5 Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar dengan Efektif

Hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat merupakan hak setiap orang. Oleh karena itu, setiap orang wajib memahami cara menjaga kebersihan lingkungan. Berikut ini penjelasannya.
Annisa Fianni Sisma
26 Desember 2022, 23:37
Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan
PEXEL
Ilustrasi Sampah Berserakan

Cara menjaga kebersihan lingkungan seakan wajib dipahami oleh seluruh masyarakat di bumi. Pasalnya, terdapat ketentuan bahwa setiap orang berhak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat.

Berkaitan dengan hak tersebut, tentu perlu juga dilakukan dengan berbagai langkah dalam cara menjaga kebersihan lingkungan. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan
Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan (PEXEL)
 




Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan

Cara menjaga kebersihan lingkungan tidaklah sulit. Pasalnya, pada intinya setiap orang harus menghargai bahwa lingkungan juga merupakan milik orang lain yang tinggal di sekitar tempat tersebut. Untuk memahami lebih jauh terkait cara menjaga kebersihan lingkungan, berikut ini beberapa contoh tindakan yang dapat diterapkan.

1. Membuang Sampah Pada Tempatnya

Cara menjaga kebersihan lingkungan yang paling mendasar, utama dan kerap dilupakan banyak orang adalah membuang sampah pada tempatnya. Sampah merupakan aspek kecil dalam kehidupan sehari-hari, tetapi dampaknya cukup besar jika tidak dilakukan pembuangan pada tempatnya.

Sampah yang berserakan dapat mencemari lingkungan dan membuat lingkungan setempat terjangkit penyakit. Contohnya yakni sampah yang membusuk dan penuh bakteri yang tersebar akan dengan mudah mengkontaminasi lingkungan sekitar.

2. Mengurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai

Penggunaan plastik sekali pakai tentu dapat mencemari lingkungan dengan sampah plastik. Hal ini justru menjadi masalah ketika sampah plastik semakin banyak dan membahayakan makhluk hidup lainnya.

Sampah plastik yang terlalu banyak akan mencemari lingkungan. Plastik sangat sulit terurai dan dapat membahayakan hidup binatang darat maupun laut. Plastik juga justru menjadi microplastic yang mencemari manusia dan makhluk hidup lainnya.

Berkaitan dengan hal itu, cara menjaga kebersihan lingkungan yang tepat adalah dengan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Contoh tindakan yang dapat dilakukan adalah dengan mengurangi penggunaan sedotan atau menggunakan sedotan stainless steel.

Selain itu, gunakan pula tempat makan untuk membeli sesuatu agar tidak dibungkus dengan plastik atau styrofoam. Gunakan juga sendok dan garpu dari stainless steel dan tolak penggunaan garpu serta sendok dari plastik.

3. Tidak Menimbun Barang dengan Membeli yang Diperlukan

Menimbun barang tentu dapat membuat lingkungan menjadi kotor. Pasalnya, barang tersebut akan menumpuk, berjamur, justru dapat memicu datangnya penyakit.

Berkaitan dengan hal tersebut, cara menjaga kebersihan lingkungan adalah dengan membeli barang maupun makanan yang secukupnya dan sesuai dengan kebutuhan saja. Timbunan sampah maupun barang dapat memenuhi tempat dan membuat lingkungan tidak sehat.

Makanan yang tidak dikonsumsi karena terlalu banyak justru hanya akan menjadi sampah dan membusuk. Jika kebiasaan ini dilakukan oleh sebagian besar manusia, maka sampah makanan pun akan mendominasi dan terbuang sia-sia serta mencemari lingkungan.

Selain itu, pembelian barang dengan berlebihan juga dapat berdampak terhadap lingkungan. Pasalnya, barang tersebut hanya akan rusak karena tidak terpakai dan justru akan dibuang begitu saja.

Kebiasaan tersebut tentunya sangat berdampak dengan tingginya jumlah sampah dan akan menyulitkan pengelolaan sampah. Pengelolaan sampah yang terkendala justru akan mencemari lingkungan secara signifikan.

Jika kemungkinan barang-barang itu dapat didaur ulang, maka solusi ini dapat diterapkan. Mendaur ulang barang-barang dapat membuatnya memiliki nilai guna.

Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan
Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan (PEXEL)
 




4. Turut Bekerja Bakti Membersihkan Lingkungan

Cara menjaga kebersihan lingkungan secara gotong royong adalah turut ikut kerja bakti membersihkan lingkungan secara rutin. Ikuti kerja bakti yang dilaksanakan oleh masyarakat setempat sekitar dua minggu hingga satu bulan sekali.

Manfaat kerja bakti adalah mampu bersama-sama membersihkan kotoran yang menyumbat aliran selokan dan lain sebagainya secara berkala. Selain itu, kerja bakti juga bermanfaat untuk menimbulkan kesadaran kepedulian lingkungan bersama.

Selain membuat lingkungan menjadi lebih bersih, tindakan ini juga mampu mencegah timbulnya penyakit seperti demam berdarah, malaria, dan lain sebagainya. Virus-virus pun dapat menjangkiti masyarakat jika tidak dibasmi dan lingkungan dibiarkan kotor.

5. Tidak Melakukan Pembakaran Sampah

Cara menjaga kebersihan lingkungan berikutnya adalah dengan tidak membakar sampah. Hindari membakar sampah karena asap sampah tersebut dapat menyebabkan polusi udara.

Asap-asap itu akan mengotori lingkungan dan memicu penyakit jika terhirup manusia. Selain itu, pembakaran sampah juga dapat berbahaya jika mengenai barang yang mudah terbakar dan bahkan menyebabkan sampah meledak seperti parfum yang ada di tong sampah dan lain sebagainya.

Sebaiknya lakukan pemisahan sampah organik, anorganik, dan sampah berbahaya. Hal ini dapat membantu pengelolaan sampah di bagian hilir dengan lebih baik.

Alih-alih membersihkan lingkungan, membakar sampah justru mengotori lingkungan dengan menyebabkan polusi udara. Cegah pula tetangga lain untuk membakar sampah agar lingkungan lebih bersih dan sehat.

Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan
Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan (PEXEL)
 




Demikian penjelasan terkait beberapa cara menjaga kebersihan lingkungan. Perlu diketahui, lingkungan yang bersih akan mencegah berbagai macam penyakit berbahaya.

Jika ingin terhindar dari segala penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang kotor, maka langkah-langkah di atas perlu diterapkan secara rutin dan bersamaan dengan masyarakat setempat lainnya. Kebiasaan yang baik dalam mengelola lingkungan akan menciptakan lingkungan tempat tinggal yang nyaman pula.

 

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait