Mengenal Beragam Cara Melestarikan Udara yang Mudah Diterapkan

Annisa Fianni Sisma
27 Desember 2022, 13:43
CARA MELESTARIKAN UDARA
PEXELS
Ilustrasi Pencemaran Udara

Melestarikan udara merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya, setiap orang membutuhkan udara untuk bernafas, dan melakukan aktivitas lain seperti mengeringkan baju dan lain sebagainya. Berkaitan dengan itu, tentu setiap orang wajib memahami cara melestarikan udara.

CARA MELESTARIKAN UDARA
CARA MELESTARIKAN UDARA (PEXELS)
 




Cara Melestarikan Udara

Udara yang bersih membuat siapapun yang tinggal di lingkungan tersebut menjadi nyaman. Berikut ini beberapa cara untuk melestarikan udara yang dapat dilakukan sehari-hari.

1. Mengurangi Pemakaian Kendaraan Bermotor

Kendaraan bermotor mengeluarkan karbon monoksida yang dapat mengotori udara. Jika hanya pergi dengan jarak yang dekat, maka cukup gunakan sepeda atau berjalan kaki saja.

Cara melestarikan udara ini juga bermanfaat untuk kesehatan. Pasalnya, orang tersebut akan olahraga dengan berjalan kaki atau bersepeda. Alternatif lainnya, yakni dapat menggunakan kendaraan umum. Hal ini untuk meminimalisir kemacetan dan polusi udara.

2. Mengonsumsi dan Membeli Produk Lokal

Cara melestarikan udara berikutnya adalah membeli produk lokal. Produk lokal akan diproduksi di sekitar daerah tersebut dan tidak memerlukan mobilitas tinggi ke daerah lain jika di daerahnya sendiri peminatnya cukup tinggi.

Berkurangnya mobilitas ke daerah lain tersebut dapat membantu mengurangi karbon monoksida yang dikeluarkan. Udara pun menjadi lebih bersih dan sehat.

3. Menanam Pohon

Menanam pohon merupakan salah satu cara melestarikan udara yang dapat diterapkan dengan mudah. Pohon akan menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen.

Oksigen diperlukan oleh manusia untuk bernafas dan bertahan hidup. Oleh karena itu, udara yang bersih sangat berpengaruh terhadap hidup manusia dan menjadi aspek penting kegiatan sehari-hari.

CARA MELESTARIKAN UDARA
CARA MELESTARIKAN UDARA (PEXELS)
 




4. Menggunakan Produk Berkelanjutan

Cara melestarikan udara berikutnya adalah dengan menggunakan produk berkelanjutan. Produk tersebut seperti tempat makan, sendok, garpu, dan sumpit yang terbuat dari kayu atau kertas.

Hal ini berpengaruh karena barang-barang yang non berkelanjutan memerlukan energi yang tinggi untuk menghasilkannya. Energi tersebut kemudian mengeluarkan emisi kotor yang akan bertebaran di udara.

Dengan menggunakan produk berkelanjutan, usaha minim untuk membuat produk tersebut pun turut mengurangi adanya polusi udara dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih. Udara bersih dapat berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas hidup yang lebih baik.

5. Mengontrol Populasi dengan Budidaya dan Pengendalian Kepadatan

Cara melestarikan udara yang cukup berpengaruh adalah dengan mengontrol populasi. Pengontrolan ini diantaranya membudidayakan hewan yang semakin langka populasinya dan mengurangi jumlah kelahiran secara optimal.

Semakin banyak penduduk di bumi, semakin banyak pula pembangunan dan aktivitas lain yang dibutuhkan. Hal ini pun meningkatkan risiko kerusakan lingkungan.

Contoh permasalahan nyata yang langsung berkaitan dengan cara melestarikan udara adalah jika kepadatan penduduk semakin tinggi, maka jumlah ruang, aktivitas, dan lain sebagainya pun semakin tinggi. Kepadatan penduduk tidak selalu berdampak baik dan justru meningkatkan emisi di bumi. Oleh karena itu, pengendalian secara optimal pun diperlukan.

Hewan yang terlalu banyak jumlahnya juga dapat berperan sebagai hama bagi manusia. Contohnya yakni jika populasi tikus terlalu banyak, maka petani dapat kesulitan mengelola ladangnya.

Contoh lainnya yakni jika ular kobra terlalu banyak, maka dapat berbahaya bagi ekosistem termasuk membahayakan manusia. Manusia akan menjadi lebih waspada dan tidak aman karena populasi ular kobra yang berlebihan dan mengancam nyawa.

Pengendalian populasi yang berupa budidaya juga diperlukan. Hewan dan tumbuhan yang langka dan hampir punah harus dilestarikan untuk generasi berikutnya. Hewan dan tumbuhan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik untuk ilmu pengetahuan, edukasi, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pelestarian satwa dan flora juga diperlukan.

Sudah seharusnya pihak terkait mengendalikan populasi agar lingkungan tetap lestari sesuai dengan kemampuan yang tersedia. Pihak terkait juga perlu membudidayakan hewan tertentu agar tidak punah.

CARA MELESTARIKAN UDARA
CARA MELESTARIKAN UDARA (PEXELS)
 




6. Tidak Membakar Sampah

Cara melestarikan udara yang cukup penting dan kerap ditemukan sehari-hari adalah dengan mengurangi pembakaran sampah. Membakar sampah telah menjadi masalah serius yang berkontribusi dalam pencemaran udara.

Selain itu, pembakaran sampah terus-menerus, signifikan, dan masif dapat membahayakan manusia. Pasalnya, sampah rumah tangga di lingkungan setempat yang dibakar cenderung tidak dipilah dan jika ada bahan mudah terbakar kemudian meledak, maka akan melukai manusia. Contohnya, apabila terdapat botol parfum dan parfum mengandung alkohol maka kandungannya dengan mudah terbakar.

Alih-alih melakukan pembakaran sampah, aktivitas lain yang dapat berkontribusi baik untuk lingkungan adalah memisahkan sampah organik, anorganik, dan sampah berbahaya atau B3. Hal ini dapat membantu pengelolaan sampah di bagian hilir oleh pihak berwenang dengan lebih baik.

7. Mengurangi Penggunaan Listrik

Cara melestarikan udara yang kedua yakni dengan mengurangi penggunaan listrik. Dengan menghemat listrik secara signifikan, maka hal tersebut juga berdampak baik untuk lingkungan.

Mematikan lampu pada siang hari jika tidak digunakan menjadi upaya mengurangi penggunaan listrik. Cahaya matahari dapat dimanfaatkan untuk menyinari ruangan. Selain itu, mematikan AC, kipas angin, televisi jika tidak digunakan juga baik untuk dilakukan.

Demikian beberapa cara melestarikan udara yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semakin konsisten dan disiplin Anda dalam menerapkan cara-cara tersebut, maka Anda berkontribusi dalam menjaga lingkungan. 

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait