Damri Layani Rute Bandung Menuju Yogyakarta, Kuningan - Indramayu

Tarif Damri bervariasi dari Rp 90 ribu-175 ribu.
Image title
6 Desember 2021, 16:08
Damri, Bandung, transportasi
@DamriIndonesia/twitter
Bus Damri

Perusahaan transportasi milik negara, Perum Damri, resmi melayani angkutan kota rute Bandung menuju Yogyakarta dan angkutan kota dalam provinsi dengan rute Bandung - Indramayu dan Bandung - Kuningan.

Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan Damri Sidik Pramono mengatakan bahwa, rute yang dilayani ini merupakan bentuk komitmen Damri dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

"Rute Bandung menuju Yogyakarta, Kuningan, dan Indramayu ini dioperasikan, dengan tujuan meningkatkan animo masyarakat untuk kembali menggunakan transportasi bus Damri sehingga dapat memulihkan roda perekonomian,”kata Sidik dalam siaran pers, Senin (6/12).

 Sidik menjelaskan, untuk rute menuju Yogyakarta, armada bus telah dilengkapi fasilitas air conditioning (AC), reclining seat, bagasi, serta toilet.

Karena termasuk perjalanan jarak jauh, setiap pelanggan yang akan melakukan perjalanan diharapkan sudah divaksin minimal dosis pertama.

Namun, bagi pelanggan dalam kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan tidak dapat menerima vaksin.

Calon penumpang juga wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah, yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.

Ia juga mengimbau pelanggan untuk menerapkan pembayaran non-tunai.

 Hal tersebut didukung dengan menghadirkan pelayanan berbasis online, yaitu pemesanan tiket melalui aplikasi DAMRI Apps, portal www.damri.co.id, Traveloka, redBus, Indomaret dan Alfamart.

Adapun, batas pemesanan paling lambat tiga jam sebelum keberangkatan.

Pembayaran dapat dilakukan di berbagai penyedia layanan dompet digital di antaranya, DANA, OVO, LinkAja, GoPay, Mandiri, ShopeePay, dan gerai Indomaret maupun Alfamart di seluruh Indonesia.

Berikut jadwal dan tarif layanan Damri rute Bandung - Yoyakarta, Kuningan, dan Indramayu:

1. Bandung - Kuningan, beroperasi setiap hari dari Terminal Cicaheum pukul 07.00, 09.00, 11.00, 13.00, 15.00, dan 17.00 WIB.

Sedangkan rute sebalikanya, Kuningan - Bandung berangkat dari Terminal Kuningan pukul 06.00, 07.00, 09.00, 11.00, 13.00, dan 15.00 WIB. Tarif yang dikenakan sebesar Rp 100.000.

2. Bandung - Indramayu, beroperasi setiap hari dari Terminal Cicaheum maupun Terminal Indramayu diberangkatkan pukul 05.30, 10.30, dan 14.00 WIB. Tarif yang dikenakan sebesar Rp 90.000

3. Bandung - Yogyakarta, tersedia setiap hari Jumat dengan keberangkatan dari Pool DAMRI Kebon Kawung, pukul 20.00 WIB.

Sedangkan dari Yogyakarta - Bandung tersedia setiap hari Minggu dengan keberangkatan dari Pool Damri Yogyakarta pukul 16.00 WIB. Tarif yang dikenakan sebesar Rp 175.000

Sebagai informasi, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengusulkan penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp 72,44 triliun kepada 12 BUMN pada 2022.

Dari jumlah sebesar itu,  Perum Damri akan menerima PMN sebesar Rp 250 miliar. PMN tersebut akan digunakan untuk penguatan modal perusahaan dan peningkatan proses bisnis.
PMN tersebut juga diharapkan bisa memulihkan keuangan dan bisnis Damri di tahun depan.



Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait