Petani Sawit Gelar Unjuk Rasa, Tuntut Pemerintah Cabut CPO Show
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Image title
17 Mei 2022, 13:05

[Foto] Petani Unjuk Rasa Cabut Larangan Ekspor Minyak Sawit

Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) unjuk rasa di wilayah Patung Kuda, Jakarta Pusat. Aksi pada hari ini, Selasa (17/5/2022), tersebut untuk menyikapi dampak larangan ekspor minyak goreng dan crude palm oil (CPO).

Karena larangan ekspor CPO oleh Presiden Joko Widodo sejak akhir April 2022 lalu, harga tandan buah segar (TBS) anjlok hingga 58,87 persen. Para petani menyatakan hal ini mengakibatkan perekonomian rumah tangga petani sawit se-Indonesia sangat tertekan dan memprihatinkan.

Menurut Fitrinsyah, perwakilan Apkasindo, mereka tidak menerima TBS dari petani lagi. Apalagi, banyak pabrik kelapa sawit (PKS) yang memiliki kebun cenderung mengutamakan hasil panennya sendiri.

"Ketika kami sedang berbulan madu akibat tingginya harga sawit, pemerintah malah melarang ekspor. Ini sangat tidak adil untuk para petani," ujar Fitriansyah. "Kami datang dari jauh. Kami akan terus menyampaikan aspirasi sampai larangan ekspor dicabut."

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.