Di Munas HIPMI, Jokowi Singgung Kepercayaan dan Politik Adem

Ira Guslina Sufa
22 November 2022, 09:57
HIPMI
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/tom.
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan saat menghadiri Musyawarah Nasional Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Munas HIPMI) XVII di Solo, Jawa Tengah, Senin (21/11/2022). Munas yang berlangsung selama tiga hari tersebut beragenda merumuskan program ke depan, laporan pertanggungjawaban pengurus HIPMI periode 2019-2022, dan memilih ketua baru HIPMI 2022-2025.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Musyawarah Nasional XVII Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) 2022 yang berlangsung di Hotel Alila Solo, Jawa Tengah, Senin (21/11). Saat memberi pidato di hadapan sekitar empat ribu pengusaha muda dari seluruh Indonesia, Jokowi menyampaikan sejumlah pesan. 

Salah satu yang menjadi perhatian Jokowi adalah pentingnya menjaga kepercayaan dunia internasional. Jokowi mencontohkan, berbagai upaya yang dilakukan pemerintah untuk mensukseskan pelaksanaan KTT G20 di Bali pekan lalu merupakan bentuk komitmen menjaga kepercayaan dunia. 

Jokowi berharap menjaga kepercayaan juga menjadi prinsip dasar yang bisa dipegang oleh para pengusaha muda yang hadir dalam gelaran Munas HIPMI. 

"Apa yang saya ingatkan bahwa itu sebuah kepercayaan yang tidak mudah kita peroleh. Kepercayaan, kalau kita menjadi pengusaha, yang kita bangun adalah kepercayaan orang terhadap kita," ujar Jokowi seperti dikutip dari Antara, Selasa (22/11). 

Menurut Jokowi menjaga kepercayaan menjadi hal penting untuk menjadi lebih besar dan berkembang. Kepercayaan yang diperoleh Indonesia dari komunitas internasional tidak hanya didasarkan janji tetapi capaian riil perekonomian nasional. 

“Kalau sudah muncul kepercayaan apa yang terjadi. Hal sama seperti kalau pengusaha punya perusahaan dan produk kalau dipercaya menjual barang sangat mudah," kata Jokowi.  

Tak hanya berpesan pada para pengusaha muda yang hadir di Munas, Jokowi juga tak lupa berpesan pada politikus partai dan tokoh nasional yang digadang menjadi kandidat kuat calon presiden dan wakil presiden yang hadir. Menurut Jokowi sangat penting bagi para tokoh untuk menjaga suasana politik tetap tenang dan adem. 

"Saya titip kepada calon-calon presiden dan calon-calon wakil presiden yang juga hadir pada acara Munas HIPMI 2022 di Solo untuk menjaga suasana politik adem mendekati Pemilu 2024, apalagi dalam kondisi dunia yang sangat rentan seperti ini,” ujar Jokowi. 

Menurut Jokowi, semua harus menjaga agar iklim kondusif dan situasi politik itu tetap adem. Akan tetapi, jika tidak bisa maksimal, hanya hangat saja dan jangan sampai panas.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...