KAI-Krakatau Steel Kerja Sama Kembangkan Suku Cadang, Kawasan Industri

Andi M. Arief
11 Januari 2022, 15:25
KAI, krakatau steel, kereta, baja, industri
KAI
Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo dan Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Silmy Karim saat penandatangan Nota Kesepahaman kedua perusahaan

 PT Krakatau Steel Tbk dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang pengembangan bisnis masing-masing perusahaan.

Dalam nota kesepahaman itu, Krakatau Steel akan mendapatkan skrap baja dari KAI, sedangkan KAI akan mendapatkan pendapatan dari pengantaran kargo milik Krakatau Steel. 

Selain itu, nota kesepahaman ini akan mengembangkan produk suku cadang dan prasarana kereta api berbasis baja.

Di samping itu, nota kesepahaman ini akan mengembangkan beberapa infrastruktur, seperti Kawasan Industri (KI) Cilegon, KI Batang, dan Hub Logistik Krakatau Steel. 

"Kolaborasi yang terbangun ini merupakan suatu langkah awal sebagai dukungan bagi pemerintah dan Indonesia untuk membangkitkan perekonomian," kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam keterangan resmi, Selasa (11/1). 

 Didiek menilai Krakatau Steel sebagai perusahaan negara yang strategis dalam perekonomian nasional. Menurutnya, KAI dan Krakatau Steel dapat mengoptimalkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. 

Adapun, nota kesepahaman ini dinilai dapat meningkat efisiensi usaha anak-anak perusahan KAI dan Krakatau Steel.

Pada akhirnya, nota kesepahaman ini dapat menjadi dasar pengembangan kawasan industri berbasis perkeretaapian.

Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim berpendapat logistik memegang peranan penting dalam pembangunan ekonomi di dalam negeri. Silmy berharap nota kesepahaman ini dapat bermanfaat bagi kedua pihak. 

 Sebelumnya, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Barat Erni Basri menilai migrasi logistik dari angkutan darat ke kereta api membutuhkan kesabaran.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...