6 Cara Mengecilkan Lengan dengan Diet dan Olahraga

Image title
28 Desember 2022, 10:44
Cara mengecilkan lengan.
pexels
Ilustrasi, orang mengangkat beban.

Lengan merupakan salah satu bagian tubuh yang kerap terlihat ketika tidak menggunakan pakaian panjang. Maka dari itu, tak heran ketika sejumlah orang memperhatikan bentuk lengannya.

Sebagian merasa lengannya terlalu kecil. Di lain sisi, juga ada yang kurang percaya diri karena lengan yang terlalu berisi. Permasalahan juga bisa timbul karena lengan yang bergelambir.

Biasanya lengan bergelambir muncul akibat massa lemak yang berlebih. Perlu diketahui cara yang sederhana untuk mengecilkannya adalah dengan menjaga berat badan.

Tak hanya itu, kami juga akan memberitahu beberapa cara mengecilkan lengan dengan rangkaian latihan olahraga. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan di bawah ini.

Cara Mengecilkan Lengan dengan Diet dan Olahraga

1. Fokus Turunkan Berat Badan

Ilustrasi Menurunkan Berat Badan atau Diet
Ilustrasi Menurunkan Berat Badan atau Diet (Katadata)

 

Menurunkan berat badan sudah seharusnya menjadi orientasi Anda sebagai cara mengecilkan lengan. Anda dapat melakukannya dengan menjaga pola makan dan melakukan olahraga rutin. Misalnya dengan memilih makanan kaya serat dan protein. Selain itu, Anda sebaiknya memilih latihan atau olahraga dengan gerakan yang berfokus di lengan. Namun hal yang harus diingat adalah konsistensi dalam melakukannya.

Hal ini mengacu pada penelitian oleh National Institutes of Health yang dilakukan terhadap 104 orang. Program latihan olahraga yang dilakukan secara rutin mampu meningkatkan pembakaran lemak di di seluruh bagian tubuh. Namun cara tersebut tidak terlalu signifikan mengecilkan lengan karena juga memberikan efek pada bagian yang lain.

2. Angkat Beban

Cara mengecilkan paha berikutnya adalah dengan melakukan angkat beban. Mengutip dari Health Line, latihan angkat beban secara resisten tidak membuat lemak berkurang secara spesifik. Melainkan mampu mengencangkan serta membakar lemak secara merata di tubuh.

Selain mengecilkan lengan, cara ini juga bisa diterapkan untuk Anda yang ingin membentuk tubuh agar terlihat ideal. Hal tersebut dibuktikan dari penelitian yang juga dilakukan oleh National Institutes of Health. Mereka menerapkan latihan angkat bebas pada 28 wanita yang memiliki diabetes tipe dua. Berlangsung selama 12 minggu, pihaknya menemukan bahwa latihan resisten mampu membantu pelunturan lemak total serta meningkatkan massa dan kekuatan otot.

Anda juga harus mengingat bahwa lemak berguna untuk membangun massa tubuh. Hal tersebut berkaitan dengan kebugaran dan metabolisme. Diketahui bahwa metabolisme juga berpengaruh penting untuk kestabilan berat badan dengan sejumlah kalori yang terbakar setiap harinya. Fakta lain adalah mengangkat beban bisa mengurangi lemak namun meningkatkan massa otot. Maka dari itu, lengan bisa terlihat lebih kecil.

3. Perhatikan Porsi Makan

Cara mengecilkan lengan ini bisa dilakukan pada menu makanan normal atau diet. Untuk melunturkan lemak di perut, Anda sebaiknya mengurangi porsi dan menyantap makanan dengan penuh perhatian agar lebih cepat kenyang. Dengan begitu, Anda tidak mudah merasa lapar.

Meminimalisir porsi makanan juga bisa dibantu dengan mengganti tempat makan dengan yang lebih kecil. Anda bisa menjadikan kapasitas tempat makan sebagai batas konsumsi Anda setiap satu kali menyantap makanan.

4. Banyak Konsumsi Protein

PROTEIN
PROTEIN (pexels)

 

Menurut Health Line, protein merupakan jenis nutrisi yang penting untuk mengendalikan berat badan. Konsumsi protein yang tinggi mampu tingkatkan pelepasan jenis hormon PYY (Peptide YY) sehingga dapat mengurangi nafsu makan. Selain itu, protein juga bisa meningkatkan metabolisme agar massa otot tetap stabil.

National Institutes of Health di dalam penelitiannya menjelaskan bahwa orang lebih banyak mengonsumsi protein memiliki lebih sedikit lemak di perut. Maka dari itu, sebaiknya Anda melakukan ‘diet protein’ dengan mengonsumsi lebih sedikit karbohidrat yang menggantinya dengan protein. Beberapa makanan yang mengandung protein adalah daging, telur, kacang-kacangan, dan masih banyak lagi.

5. Mengurangi Konsumsi Alkohol

KURANGI KONSUMSI ALKOHOL
KURANGI KONSUMSI ALKOHOL (pexels)

 

Cara mengecilkan lengan berikutnya adalah dengan mengurangi konsumsi alkohol. Hal tersebut lantaran kandungan gula yang biasanya terdapat di sebotol minuman beralkohol. Selain itu, National Institute of Alcohol Abuse and Alcoholism juga menyebutkan bahwa alkohol mengandung sebagian besar kalori kosong. Diketahui bahwa kalori kosong tidak mengandung nutrisi penting seperti vitamin dan mineral.

Sementara itu, National Institutes of Health juga menjelaskan, alkohol dapat mempengaruhi kadar hormon tertentu yang dapat meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan. Penelitian yang mereka lakukan juga menyimpulkan bahwa minuman beralkohol dapat menyebabkan peradangan yang bisa ada hubungannya dengan naiknya berat badan, lemak di perut hingga obesitas.

6. Tingkatkan Konsumsi Serat

Serat atau fiber merupakan kandungan yang diyakini mampu mengenyangkan perut lebih lama dibanding karbohidrat. Maka dari itu, penting untuk mengonsumsi serat apabila ingin mengecilkan lengan. Anda bisa menerapkan diet dengan mengganti menu makanan dengan yang berserat. Dengan begitu, Anda tidak mudah lapar dan menahan konsumsi makanan yang mungkin bisa meningkatkan berat badan.

Adapun makanan yang mengandung banyak serat adalah buah, sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan protein atau karbohidrat tertentu untuk menambahkan rasa. Namun dengan porsi yang tidak berlebih.

Daftar di atas merupakan berbagai cara mengecilkan lengan. Selain membuat lengan agar ramping, beberapa poin tersebut juga mampu mengencangkan otot sehingga lengah terlibat lebih ramping dan kokoh. Adapun hal penting yang harus diterapkan adalah menurunkan berat badan dengan menjaga pola makan.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait