5 Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan dengan Penjelasan Ilmiah

Gula aren terbuat dari nira pohon aren dan banyak dikonsumsi di Indonesia. Manfaat gula aren untuk kesehatan telah terbukti dalam berbagai penelitian ilmiah.
Image title
25 Agustus 2021, 22:05
Perajin mencetak gula Aren menggunakan tempurung kelapa di Dusun Kluwung, Kemiriombo, Gemawang, Temanggung, Jawa Tengah, Senin (1/3/2021). Gula aren terbuat dari nira pohon aren dan banyak dikonsumsi di Indonesia. Manfaat gula aren untuk kesehatan telah t
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/aww.
Perajin mencetak gula Aren menggunakan tempurung kelapa di Dusun Kluwung, Kemiriombo, Gemawang, Temanggung, Jawa Tengah, Senin (1/3/2021). Gula Aren Gemawang tersebut dipasarkan ke berbagai kota seperti Magelang, Semarang, Yogyakarta dan Jakarta dengan harga jual Rp25 ribu per kilogram.

Gula aren adalah pemanis alami yang terbuat dari nira/nektar pohon aren atau Arenga pinnata. Gula aren umumnya digunakan sebagai pemanis tradisional di wilayah Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Menurut Arifin Dwi Saputro dalam artikel Palm Sap Sugar: A Review, gula aren berasal dari beberapa pohon yaitu aren (Arenga pinnata), lontar (Borassus flabellifer), nipah (Nypa fruticans Wurmb), dan pohon kelapa (Cocos nucifera).

Indonesia adalah penghasil gula aren terbesar menurut Persistence Market Research. Di tengah krisis Covid-19, menurut data Global Industry Analysts dalam Palm Sugar Global Market Trajectory & Analytics, pasar global gula aren diperkirakan mencapai US$ 1,7 miliar pada 2020 dan diperkirakan akan tumbuh sebesar US$ 2 miliar pada 2027.

Cara Pembuatan Gula Aren

Berdasarkan artikel berjudul Pengolahan Gula Aren (Arrenga Pinnata Merr) Di Desa Banua Hanyar Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang ditulis oleh Rosidah R Radam dan Arfa Agustina Rezekiah, gula aren adalah produk hasil pemekatan nira aren dengan cara dimasak menggunakan api hingga kadar air berkurang 6%.

Advertisement

Nira aren yang sudah matang dan dingin, akan mengeras sehingga menjadi gula aren. Pembuatan gula aren hampir sama dengan sirup aren. Pembuatannya juga cukup mudah dan dapat dilakukan menggunakan peralatan yang sederhana.

Gula banyak digunakan sebagai pemanis untuk minuman dan makanan, serta mampu memberikan warna, aroma, serta rasa istimewa.

Kandungan Gula Aren

Studi oleh Arifin Dwi Saputro dalam artikel Palm Sap Sugar: A Review mengungkapkan, secara umum nira segar/nektar pohon aren mengandung sekitar 80% air, serta 10-15% gula total yang terdiri dari sukrosa, sejumlah gula pereduksi, asam amino dan mineral, serta vitamin lainnya. Menurut FoodData Central di Amerika Serikat (AS), gula aren mengandung:

  • 54 kalori
  • 15 gram karbohidrat
  • 0 gram lemak
  • 15 gram gula pasir
  • 0 gram protein
  • 0 gram serat
  • Fosfor
  • Besi
  • Seng
  • Kalium
  • Tembaga
  • Mangan

Dari kandungan tersebut, Office of Dietary Supplements (ODS) Amerika Serikat menyatakan bahwa mangan merupakan mineral terpenting dalam gula aren. Kandungan mangan dalam gula aren dapat meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi risiko terkena osteoporosis.

Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan

Berikut ini adalah manfaat gula aren untuk kesehatan yang telah terbukti dalam berbagai penelitian.

1. Mengendalikan kadar gula darah

Menurut penelitian dari Imperial College London yang berjudul A Randomised Crossover Trial: The Effect of Inulin on Glucose Homeostasis in Subtypes of Prediabetes, gula aren mengandung bakteri probiotik yang disebut inulin.

Kandungan inulin dalam gula aren dapat membantu penderita diabetes tipe 2 untuk mengontrol gula darah mereka. Inulin dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan memiliki efek metabolisme untuk menurunkan risiko terkena diabetes.

2. Meningkatkan pencernaan

Studi lebih lanjut dari Imperial College London juga menemukan bahwa inulin dalam gula aren merupakan serat nabati. Fungsinya, dapat membantu mengendalikan bakteri usus sehingga meningkatkan sistem kerja pencernaan. Inulin juga dapat meningkatkan efektivitas penyerapan mineral tubuh Anda.

3. Mengandung antioksidan

Penelitian Sri Winarni dari Universitas Diponegoro yang berjudul Nira acidity and antioxidant activity of Palm sugar in Sumowono Village menjelaskan,  gula aren merupakan salah satu sumber antioksidan alami yang paling tinggi dibandingkan gula jenis lain.

Antioksidan menjadi salah satu senyawa penting yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah perkembangan penyakit degeneratif. Antioksidan berfungsi sebagai penangkap radikal bebas berbahaya di dalam tubuh.

4. Meningkatkan fungsi sistem saraf

Dalam penelitian oleh Elaine Gardner berjudul The unbearable sweetness of sugar (and sugar alternatives), gula aren memiliki lebih banyak potasium daripada pisang dan sayuran hijau.

Potasium berfungsi menjaga dan memastikan aktivitas sistem saraf seperti kontraksi otot dan detak jantung agar bekerja dengan baik dan teratur. Dalam dosis yang sesuai, potasium juga dapat membantu mengelola tekanan darah tinggi.

5. Mencegah anemia

Mengonsumsi gula aren dapat mencegah anemia. Penelitian dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dalam Advances in Biological Sciences Research Volume 9 mengungkapkan bahwa gula aren mengandung zat besi yang tinggi untuk mencegah anemia. Gula aren juga memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik untuk larut dalam bahan makanan dibandingkan dengan gula tebu dan gula kelapa.

Cara Mengonsumsi Gula Aren

Gula aren dapat digunakan dalam beragam masakan dan minuman seperti kolak, kopi susu, es kelapa, dan masih banyak lagi. Bentuk gula aren yang keras dan besar terkadang membuat orang sulit untuk digunakan. Oleh sebab itu, ubah gula aren menjadi sirup dengan cara berikut:

  1. Tambahkan 180 gram gula aren dan satu gelas air ke dalam panci kecil.
  2. Didihkan dengan api besar, lalu segera matikan api.
  3. Aduk sampai gula benar-benar larut.
  4. Biarkan dingin hingga mencapai suhu ruangan.
  5. Gunakan segera atau simpan dalam wadah kedap udara hingga 3 bulan.

Sirup gula aren mudah dikonsumsi untuk makanan dan minuman. Demikian manfaat gula aren untuk kesehatan. Mengonsumsi gula aren mudah dilakukan dan lebih sehat dibandingkan gula biasa.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait