Bunga Acuan Diramal Turun, IHSG Diprediksi Genapkan Kenaikan 10 Hari

IHSG telah naik sembilan hari berturut-turut dengan total kenaikan 3,8%. Saham emiten tambang, rokok, dan barang konsumsi masuk rekomendasi hari ini.
Image title
Oleh Ihya Ulum Aldin
24 Oktober 2019, 06:59
IHSG, IHSG hari ini, rekomendasi saham hari ini, suku bunga acuan, suku bunga acuan turun
Arief Kamaludin|KATADATA

Para analis memprediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih akan melanjutkan kenaikan pada Kamis, 24 Oktober 2019. IHSG telah ditutup naik selama sembilan hari berturut-turut, dengan total 3,8% ke level 6.257, kemarin.

Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan memprediksi IHSG hari ini bergerak fluktuatif dengan arah menguat. Level resistance pertama dan kedua diperkirakan berada pada rentang level 6.277 hingga 6.277. Sedangkan level support pertama dan kedua berada pada rentang 6.217 hingga 6.177.

"Pergerakan akan cenderung fluktuatif menjelang Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia dan investor akan mengantisipasti rilis kinerja emiten triwulan III 2019," kata dia dalam riset tertulisnya.

Rekomendasi saham dari Dennies yaitu Wijaya Karya (WIKA), Adaro Energy (ADRO), dan Indosat (ISAT).

(Baca: Jokowi Effect Dongkrak IHSG Naik Sembilan Hari Berturut-turut)

Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi juga menilai IHSG hari ini bakal melanjutkan tren penguatan jangka pendek. "Sehingga kami perkirakan IHSG hari ini akan kembali bergerak menguat dengan support-resistance 6.214-6.321," kata dia melalui riset tertulisnya.

Menurut dia, fokus investor bakal beralih ke Brussels, di mana perjanjian Uni Eropa untuk menunda Brexit dapat menyebabkan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mencari pemilihan awal.

Sedangkan dari dalam negeri, investor menunggu pertemuan Gubernur Bank Indonesia untuk keputusan suku bunga acuan. "Yang menurut survei kembali dipangkas 25 basis poin (bps) menjadi 5%," kata Lanjar.

Beberapa saham yang dinilainya cukup menarik secara teknikal antara lain Astra Agro Lestari (AALI), Indofood Sukses Makmur (INDF), H.M. Sampoerna (HMSP), Unilever Indonesia (UNVR), dan Indofood CBP Sukses Makmur (ICBP).

Lalu, Bank Tabungan Negara (BBTN), Perusahaan Gas Negara (PGAS), Indo Tambangraya Megah (ITMG), Medco Energi Internasional (MEDC), Aneka Tambang (ANTM), dan Vale Indonesia(INCO).

(Baca: Erick Thohir Ingin Dirut Bank Mandiri Jadi Wakil Menteri BUMN)

Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama juga memprediksi IHSG hari ini bakal melanjutkan penguatan. "Sehingga IHSG hari ini berpeluang menuju ke area resistance," kata dia dalam riset tertulis.

Ia memperkirakan, level resistance pertama dan kedua IHSG hari ini memiliki rentang antara 6.276 hingga 6.334. Sedangkan level support pertama dan kedua berada pada rentang antara 6.205 hingga 6.178.

Rekomendasi saham dari Nafan antara lain Astra Otoparts (AUTO), Bank Cimb Niaga (BNGA), Bank BRISyariah (BRIS), Charoen Pokphand Indonesia (CPIN), Gudang Garam (GGRM), dan Mayora Indah (MYOR).

Video Pilihan

Artikel Terkait