Fitur Baru Grab, Pengguna Bisa Kirimkan Hadiah ke Negara-negara ASEAN

Pembaruan platform Grab mendukung fitur antarmuka baru untuk pengguna GrabGifts dan fitur Kirim 100+ Kota Sejam Sampai.
Image title
18 Desember 2021, 08:49
GrabFood menjadi salah sati platform Grab layanan pesan-antar online yang sering digunakan di Indonesia
Instagram.com/grabfoodid
GrabFood menjadi salah sati platform layanan pesan-antar online yang sering digunakan di Indonesia

Platform Grab baru saja diperbarui dan membuat penggunanya bisa mengirimkan hadiah secara on demand ke beberapa negara. Adapun negara yang menerapkan fitur hadiah antar-negara tersebut seperti Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura dan Thailand.

Pembaruan tersebut didukung fitur antarmuka baru untuk pengguna GrabGifts dan fitur Kirim 100+ Kota Sejam Sampai. Untuk GrabGifts, fitur tersebut memfasilitasi pengiriman voucher GrabGifts di berbagai kota di Asia Tenggara. Sedangkan fitur Kirim 100+ Kota Sejam Sampai memfasilitasi pemesanan serta pengiriman makanan dan hadiah fisik dari mitra GrabFood dan GrabMart, selama tersedia di kota penerima dalam waktu satu jam.

Melalui inovasi teknologi baru, pengguna dapat terhubung dengan orang-orang tersayang di negara lain. Adapun survei yang dilakukan untuk pengguna Grab di Asia Tenggara menunjukan, lebih dari 60 % responden ingin mengirimkan hadiah secara on-demand untuk orang tersayang yang tinggal di luar kota.

Advertisement

Hal itu sejalan dengan tren baru konsumen yang semakin mengandalkan layanan on-demand untuk menunjukkan kasih sayang selama pembatasan sosial di masa pandemi. Dalam dua tahun terakhir, terjadi peningkatan pembelian voucher GrabGifts, pengiriman parsel melalui GrabExpress dan pemesanan makanan dan hadiah untuk orang-orang tersayang melalui aplikasi Grab.

“Menyenangkan melihat pengguna Grab menggunakan platform kami selama pembatasan jarak yang disebabkan oleh pandemi. Pada awalnya masyarakat hanya membeli makanan dan sembako untuk diri mereka sendiri, sampai akhirnya Grab telah menjadi platform besar untuk meningkatkan dan menjaga hubungan silaturahmi antara satu orang dengan lainnya,” kata Neneng Goenadi, Country Managing Director Grab Indonesia dalam keterangan resmi, Jumat (17/12).

Selain itu, Neneng menyatakan masih banyak negara yang belum bisa membuka perbatasan negara mereka, sehingga ada lebih banyak upaya lagi yang ingin dilakukan Grab. Harapannya, dengan pembaruan platform Grab, akan memberi semangat dan kemeriahan untuk seluruh pengguna Grab di Asia Tenggara.

Untuk pengiriman voucher GrabGifts, pengguna Grab cukup mengirimkan voucher GrabGifts virtual ke teman-teman dan keluarga, di dalam maupun ke luar negeri di lima pasar di Asia Tenggara. Adapun kategori voucher mencakup layanan GrabFood, Mart, Express, dan Transport. Pengguna dapat mengirim sebanyak tiga pilihan voucher, dengan berbagai macam pilihan desain dan menambahkan pesan khusus.

Sementara itu, untuk mengirimkan hadiah lewat fitur Kirim 100+ Kota Sejam Sampai di luar negeri, pengguna bisa memilih berbagai macam pilihan makanan menarik di GrabFood Asia Tenggara. Itu termasuk pengiriman makanan khas Indonesia dan seluruh Asia Tenggara.

Selain itu, GrabMart memiliki pilihan yang banyak untuk makanan kesukaan di hari raya, seperti cokelat,
minuman, dan produk hadiah menarik untuk anak-anak seperti boneka dan board games

Mengutip Databoks, Indonesia merupakan pasar besar dalam ekonomi digital di bidang pesan-antar makanan daring per Januari 2021. Hal ini terlihat dari nilai Gross Merchandise Value (GMV) sebesar US$ 3,7 miliar pada 2020, tertinggi di Asia Tenggara. GMV adalah total nilai penjualan seluruh barang selama kurun waktu tertentu.

Posisi GMV Indonesia disusul Thailand dan Singapura dengan masing-masing senilai US$ 2,8 miliar dan US$ 2,4 miliar. Selanjutnya adalah Filipina (US$ 1,2 miliar), Malaysia (US$ 1,1 miliar), dam Vietnam (US$ 700 juta).

Jika dijumlahkan, nilai GMV layanan pesan-antar makanan daring di Asia Tenggara sebesar US$ 11,9 miliar pada 2020. Angka ini naik hingga 183% dari tahun sebelumnya (year on year).

Sementara itu, perusahan yang memiliki GMV tertinggi di sektor ini di Asia Tenggara adalah Grab sebesar US$ 5,9 miliar, Foodpanda US$ 2,52 miliar, dan Gojek US$ 2 miliar.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait