Mendekati Lebaran, Harga Bawang Putih dan Daging Sapi Naik

Selain bawang putih dan daging sapi, harga bahan pangan lain seperti daging ayam dan beberapa jenis sayuran juga naik.
Pingit Aria
Oleh Pingit Aria
21 Juni 2017, 11:14
daging sapi
Agung Samosir|KATADATA

Setelah sempat terkendali pekan lalu, harga bawang putih justru kembali naik saat mendekati Lebaran. Begitu juga harga daging sapi di DKI Jakarta.

Di Pasar Mampang Prapatan, Jakarta Selatan misalnya, harga bawang putih naik menjadi Rp 80 ribu per kilogram. Padahal, pekan lalu harga komoditas yang kebanyakan diimpor dari Tiongkok ini sempat mencapai Rp 50 ribu per kilogram.

"Bawang putih naiknya sejak kemarin. Ini saja saya beli di pedagang Rp 75 ribu per kilogram," kata Eni, salah seorang pedagang di Pasar Jatinegara, Jakarta, Selasa (20/6/2017).

(Baca juga:  Harga Pangan yang Tak Lagi Meroket Menjelang Lebaran)

Meski tak tahu persis alasannya, Eni menyebut naiknya harga bahan pokok sudah biasa terjadi setiap Lebaran. "Mungkin karena memang makin lama makin sedikit kali yang jualan. Soalnya saya lihat stok masih ada kok setiap ambil di pasar," tutur Eni.

Tak hanya harga bawang putih, harga beberapa jenis sayuran, hingga daging sapi pun turut merangkak naik menjelang Lebaran. Bawang merah misalnya, naik dari Rp 40 ribu per kilogram menjadi Rp 50 ribu per kilogram. Begitu pula buncis dan kentang yang masing-masing naik Rp 5 ribu menjadi Rp Rp 20 ribu dan Rp 15 ribu per kilogram.

Selain itu, harga daging sapi juga naik Rp 10 ribu per kilogram dari Rp 120 ribu menjadi Rp 130-135 ribu per kilogram. Sementara, harga daging ayam naik Rp 5 ribu menjadi Rp 40 ribu per kilogram.

(Baca juga: Stok di Pasar Cipinang Berlebih, Harga Beras Turun Sumbang Deflasi

Kenaikan harga bahan pokok tersebut juga terpantau melalui Pusat Harga Pangan Strategis Nasional yang dikelola Bank Indonesia. Dalam aplikasi tersebut, harga bawang putih di DKI Jakarta tercatat Rp 70 ribu per kilogram. Meski, di tingkat nasional harganya masih Rp 41.150 ribu per kilogram.

Sementara, harga rata-rata daging sapi secara nasional Rp 120.400 per kilogram dan bawang merah sebesar Rp 36.100, naik Rp 550 dibandingkan hari sebelumnya.

Lonjakan harga bahan pokok ini melebihi prediksi pemerintah. Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Oke Nurwan menduga, bawang putih yang mengalami kenaikan harga adalah jenis kating. Namun, harga Rp 70 ribu per kilogram tetap dinilainya tidak wajar.

(Baca juga: Mendag Klaim Harga Bahan Makanan Turun Menjelang Lebaran)

"Kating itu memang mahal. Harga landed cost-nya saat ini dari sananya (Tiongkok) Rp 30 ribu per kilogram, jadi seharusnya di tingkat eceran bisa Rp 50 ribu per kilogram," ujarnya.

Ia pun akan memeriksa penyebab kenaikan harga yang terjadi DKI Jakarta. Sebab, menurut informasi yang diterimanya, pasokan bawang putih impor yang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok saat ini cukup lancar. "Sekarang itu bawang putih sudah bisa masuk Tanjung Priok. Jadi pasokan dan harganya sekarang itu di tingkat pedagang," katanya.

Editor: Pingit Aria

Video Pilihan

Artikel Terkait