5 Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan dengan Penjelasan Ilmiah

Image title
25 Agustus 2021, 22:05
Perajin mencetak gula Aren menggunakan tempurung kelapa di Dusun Kluwung, Kemiriombo, Gemawang, Temanggung, Jawa Tengah, Senin (1/3/2021). Gula aren terbuat dari nira pohon aren dan banyak dikonsumsi di Indonesia. Manfaat gula aren untuk kesehatan telah t
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/aww.
Perajin mencetak gula Aren menggunakan tempurung kelapa di Dusun Kluwung, Kemiriombo, Gemawang, Temanggung, Jawa Tengah, Senin (1/3/2021). Gula Aren Gemawang tersebut dipasarkan ke berbagai kota seperti Magelang, Semarang, Yogyakarta dan Jakarta dengan harga jual Rp25 ribu per kilogram.

Gula aren adalah pemanis alami yang terbuat dari nira/nektar pohon aren atau Arenga pinnata. Gula aren umumnya digunakan sebagai pemanis tradisional di wilayah Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Menurut Arifin Dwi Saputro dalam artikel Palm Sap Sugar: A Review, gula aren berasal dari beberapa pohon yaitu aren (Arenga pinnata), lontar (Borassus flabellifer), nipah (Nypa fruticans Wurmb), dan pohon kelapa (Cocos nucifera).

Indonesia adalah penghasil gula aren terbesar menurut Persistence Market Research. Di tengah krisis Covid-19, menurut data Global Industry Analysts dalam Palm Sugar Global Market Trajectory & Analytics, pasar global gula aren diperkirakan mencapai US$ 1,7 miliar pada 2020 dan diperkirakan akan tumbuh sebesar US$ 2 miliar pada 2027.

Cara Pembuatan Gula Aren

Berdasarkan artikel berjudul Pengolahan Gula Aren (Arrenga Pinnata Merr) Di Desa Banua Hanyar Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang ditulis oleh Rosidah R Radam dan Arfa Agustina Rezekiah, gula aren adalah produk hasil pemekatan nira aren dengan cara dimasak menggunakan api hingga kadar air berkurang 6%.

Nira aren yang sudah matang dan dingin, akan mengeras sehingga menjadi gula aren. Pembuatan gula aren hampir sama dengan sirup aren. Pembuatannya juga cukup mudah dan dapat dilakukan menggunakan peralatan yang sederhana.

Gula banyak digunakan sebagai pemanis untuk minuman dan makanan, serta mampu memberikan warna, aroma, serta rasa istimewa.

Kandungan Gula Aren

Studi oleh Arifin Dwi Saputro dalam artikel Palm Sap Sugar: A Review mengungkapkan, secara umum nira segar/nektar pohon aren mengandung sekitar 80% air, serta 10-15% gula total yang terdiri dari sukrosa, sejumlah gula pereduksi, asam amino dan mineral, serta vitamin lainnya. Menurut FoodData Central di Amerika Serikat (AS), gula aren mengandung:

  • 54 kalori
  • 15 gram karbohidrat
  • 0 gram lemak
  • 15 gram gula pasir
  • 0 gram protein
  • 0 gram serat
  • Fosfor
  • Besi
  • Seng
  • Kalium
  • Tembaga
  • Mangan

Dari kandungan tersebut, Office of Dietary Supplements (ODS) Amerika Serikat menyatakan bahwa mangan merupakan mineral terpenting dalam gula aren. Kandungan mangan dalam gula aren dapat meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi risiko terkena osteoporosis.

Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan

Berikut ini adalah manfaat gula aren untuk kesehatan yang telah terbukti dalam berbagai penelitian.

1. Mengendalikan kadar gula darah

Menurut penelitian dari Imperial College London yang berjudul A Randomised Crossover Trial: The Effect of Inulin on Glucose Homeostasis in Subtypes of Prediabetes, gula aren mengandung bakteri probiotik yang disebut inulin.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...