BKPM Gali Potensi Sektor Prioritas Demi Kejar Target Investasi 2022

Intan Nirmala Sari
10 Desember 2021, 17:54
investasi,
https://www.expo2020dubai.com
Ilustrasi paviliun Indonesia di Dubai Expo 2021

Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menargetkan realisasi investasi tahun depan sebesar Rp 1.200 triliun. Untuk mencapai target tersebut, pemerintah bakal menggali peluang investasi di beberapa sektor prioritas dalam perhelatan Expo 2020 Dubai. 

Gelaran pameran Dubai tersebut, saat ini sudah memasuki bulan ketiga. Adapun sektor prioritas yang akan digali pemerintah mulai dari sektor pariwisata, energi terbarukan, infrastruktur, manufaktur, dan pertambangan.

Advertisement

Deputi Perencanaan Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM, Nurul Ichwan mengatakan Indonesia memiliki target investasi yang meningkat di setiap tahunnya. Maka dari itu, pemerintah juga menargetkan untuk melakukan berbagai gerakan inovatif.

"Salah satunya adalah yang berkaitan dengan sektor prioritas, termasuk energi terbarukan dan manufaktur yang menjadi peluang pasar di Timur Tengah," kata Nurut dalam keterangan tertulis, Jumat (10/12).

Nurul menyatakan, saat ini Indonesia juga sedang menggencarkan investasi baterai kendaraan listrik yang tahan lama, dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Apung.

"Expo 2020 Dubai adalah kesempatan untuk memperkenalkan inovasi-inovasi tersebut. Kesempatan ini juga sekaligus dapat menarik investor demi meningkatkan potensi investasi," katanya.

Pada 2022, Kementerian Investasi/BKPM menargetkan realisasi investasi dapat mencapai Rp1.200 triliun. Target tersebut ditetapkan sebagai upaya pemerintah untuk mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 5,4 % hingga 6 % tahun depan.

Maka dari itu, saat ini Kementerian Investasi/BKPM sedang gencar-gencarnya mendorong percepatan investasi pada enam sektor prioritas tersebut. Tak hanya itu, kementerian juga turut mengembangkan portal administratif One Single Submission (OSS) yang memfasilitasi perizinan usaha, tujuaannya untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement