Penjualan Sepeda Motor Ditargetkan Capai 5,4 Juta Unit Tahun Depan

Cahya Puteri Abdi Rabbi
16 Desember 2021, 18:39
sepeda motor, otomotif
www.astra-honda.com
PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan persembahan terbaru produk sepeda motor Honda yang siap menyapa pengunjung gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, 11-21 November 2021 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang.

Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) memprediksi pertumbuhan permintaan sepeda motor baru di pasar domestik akan meningkat menjadi 5,1 juta -5,4 juta unit pada 2022.

Sementara itu, untuk total penjualan tahun ini diperkirakan mencapai  5 juta unit, meningkat 36% dari tahun lalu.

Ketua Bidang Komersial AISI Sigit Kumala mengatakan, potensi peningkatan penjualan sepeda motor tahun depan dapat dilihat dari realisasi penjualan hingga September tahun ini yang sudah mencapai 3.761.407 unit.

Penjualan tersebut tumbuh hampir 31% dibandingkan periode Januari-September 2020.

"Harapannya kalau situasi ekonomi stabil dan kondusif, penjualan sepeda motor akan melampaui target tersebut," kata Sigit dalam acara Bisnis Indonesia Bussiness Challenges, Kamis (16/12).

Sigit juga berharap, ekspor pada tahun ini bisa menyamai angka ekspor di 2019 atau sebelum pandemi, yaitu di angka sekitar 800.000 unit.

Kemudian, untuk ekspor tahun 2022 diproyeksikan mencapai 970 ribu unit, atau tumbuh 20%.

Ia menyebut, kemampuan pemerintah dalam mengendalikan Covid-19, ditambah program vaksinasi yang semakin masif diyakini dapat mendorong meningkatnya kepercayaan masyarakat untuk melakukan mobilitas.

Kondisi tersebut diharapkan menjadi daya dorong untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi sehingga berdampak positif ke daya beli masyarakat.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...