Banjir Hingga 1,5 Meter Rendam 54 Titik di Jakarta

Pingit Aria
21 Februari 2017, 09:56
Banjir Jakarta
ANTARA FOTO/Rosa Panggabean
Banjir di Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makassar, Jakarta, akibat luapan dari Kali Sunter, Senin (20/2).

Hujan yang mengguyur sejak tengah malam telah menyebabkan banjir hingga 1,5 meter di beberapa lokasi di Jakarta. Hingga pagi ini, ada 54 titik di Ibu kota yang terendam banjir.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho merinci, ada 11 titik tergenang banjir di Jakarta Selatan, 33 titik di Jakarta Timur dan 10 titik di Jakarta Utara.

Menurut Sutopo, banjir lebih disebabkan oleh drainase perkotaan yang tidak mampu menampung aliran permukaan. “Selain itu juga disebabkan luapan dari sungai yang naik Siaga 1 dan 2 sehingga aliran permukaan dari drainase tidak dapat dialirkan ke sungai,” ujarnya, Selasa (21/02).

(Baca juga: Kementerian PUPR Mempercepat Pelaksanaan 9 Proyek Strategis Nasional)

Ia menyebut, banjir terdalam ada di kawasan Cipinang Melayu Jakarta Timur. Di sana, ketinggian air bervariasi antara 70 - 150 centimeter (cm).

“Banjir juga merendam wilayah di Jakasetia dan Jakasampurna, Bekasi, sedangkan di Tangerang ada di Pondokranji,” kata Sutopo.

BNPB dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencatat ada 401 laporan masyarakat yang masuk terkait banjir melalui platform Petabencana.id. Laporan itulah yang kemudian digunakan untuk menyusun peta banjir.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...