Kolaborasi Pemerintah dan Swasta Membangun Momentum Pemulihan Ekonomi

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
28 Juni 2021, 12:33
Kolaborasi Pemerintah dan Swasta Membangun Momentum Pemulihan Ekonomi
Grab Indonesia

Perusahaan teknologi Grab Indonesia menjalankan sejumlah program yang menjadi fokus dalam upaya membantu pemulihan perekonomian Indonesia saat pandemi Covid-19. Kolaborasi dengan pemerintah pusat maupun daerah ini misalnya berupa program vaksinasi dan digitalisasi UMKM.

Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan, sekarang ini merupakan momen terpenting untuk mendorong kemitraan antara pemerintah dan swasta. Pihaknya pun terus berkomitmen menjadi mitra strategis pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi nasional.

“Pasalnya, dampak dari pandemi ini dialami oleh semua orang. Dengan semangat gotong royong, kita harus mengambil peran untuk membantu saudara-saudara kita, agar kita semua bisa melewati masa-masa sulit ini bersama-sama,” kata Ridzki di Jakarta, (28/6).

Terkait program vaksinasi, Grab menyadari bahwa ini merupakan elemen penting guna mendorong pemulihan ekonomi. Perusahaan teknologi ini merealisasikan dukungannya terhadap program vaksinasi nasional dengan memvaksinasi mitra pengemudi di lebih dari 53 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. Kota/kabupaten skala kecil turut dijangkau, seperti Jayapura, Maros, Ambon, Bantul, Gowa, dan lain-lain.

Alhasil, ratusan ribu masyarakat termasuk mitra pengemudi Grab telah mendapatkan vaksin. Dan yang lebih penting, status mereka yang telah divaksinasi tercantum pada aplikasi dan dapat dilihat oleh konsumen saat memesan armada.

Ridzki mengutarakan, kondisi geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan menghadirkan tantangan tersendiri dalam penyediaan vaksin agar merata. “Teknologi dan jangkauan platform Grab yang luas dapat membantu pemerintah mengatasi masalah ini,” tuturnya.

Adapun, sejalan dengan program vaksinasi, Grab juga  mengintensifkan digitalisasi UMKM demi meningkatkan geliat ekonomi Indonesia khususnya selama pandemi Covid-19. Pada masa pandemi, UMKM terbukti menjadi pilar kuat yang memungkinkan perekonomian nasional bertahan karena banyak yang terus menyediakan barang dan jasa penting bagi masyarakat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...