Kerja Sama Internasional, Kunci Perdamaian Dunia

Hanna Farah Vania
15 November 2022, 19:10

Di tengah ketegangan geopolitik yang disertai sejumlah persoalan dunia seperti perubahan iklim dan ketimpangan pembangunan, Think 20 (T20) sebagai salah satu engagement group memberikan sejumlah rekomendasi kepada G20 untuk menghidupkan kembali kerja sama global.

Berdasarkan rekomendasi T20, kerja sama internasional sangat penting tidak hanya untuk mendorong perdamaian dunia, namun juga mewujudkan pembangunan berkelanjutan melalui pemulihan tata kelola global. Melalui komunike yang dihasilkan, T20 menjabarkan sejumlah strategi.

Pertama, negara-negara besar perlu mengelola risiko geopolitik dengan bekerja sama dalam sistem perdagangan multilateral, mendukung mekanisme koordinasi arena pertemuan multilateral, dan mendesak terwujudnya upaya bersama pada kebijakan makroprudensial serta moneter.

Kedua, negara perlu mengatur pembiayaan barang publik global serta melawan ketimpangan. Sejumlah caranya dengan memberikan pendanaan serta bantuan pemuluhan berkelanjutan kepada lembaga keuangan multilateral.

Selain itu juga mengimplementasikan pertukaran informasi otomatis yang lebih efektif, dan mempromosikan inisiatif mengurangan utang bagi negara yang berutang tinggi.

Ketiga, perlu mengembangkan tatanan internasional baru dengan mendorong terciptanya Bretton Woods baru yang lebih adaptif dengan persoalan negara maju dan berkembang.

Think 20 (T20) merupakan forum kerja sama lembaga think tank dan penelitian dari seluruh negara anggota G20. Forum ini bertujuan memberi rekomendasi kebijakan berbasis penelitian untuk menjadi pertimbangan para pemimpin negara anggota G20 yang dituangkan dalam T20 Communique.

Unduh T20 Communique Handbook di sini.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami