Anies Ingin Belajar Pimpin Jakarta dari Jokowi

Anies menyatakan bahwa tak akan ada pembicaraan khusus menyangkut proyek reklamasi, LRT hingga MRT Jakarta saat bertemu Jokowi.
Ameidyo Daud Nasution
Oleh Ameidyo Daud Nasution
25 Oktober 2017, 13:12
Anies Baswedan dan Sandiaga Uno
Antara Foto/Wahyu Putro
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno mendapatkan ucapan dari Presiden Jokowi dan Iriana, di Istana Negara, Jakarta, Senin (16/10).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta Wakilnya, Sandiaga Uno pada hari ini menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anies mengatakan dirinya dan Sandi sowan ke Jokowi untuk berbagi pengalaman soal pengelolaan Jakarta.

Anies juga mengatakan kedatangannya juga merupakan bagian dari komitmennya untuk menemui seluruh mantan Gubernur DKI Jakarta. Seperti diketahui, Jokowi sempat menjadi Walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta sebelum terpilih menjadi Presiden.

"Kami hadir untuk silaturahmi dan belajar, mendengar pengalaman-pengalaman Beliau terutama terkait dengan Jakarta," katanya sebelum masuk ke Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (25/10).

Anies membantah bahwa dalam kunjungan ini akan ada pembicaraan khusus soal beberapa proyek yang ada di Ibu kota, seperti reklamasi Teluk Jakarta, Mass Rapid Transit (MRT) dan Light Rail Transit (LRT). Dia hanya mengatakan akan segera memberitahu hasil pertemuan dengan Jokowi usai menghadap. "Nanti kami ceritakan semua," ujarnya.

Sedangkan dari pihak Istana ada Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pergubungan Budi Karya Sumadi, serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Jokowi.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan telah berdiskusi dengan pemimpin Provinsi DKI Jakarta yang baru, terkait pencabutan moratorium reklamasi Teluk Jakarta. Bahkan, pembicaraan dengan Sandiaga Uno telah dilakukannya sebelum pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur.

Luhut mengaku telah menjelaskan hal-hal terkait pencabutan moratorium tersebut kepada Sandiaga Uno. Luhut juga mengatakan nantinya Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur Ridwan Djamaludin akan segera berkoordinasi dengan tim dari Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta terpilih untuk menyelesaikan masalah hukum terkait moratorium ini.

"Mereka (tim dari Sandiaga Uno) datang ke sini dan saya jelaskan bahwa Pak Ridwan akan beri pengarahan," kata Luhut benerapa waktu lalu.

Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria

Video Pilihan

Artikel Terkait