dapat dilakukan dengan download perhitungan PPh 21 Excel 2021 yang tersedia di internet, bisa juga menggunakan template tersebut dengan beberapa penyesuaian.

Rumus PPh 21 Excel sama dengan rumus operasi hitung spreadsheet umumnya, seperti SUM, VLOOKUP, dan IF. Berikut panduan saat hendak menghitung PPh21 karyawan di Excel.

1. Susun Dropdown List NPWP Karyawan

Pada Excel, coba buat tabel baru PPh 21 karyawan dan sertakan identitas dan komponen penghasilan mereka. Pertama, letakkan sel aktif di sel E4 (NPWP untuk Karyawan A). Kemudian, coba klik menu DATA dan cari DATA VALIDATION. Setelah muncul window Data Validation, pada bagian source, masukan “NPWP” dan “Non NPWP” kemudian klik “OK”.

2. Buat Dropdown List Status Perkawinan Karyawan

Gunakan menu “Data Validation seperti tadi. Kemudian pada kotak source, ketik: TK/0, K/0, K/1, K/2, K/3. Kemudian klik “OK”.

3. Buat Rumus untuk Total Penghasilan Bruto

Masukan jumlah semua komponen dari gaji karyawan secara manual, kemudian jumlahkan dengan menggunakan rumus ( SUM ) pada excel.

4. Buat Rumus untuk Total Pengurang Penghasilan Bruto

Seperti tadi, bisa menggunakan rumus “SUM” pada langkah perhitungan pph 21 pada MS excel. Nantinya, nilai komponen pengurang penghasilan harus diisi secara manual, di mana biaya jabatan PPh 21 sebesar 5% dari penghasilan bruto.

5. Buat Rumus Penghasilan Nett Sebulan dan Setahun

Bisa juga mendapatkan jumlah penghasilan nett karyawan selama sebulan didapatkan dari penghasilan bruto yang sudah dikurangi komponen pengurang penghasilan. Sementara itu, penghasilan nett setahun bisa didapatkan dari penghasilan nett sebulan dikalikan 12.

6. Buat Rumus Penghasilan Tidak Kena Pajak atau PTKP

Buat rumus PTKP sesuai dengan ketentuan berikut:

• TK/0 = Rp 54.000.000
• K/0 = Rp 58.500.000
• K/1 = Rp 63.000.000
• K/2 = Rp 67.500.000
• K/3 = Rp 72.000.000

Bisa juga membuatnya dengan menggunakan rumus “If” (=If(kolom tempat meletakan jumlah PTKP=”Jenis PTKP”,Nilai PTKP karyawan yang bersangkutan).
Sebagai contoh:
=If (E6=”K/0″,26325000)

7. Buat Rumus PPh 21 Terutang Setahun

Jumlah ini dapatkan dari penghasilan nett dikurangi PTKP kemudian dikalikan tarif pajak. Tarif pajak harus disesuaikan dengan pasal 17 ayat 1 UU Pajak Penghasilan No.36 Tahun 2008.
Kembali gunakan rumus “IF” untuk menentukan PPh Pasal 21 Terutang Setahun.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...