Termasuk Hotel Mewah di Nusa Dua, Ini 35 Hotel Karantina Turis di Bali

Selain 35 hotel yang sudah siap, masih ada 55 hotel lagi yang sudah mengajukan diri untuk dijadikan hotel karantina.
Image title
13 Oktober 2021, 16:19
Hotel, Bali, turis
Kemenparekraf
Jejeran hotel mewah di kawasan Nusa Dua, Bali. Ada lebih dari 10 hotel di kawasan Nusa Dua yang akan dijadikan karantina turis asing

Bali akan kembali dibuka bagi wisatawan mancanegara mulai besok (14/10). Meski demikian, para wisatawan yang datang diwajibkan untuk menjalani karantina selama lima hari di hotel-hotel yang sudah ditentukan.

Pemerintah daerah Bali sudah menyiapkan 35 hotel karantina yang tersebar di zona hijau Bali yang mencakup kawasan Sanur, Ubud, dan Nusa Dua.

Termasuk hotel yang disiapkan adalah jejeran hotel mewah dan kelas atas di kawasan Nusa Dua, seperti Nusa Dua Beach Hotel, The Westin Nusa Dua, dan Courtyard by Marriot Nusa Dua.

“Sampai sekarang kami sudah menyiapkan 35 hotel. Hotel-hotel tersebut sudah tersertifikasi CHSE dan mempunyai akses tersendiri untuk tamu reguler dan tamu yang akan melakukan karantina. Selain itu, hotel karantina harus mempunyai kesepakatan dengan rumah sakit terdekat,” kata Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) dalam diskusi virtual, Rabu (13/10).

Meski demikian, Cok Ace mengatakan, bahwa akan ada keputusan lebih lanjut mengenai apakah hotel karantina diperbolehkan menerima tamu reguler atau khusus untuk melayani wisatawan yang menjalani karantina.

 Sebelumnya, setiap hotel terdiri dari dua bagian yang diperuntukkan bagi wisatawan yang sedang menjalani karantina dan tamu reguler dengan pintu masuk yang berbeda.

“Jika 35 hotel tersebut masih kurang, sesungguhnya masih ada 55 hotel lagi yang sudah mengajukan diri dan siap untuk dijadikan hotel karantina. Kami masih menjaring di kawasan mana saja yang memungkinkan untuk penempatan hotel karantina,” kata dia.

Saat ini sudah ada 9.322 sarana pariwisata yang terdaftar aplikasi PeduliLindungi. Dari 9.322 sarana tersebut, terdiri dari 737 hotel, 241 restoran, 125 destinasi wisata, dan 92 pusat perbelanjaan.

Sebelumnya, pelaku usaha hotel dan restoran menyambut baik kebijakan pemerintah yang akan membuka kembali Bali untuk wisatawan mancanegara.

 Mereka menyatakan siap menyambut kedatangan wisman. Para pelaku usaha sudah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat sebagaimana anjuran pemerintah.

Prokol tersebut seperti menerapkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi, menjaga jarak, imbauan penggunaan masker, tempat cuci tangan, dan lainnya.

Selain itu, seluruh pengelola dan pekerja hotel dan restoran maupun tempat wisata di Bali sudah menerima vaksin dosis lengkap, sehingga dapat menjamin keamanan para wisatawan selama berlibur.

“Kita memang harus siap kapan pun. Jadi tidak ada momen khusus untuk bersiap siap, kalau untuk menyambut tamu kita siap kapan saja,” kata Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran kepada Katadata, Jumat (8/10).

 Berikut daftar 35 hotel karantina bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bali:

Kota Denpasar:

  1. Hyatt Regency
  2. Griya Santrian
  3. Taksu Sanur
  4. Hotel Tandjung Sari
  5. Prime Plaza Suites Sanur
  6. Swiss-Belresort Watu Jimbar
  7. Grand Hyatt Bali

Kabupaten Gianyar:

  1. Maya Ubud Resort & Spa
  2. The Westin Resort & Spa Ubud, Bali
  3. The Ubud Village Hotel
  4. The Ubud Resort & Spa
  5. The Sankara Resort & Spa Ubud by Pramana
  6. The Royal Pitamaha
  7. Komaneka Resorts
  8. Viceroy Bali Luxury Resort
  9. The Payogan Villa Resort and Spa

     Kabupaten Badung:

  1. Melia Bali
  2. Nusa Dua Beach Hotel
  3. The Westin Nusa Dua
  4. The Laguna, A Luxury Collection
  5. Courtyard by Marriot Nusa Dua
  6. The Mulia Resort & Villa Bali
  7. Hilton Bali Resort
  8. Ritz-Carlton Bali
  9. Conrad Nusa Dua
  10. Sol by Melia Nusa Dua
  11. Merusaka Nusa Dua
  12. Novotel Bandara Ngurah Rai
  13. Aston Kuta Hotel & Residence
  14. Swiss-Belhotel Tuban
  15. Bali Dynasty Resort
  16. Fairfield by Marriot Bali Kuta Sunset Road
  17. Hilton Garden Inn Bali Ngurah Rai Airport
  18. Harper Kuta Bali
  19. Ramada by Wyndham Bali Sunset Road Kuta

 

Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait