Sel Prokariotik Adalah Sel Tanpa Selaput Inti, Ini Penjelasannya

Destiara Anggita Putri
17 Januari 2023, 13:50
Sel Prokariotik Adalah
Culturico.com
Ilustrasi, sel prokariotik.

Sel merupakan unit organisasi terkecil yang menjadi dasar kehidupan dalam arti biologis. Itu berarti, semua fungsi kehidupan diatur dan berlangsung di dalam sel. Oleh karena itu, sel dapat berfungsi secara autonom asalkan seluruh kebutuhan hidupnya terpenuhi.

Berdasarkan karakteristiknya, struktur sel terbagi menjadi dua kelompok utama, yaitu sel prokariotik dan sel eukariotik. Ulasan berikut ini, akan membahas mengenai sel prokariotik, mulai dari definisi, ciri-ciri, struktur, hingga perbedaannya dengan sel eukariotik.

Sel Prokariotik Adalah
Sel Prokariotik Adalah sel yang tidak memiliki selaput inti. (Pixabay)

Pengertian Sel Prokariotik 

Dikutip dari situs Rumah Belajar Kemendikbud, sel prokariotik berasal dari bahasa Yunani prokaryote dimana pro berarti sebelum dan karyon berarti inti.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sel prokariotik adalah sel yang tidak memiliki selaput inti atau membran nukleus.

Secara struktural, sel prokariotik sangat sederhana dan umumnya hanya ditemukan pada organisme bersel satu, yaitu bakteri dan arkea. Secara umum, struktur sel prokariotik yaitu DNA, sitoplasma, serta struktur permukaan yang meliputi membran plasma dan komponen dinding sel, kapsul, dan lapisan lendir.

Ciri-ciri Sel Prokariotik 

Dikutip dari Mikrobiologi Keperawatan Gigi oleh Megananda Hiranya Putri (2012:20-21), berikut ini ciri ciri sel prokariotik

  • Tidak memiliki inti sel yang jelas karena tidak mempunyai membran inti sel atau disebut nukleolid. Inti sel tersebar pada sitoplasma sel. 
  • Tidak memiliki organel yang dikelilingi membran.
  • Memiliki dinding sel kecuali mycoplasma dan thermoplasma. 
  • Sebagian besar komponen struktur dinding sel adalah peptidoglikan.
  • DNA berada di daerah nukleoid.
  • Susunan kromosomnya sirkuler. Sel prokariotik tidak memiliki inti sejati karena DNA tidak terselubung oleh membran.
  • Ukuran diameter selnya antara 0,5–10 mikrometer. 
  • Dapat membawa elemen DNA ekstra kromosom yang disebut plasmid. Plasmid pada makhluk hidup salah satunya berfungsi sebagai resistensi antibiotik.
  • Sel prokariotik memiliki flagela yang berfungsi sebagai alat gerak. Flagela ini tersusun atas protein flagelin.

Struktur Sel Prokariotik 

Struktur sel prokariotik terdiri dari 8 bagian yaitu:

1. Membran Plasma

Merupakan lapisan di luar sitoplasma yang berfungsi untuk melindungi dan mengatur transportasi sel, serta berperan sebagai penerima rangsang yang datang dari luar sel
Membran plasma pada sel ini mengalami pelekukan ke arah dalam membentuk bernama mesosom.Struktur ini berguna sebagai tempat terjadinya respirasi sel sehingga menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk aktivitas di dalam sel.

2. Sitoplasma

Merupakan bagian sel prokariotik yang berisi cairan tempat berlangsungnya metabolisme sel. Sitoplasma mengandung air yang merupakan kandungan cairan terbanyak yang mencapai 80-90 persen. 

Halaman:
Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...