Kunjungan PM Malaysia Bakal Membahas Ekonomi dan Investasi di IKN

Intan Nirmala Sari
8 Januari 2023, 19:56
Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono menyambut kedatangan Perdana Menteri Malaysia Yang Mulia Dato\' Seri Anwar Ibrahim dan Dr. Hajjah Wan Azizah Wan Ismail di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Banten, Minggu (8/1/2023). ANTARA/HO - Kementerian PUPR
Antara
Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono menyambut kedatangan Perdana Menteri Malaysia Yang Mulia Dato\' Seri Anwar Ibrahim dan Dr. Hajjah Wan Azizah Wan Ismail di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Banten, Minggu (8/1/2023). ANTARA/HO - Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa pertemuan Perdana Menteri Malaysia Yang Mulia Dato' Seri Anwar Ibrahim dan Presiden RI Joko Widodo akan membahas kerja sama ekonomi dan investasi Malaysia di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Salah satu isu penting yang akan dibahas yakni kerja sama ekonomi dan investasi Malaysia di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara," ujar Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaja dalam keterangannya di Jakarta mengutip Antara, Minggu (8/1).

Endra menambahkan bahwa pada 30 November 2022, Menteri Basuki bersama Otorita IKN, Kementerian Koordinasi Bidang Maritim dan Investasi, serta jajaran Direksi BUMN melakukan kunjungan kerja dalam rangka promosi peluang investasi di IKN.

Forum investasi tersebut diminati lebih dari 200 peserta dari berbagai jenis industri dan bisnis, seperti konstruksi, properti, telekomunikasi, energi terbarukan hingga start-up.

"Semoga kita bisa mendapat hasil yang lebih konkrit untuk pembangunan IKN dari hasil pertemuan kedua pimpinan negara, Indonesia dan Malaysia," katanya.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Menteri Luar Negeri Malaysia Dato' Seri Diraja Zambry Abdul Kadir menyambut kedatangan Perdana Menteri Malaysia Yang Mulia Dato' Seri Anwar Ibrahim, dan Dr. Hajjah Wan Azizah Wan Ismail di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Minggu (8/1).

Kunjungan bilateral yang dilakukan Anwar ke Indonesia ini, merupakan kali pertama sejak dilantik pada 24 November 2022. Perdana Menteri Malaysia ke-10 tersebut akan berada di Indonesia pada 8-9 Januari 2023, di mana lawatan kali ini merupakan undangan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Melalui akun Instagram miliknya, Anwar bercerita bahwa kedatangannya disambut oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimoeljono dan Duta Besar Indonesia untuk Malaysia, Hermono. 

Anwar Ibrahim tak sendiri datang ke Indonesia. Dia ditemani sang istri, Wan Azizah. "Tiba di Jakarta, Indonesia bersama Azizah, bagi mengadakan lawatan rasmi pertama di negara ini," ujar Anwar di akun Instagram miliknya @anwaribrahim_my pada Minggu (8/1) sore.

Selain membawa istri, Anwar turut didampingi, Menteri Luar Datuk Seri Dr Zambry Abdul Kadir, Menteri Perdagangan Antarabangsa dan Industri Tengku Datuk Seri Zafrul Abdul Aziz dan Kuasa Usaha Sementara Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta Adlan Mohd Shaffieq.

Dalam lawatan perdananya ke Indonesia, Anwar berharap bisa memperkokoh hubungan Malaysia dengan Indonesia. Selain itu, dia juga berharap kunjungan kali ini dapat membuka peluang bagi kedua negara untuk melaksanakan kerja sama baru. 

"Saya mengharapkan lawatan ini akan dapat memperkukuhkan lagi hubungan kedua-dua negara, di samping meneroka peluang kerjasama baharu menerusi perbincangan bersama Presiden Joko Widodo, InsyaAllah," katanya. 

PM Malaysia dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Jokowi, yang rencananya dilakukan di Istana Bogor untuk membahas kemajuan kerja sama bilateral, menjajaki potensi kerja sama baru, dan mempromosikan upaya bersama untuk mengatasi tantangan regional dan global.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait