Medco Power Dapat Pinjaman US$ 222 juta untuk Pembangunan PLTGU Riau

Image title
21 Maret 2019, 13:20
Pembangkit Listrik
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi pembangkit listrik

PT Medco Power Indonesia melalui anak usahanya yaitu PT Medco Ratch Power Riau (MRPR) mendapatkan pinjaman sebesar US$ 222 juta atau sekitar Rp 3,1 triliun untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Riau dengan kapasitas 275 Megawatt (MW).

Pinjaman tersebut berasal dari konsorsium internasional yang terdiri dari Asian Development Bank (ADB), International Finance Corporation (IFC), MUFG Bank Ltd, dan Sumitomo Mitsui Banking (SMBC). Medco dan konsorsium telah melakukan penandatanganan perjanjian kredit. Jangka waktu pinjaman selama 20 tahun.

Presiden Direktur Medco Power Eka Satria menyatakan keberhasilan perusahaan memperoleh pinjaman seiring dengan pengalaman Medco Gorup menyelesaikan berbagai proyek besar. "Ini semakin menunjukkan kepercayaan besar dari kalangan lembaga keuangan internasional," kata dia, dalam keterangan pers, Rabu (20/3).

(Baca: Medco Power Pastikan PLTGU Riau Beroperasi 2021)

Perusahaan bakal menggunakan pinjaman untuk mendanai sebesar 76% dari kebutuhan investasi PLTGU Riau yang sebesar US$ 293 juta. Proyek ini telah dimulai sejak triwulan III pada 2018, dengan target operasi secara komersial (Commercial on Date/COD) pada 2021. Saat ini progres pembangunannya telah mencapai 24%.

Pembangkit ini diharapkan bisa menambah pasokan listrik ke dalam jaringan listrik Sumatera dan bisa membantu memenuhi target peningkatan elektrifikasi di wilayah Riau.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...