Kemenkes Layani Pendaftaran Semua Jenis Vaksin Covid-19 Dosis 1 dan 2

Rizky Alika
23 Agustus 2021, 19:07
vaksin, Pfizer, vaksinasi, Covid-19, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Reno Esnir/wsj.
Tenaga kesehatan menyiapkan vaksin COVID-19 dari Pfizer untuk disuntikkan ke seorang warga di Puskesmas Lebak Bulus, Jakarta, Senin (23/8/2021). ANTARA FOTO/Reno Esnir/wsj.

Capaian vaksinasi Covid-19 dosis kedua masih terlampau jauh dibandingkan dosis pertama. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pun mengimbau masyarakat yang belum menerima suntikan vaksin dosis kedua untuk mendaftar secara daring melalui vaksin Loket.com.

Setelah mendaftar, masyarakat bisa mengikuti vaksinasi di Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) yang beralamat di Jalan Hang Jebat Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Gampang, daftar online di loket.com di sentra vaksinasi Kemenkes Hang Jebat untuk semua jenis vaksin," kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu kepada Katadata, Senin (23/8).

Menurutnya, pendaftaran bisa dilakukan oleh penduduk domisili seluruh daerah. Calon penerima vaksin hanya disyaratkan untuk memiliki dan membawa Kartu Tanda Penduduk saat vaksinasi.

Selain Hang Jebat, Kemenkes juga membuka sentra vaksinasi di KKP Priok, RS Fatmawati, RS Cipto Mangunkusumo, RS Persahabatan, dan RS Dharmais. "Pendaftaran melalui loket.com hanya untuk Hang Jebat. Lokasi lain datang langsung," ujar dia.

Namun berdasarkan pantauan Katadata, pendaftaran vaksinasi dosis kedua tidak bisa dilakukan di loket.com. Layanan tersebut hanya menyediakan menu pendaftaran vaksinasi dosis pertama di Hang Jebat pada 8 Maret-4 September 2021.

"Khusus vaksin pertama, jika sudah pernah melakukan vaksin pertama, maka panitia berhak untuk menolak," demikian tertulis.

Saat dikonfirmasi, Maxi hanya mengatakan program vaksinasi di Hang Jebat berjalan seluruhnya. Selain itu, vaksinasi di lokasi tersebut dibuka tanpa masa periode tertentu.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Maesaroh

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...