15 Rekomendasi Novel Populer Terbaik di Penghujung 2022

Tifani
Oleh Tifani
19 Desember 2022, 15:25
Ilustrasi Rekomendasi Novel
Katadata
Ilustrasi Rekomendasi Novel

Novel adalah karya imajinatif yang mengisahkan sisi utuh suatu permasalahan kehidupan seorang atau beberapa tokoh di dalamnya. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), novel adalah karangan prosa yang panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku.

Diketahui, istilah novel berasal dari kata novella dalam bahasa Jerman tepatnya adalah novelle dan novel. Novel berarti sebuah barang baru yang kecil, sehingga dapat dimaknai sebagai cerita pendek berbentuk prosa.

Advertisement

Rekomendasi Novel Populer di Penghujung 2022

Novel dapat menjadi salah satu pilihan bahan bacaan yang ringan dan menyenangkan. Tidak heran kini semakin banyak orang yang mencari rekomendasi novel sebagai bahan bacaan mereka.

Berikut rekomendasi novel yang populer di penghujung 2022 dari laman resmi Gramedia.com.

1. Majnun oleh Anton Kurnia

Rekomendasi novel pertama merupakan karya Anton Kurnia dengan judul Majnun. Novel Majnun ini berisi mengenai kisah cinta dann persahabatan, serta semacam sebuah catatan kaki atas sejarah yang sudah dilupakan.

Salah saru rekomendasi novel yang populer di akhir tahun ini menceritakan pembelaan kebebasan dan gugatan terhadap ketidakadilan. Cerita novel mengalir, menceritakan bayang-bayang ingatan luka masa lalu tokohnya, dan riwayat sebuah negeri yang pernah merasakan tekanan dari kolonialisme, represi politik, serta konflik agama.

2. I Think I Love You oleh Cha Mirae

Novel berjudul I Think I Love You dari penulis Cha Mirae ini menceritakan dua pria tampan bernama Taehyun dan Han Seokjin yang bersekolah di Kyunghee University. Kemudian, seorang siswi bernama Jennie Park terlibat konflik dengan Taehyun.

Seokjin merasa terpanggil untuk menyelamatkan Jennie dari intimidasi Taehyun. Sampai akhirnya, Seokjin jatuh cinta kepada Jennie.

Cha Mirae adalah nama pena dari gadis cantik bernama Cantika Miranda. Seorang penulis lepas yang sangat mengagumi Jin BTS dan buah persik.

Buku bertajuk The Moon, The Stars and Our Love merupakan karya pertamanya. Gadis yang sangat menyukai lagu DNA dan Mic Drop ini juga masih duduk di bangku sekolah menengah atas. Meskipun begitu, kesukaannya terhadap buku dan menulis tidak bisa dibendung sama sekali.

3. Where Stories Begin oleh Wacaku

Salah satu rekomendasi novel ini mengisahkan mengenai perkara cinta yang tak melulu soal kebahagiaan, dan cinta tak semanis gulali, serta indah seperti gumpalan awan merah muda. Where Stories Begin adalah antologi cerpen hasil kurasi redaksi novel Elex Media dari perlombaan yang diadakan oleh Wacaku.

Where Stories Begin menyuguhkan cerita pendek dari sepuluh penulis yang terpilih dari perlombaan yang diadakan pada 2022 lalu. Cerita-cerita karya Stanza Alquisha, Maria Perdana, Robin Wijaya, Arata Kim, Kanigara, Meera, Nureesh Vhalega, Ratifa Mazari, Tian Topandi, dan Zaidatul Uyun Akrami mengisahkan bahwa perkara cinta tak melulu soal kebahagiaan.

4. Ramai Yang Dulu Kita Bawa Pergi oleh Suci Berliana

Rekomendasi novel selanjutnya ialah Ramai yang Dulu Kita Bawa Pergi karya Suci Berliana. Novel ini mengisahkan kilas balik pertemuan penulis dengan kisah asmaranya.

Cerita yang hanya mampu dijabarkan lewat rentetan kata. Tentang semua kenangan yang memenuhi rongga kepala. Tentang semua gelak tawa yang menggema di rongga telinga.

5. 172 Days oleh Nadzira Shafa

Novel 172 Days menceritakan seorang perempuan yang sudah memiliki suami namun ditinggal pergi menghadap sang pencipta. Dengan penuh keraguan seorang perempuan berucap apakah mampu untuk melanjutkan hidupnya.

Rekomendasi novel ini mengajak para pembaca mengikuti kisah sang tokoh utama pasca kematian suaminya. Bahkan pikiran toko utama yang kalut, perasaan sedih, hampa yang ia derita.

6. Funiculi Funicula (Before the Coffe Gets cold) oleh Toshikazu Kawaguchi

Rekomendasi novel selanjutnya ialah Funiculi Funicula (Before the Coffe Gets cold). Novel ini mengisahkan di sebuah gang kecil di Tokyo, terdapat kafe tua yang bisa membawa pengunjungnya menjelajahi waktu.

Keajaiban kafe itu menarik seorang wanita yang ingin memutar waktu untuk berbaikan dengan kekasihnya, seorang perawat yang ingin membaca surat yang tak sempat diberikan suaminya yang sakit, seorang kakak yang ingin menemui adiknya untuk terakhir kali, dan seorang ibu yang ingin bertemu dengan anak yang mungkin takkan pernah dikenalnya.

7. Terpikat oleh Ghefira Zakhira

Novel Terpikat karya Ghefira Zakhira ini menceritakan ketertarikan seorang perempuan dan laki-laki vernama Aruna dan Abian. Aruna terpikat dengan Abian dan mencoba meluluhkan hatinya meskipun sangat sulit ditebak.

Cara yang ditempuh Aruna yaitu dengan belajar bersama. Rekomendasi novel ini mampu menghadirkan kisah cinta picisan khas anak muda. Namun, susunan kata-kata penulis yang ringan dan mudah dimengerti, menjadikan novel ini cukup populer dipenghujung 2022 ini.

8. Oh My Savior oleh Washashira

Novel Oh My Savior karya Washashira ini mengisahkan seorang perempuan yang mencintai laki-laki sempurna bernama Zidane Hamizan. Layaknya mendapatkan tantangan dan keberuntungan bagi Zelda Farzana.

Zelda jatuh hati kepada Zidane karena dia memiliki semua love language atau bahasa cinta yang dinginkan. Zee merupakan gadis yang sejak lahir hidupnya serba kekurangan, dan harus bekerja keras demi bisa bertahan hidup bersama Ibu Peri dan adik-adiknya di panti.

9. Cantik Itu Luka oleh Eka Kurniawan

Novel best seller karya Eka Kurniawan ini merupakan novel pertama beliau yang diterbitkan pada 2002. Sampai saat ini, novel ini telah berhasil diterjemahkan ke lebih dari 34 bahasa, di antaranya bahasa Inggris, Jerman, Polandia, Jepang, dan masih banyak lagi.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement