Erick Thohir Angkat 3 Komisaris Baru Pertamina, Posisi Ahok Bertahan

Pertamina memiliki dua komisaris independen baru, yakni pengacara bidang keuangan Ahmad Fikri Assegaf dan Anggota Tim Ahli Wakil Presiden Iggi Haruman Achsien.
Image title
Oleh Lavinda
3 Juli 2021, 07:00
Pertamina, Komisaris Pertamina, ahok komisaris, ahok, Erick Thohir
Donang Wahyu|KATADATA
Pertamina

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mewakili pemerintah sebagai pemegang saham PT Pertamina (Persero) mengubah susunan anggota dewan komisaris perusahaan, dengan menetapkan tiga nama baru. Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok tetap menjadi Komisaris Utama Pertamina.

Erick menetapkan Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Heru Pambudi sebagai komisaris. Selain itu, dia juga mengangkat pengacara bidang keuangan Ahmad Fikri Assegaf dan Anggota Tim Ahli Wakil Presiden Iggi Haruman Achsien sebagai komisaris independen perusahaan Migas milik negara tersebut.

Keputusan itu disepakati dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) perusahaan, kemudian ditetapkan pada 2 Juli 2021. Dewan komisaris baru Pertamina tersebut tertuang dalam salinan keputusan menteri BUMN Nomor SK-222/MBU/07/2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Dewan Komisaris Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertamina.

Pjs Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relations Pertamina Fajriyah Usman mengatakan,  Pertamina telah menerima salinan surat keputusan dari pemegang saham mengenai perubahan susunan dewan komisaris perusahaan.

Advertisement

"Pengangkatan dan pemberhentian anggota dewan komisaris dilakukan melalui RUPS sebagai salah satu kewenangan pemegang saham," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diperoleh Katadata.co.id, Jumat (2/7).

Komisaris baru Pertamina, Heru Pambudi mengawali karir sebagai pegawai negeri sipil di Kementerian Keuangan pada 1992 di Direktorat Verifikasi, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Karirnya berlanjut dengan menempati posisi strategis di lingkup Kepabeanan dan Cukai sampai 2015.

Kemudian, Heru diangkat menjadi Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan hingga 2021. Pada Maret 2021, ia menempati pos baru sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan RI.

Sementara itu, Ahmad Fikri Assegaf merupakan pengacara di bidang perbankan dan keuangan, merger dan akuisisi, serta pasar modal. Ipar Presenter Najwa Shibah ini pernah menjabat sebagai Komisaris PT Telekomunikasi Indonesia (Persero).

Igi H Achsien pernah menjabat sebagai Komisaris Independen Bank Muamalat Indonesia Tbk, dan Komisaris Independen AJB Bumiputera 1912. Saat ini, Iggi merupakan anggota Tim Ahli Wakil Presiden dan pada awal 2021, ia menjadi Sekjen Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) periode 2021-2023.

Dalam surat keputusan Menteri BUMN, pemegang saham sekaligus mengukuhkan pemberhentian dengan hormat Isa Rachmatarwata sebagai komisaris perusahaan sejak Desember 2019. Kementerian BUMN juga memberhentikan dengan hormat Condro Kirono sebagai komisaris dan David Bingei sebagai komisaris independen sejak 2019 dan 2020.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait