Lelang Jabatan Dirjen Migas Direncanakan Dibuka Awal Pekan Ini

"Lelangnya mudah-mudahan hari ini atau besok, pokoknya secepat mungkin," kata Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial.
Image title
15 Juli 2019, 15:00
Kementerian ESDM buka lelang dirjen migas, cari pengganti djoko siswanto
Arief Kamaludin|KATADATA
Kementerian ESDM

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah bersiap untuk membuka lelang jabatan Direktur Jenderal Minyak dan Gas (Dirjen Migas). Jabatan tersebut kosong setelah Djoko Siswanto dipindah tugaskan menjadi Sekretaris Jenderal Dewan energi Nasional.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial mengatakan lelang jabatan segera dibuka. Persyaratan untuk menduduki posisi itu tidak hanya sesuai dengan Peraturan Pemerintah tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), tapi juga memiliki pengalaman di bidang migas.

"Lelangnya mudah-mudahan hari ini atau besok, pokoknya secepat mungkin. Kami akan cari dirjen migas yang mantap," ujarnya saat ditemui di Gedung Kementerian ESDM, Senin (15/7).

(Baca: Arcandra Ingin Sektor Migas Tak Dilihat Sebagai Penghasil Devisa)

Advertisement

Menteri ESDM Ignasius Jonan resmi memberhentikan Djoko Siswanto sebagai Dirjen Migas pada 12 Juli 2019. Ia dipindah tugaskan menjadi Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN). Selama masa pemilihan dirjen migas baru, Djoko juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Migas.

Djoko menjabat Dirjen Migas sejak 28 Maret 2018. Sebelum menjabat Dirjen Migas, Djoko pernah menempati posisi strategis di Kementerian ESDM, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi, serta Badan Pengatur Hilir dan Minyak dan Gas Bumi.

(Baca: Pemerintah Promosikan Tujuh Blok Migas ke Perusahaan Asing)

Saat ini, di DEN, Djoko menggantikan Saleh Abdurahman yang diangkat sebagai Staf Ahli Kementerian ESDM. Saat acara pelantikan, Jonan menyatakan harapannya, Djoko bisa memperkuat fungsi DEN. "Pak Djoko biasanya keras, ya keras saja supaya DEN ini jalan," ujarnya di Jakarta, Jumat (12/7).

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait