Mengenal Ciri-Ciri, Cara Menulis, dan Contoh Essay

Image title
8 Desember 2021, 13:17
Contoh essay
Pixabay/StockSnap
Ilustrasi menulis Essay

Siswa atau mahasiswa seringkali diberi tugas untuk menulis essay atau esai. Secara singkat, esai adalah sebuah karangan berbentuk tulisan yang berisi opini seseorang terhadap suatu topik atau hal yang terjadi di masyarakat.

Penulisan esai sifatnya subjektif, sehingga akan sangat bergantung dari sudut pandang penulisnya. Walaupun bersifat subjektif, sebuah essay tetap memerlukan fakta, teori, serta data pendukung agar essay tersebut memiliki isi yang berbobot.

Esai dapat berupa kritik, sastra, politik, argumen dari pengamatan dalam kehidupan sehari-hari kenang-kenangan dan refleksi penulis.

Lebih lanjut, Merujuk pada definisi Kamus Besar Bahasa Indonesia, istilah ‘esai’ diartikan sebagai suatu karangan atau karya tulis yang termasuk dalam prosa yang membahas suatu masalah (kajian) secara sekilas dari sudut pandang pribadi sang penulis.

Hal serupa juga dikemukakan ahli, Soetomo, yang mendefinisikan esai sebagai suatu karangan pendek berdasarkan cara pandang seseorang dalam menyikapi suatu masalah.

Berdasarkan definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa esai sangat dipengaruhi sudut pandang penulis dalam menilai suatu masalah. Dengan begitu, tulisan pada esai tentu mengandung opini yang bersifat subjektif serta argumentatif.

Meskipun bersifat subjektif, namun argumen yang disampaikan dalam esai tetap harus bersifat logis, dapat dipahami dengan baik, serta berdasarkan pada teori atau data serta fakta yang ada di lapangan.

Esai tidak hanya menjadi tulisan fiktif atau imajinasi dari sang penulis. Secara umum, esai memiliki kesamaan dengan tajuk rencana pada surat kabar, yang bertujuan meyakinkan masyarakat terhadap sudut pandang penulis mengenai suatu isu, atau dengan kata lain menggiring opini publik.

Tajuk rencana hanya ditulis oleh seorang kepala editor, sedangkan esai dapat ditulis oleh siapa saja.

Ciri-ciri Essay

  1. Tulisan berbentuk prosa (paparan) yang ditulis dalam sejumlan paragraf. Esai bukan puisi dan bukan pula prosa fiktif.
  2. Dibandingkan jenis karya tulis ilmiah lain, esai tidak terlalu panjang. Bisa dikatakan relatif singkat, tap isinya padat dan jelas. Isu atau topik yang dikaji umumnya menarik, penting, dan kerap diperbincangkan.
  3. Bersifat subjektif tentang masalah aktual dengan menggunakan analisis, interpretasi, dan refleksi.
  4. Gaya penulisannya bisa formal maupun informal dengan gaya khas penulis sesuai dengan karakter penulisan sang penulis.
  5. Berisi pendapat, pandangan, pikiran, sikap, dan pendirian penulis dengan didasarkan fakta, ketajaman gagasan, dan kekuatan argumentasi.
  6. Mempunyai tiga struktur umum yakni pendahuluan, isi, dan penutup.
  7. Penulis harus mampu menulis essay dengan logika yang runtut karena tulisan ini bersifat argumentatif.

Selain membahas sesuatu dengan menarik, penulis esai juga harus menulis dengan masuk akal agar pembaca mudah memahami apa yang disampaikan.

Tujuan lainnya, tulisan esai bisa mempengaruhi pemikiran pembaca setelah membaca ide-ide yang dijabarkan oleh penulis.

Struktur Penulisan Essay

Terdapat tiga struktur utama dalam esai. Tulisan esai yang baik dan benar adalah yang memenuhi struktur ini. 

1.Pendahuluan

Pendahuluan adalah pengantar kepada pembaca mengenai topik yang akan dibahas. Bagian ini memudahkan pembaca untuk memahami isi esai.

Pada bagian pendahuluan, penulis mengungkapkan topik yang diangkat. Unsur lainnya yang ada di pendahuluan adalah latar belakang penulis memilih topik tersebut. penulis juga dapat menambahkan pendapatnya mengenai topik tersebut secara umum. sementara penjelasan lebih lanjut dapat diterangkan pada bagian selanjutnya.

2.Pembahasan

Nah, pembahasan adalah bagian inti essay. pada bagian inilah isi esai dijelaskan secara rinci. Penulis menjelaskan sudut pandangnya mengenai topik yang dipilih. Terdapat analisis dan interpretasi penulis terhadap topik tersebut.

3.Penutup

Bagian terakhir adalah kesimpulan. Bagian ini berisi rangkuman dari pembahasan yang ditulis. Dari semua penjelasan dan pandangan penulis, apa kesimpulannya?

Cara Menulis Essay

Dalam menulis esai, terdapat beberapa tahapan agar esai yang ditulis berkualitas. Berikut cara menulis esai.

Halaman:
Editor: Safrezi

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...