Jokowi Resmikan Bandara Toraja yang Dibangun dengan Memotong 3 Bukit

Rizky Alika
18 Maret 2021, 16:09
Wisatawan mengunjungi rumah adat Toraja di kawasan wisata Ketekesu, Toraja Utara, Sulawesi Selatan Rabu (16/12/2020). Jokowi meresmikan Bandara Toraja untuk mendorong pariwisata.
ANTARA FOTO/Zabur Karuru/foc.
Wisatawan mengunjungi rumah adat Toraja di kawasan wisata Ketekesu, Toraja Utara, Sulawesi Selatan Rabu (16/12/2020). Jokowi meresmikan Bandara Toraja untuk mendorong pariwisata.

Presiden Joko Widodo meresmikan Bandara Toraja pada Kamis (18/3). Bandara tersebut dinilai unik karena proses pembangunan landasan pacunya dilakukan dengan memotong tiga bukit hingga rata.

"Tiga bukit dipotong. Jumlah tanah yang harus dibuang dari sana ada 6 juta meter kubik. Ini unik sekali memotong tiga bukit sehingga runway-nya bisa dibangun," kata Jokowi saat meresmikan Bandara Toraja di Tana Toraja, Kamis (18/3).

Pembangunan bandara tersebut menyerap anggaran sebesar Rp 800 miliar. Anggaran tersebut utamanya untuk pemotongan tiga bukit sehingga landasan terbang sepanjang 2 ribu meter bisa terbangun.

Biasanya, masyarakat Toraja yang ingin ke Makassar membutuhkan waktu selama 9 jam. Dengan adanya Bandara Toraja, waktu tempuh Toraja-Makassar hanya membutuhkan waktu 50 menit dengan menggunakan pesawat ATR. "Artinya mobilitas orang, ada kecepatan," ujar dia.

Mantan Walikota Solo itu berharap, pembukaan Bandara Toraja bisa meningkatkan pariwisata lantaran konektivitas akan semakin baik. Maskapai pun bisa terbang secara langsung dari Jakarta, Bandung, Bali, dan Makassar ke Toraja. "Bisa melihat Kete Kesu, untuk melihat Pango Pango," katanya.

WISATA KETEKESU TORAJA
WISATA KETEKESU TORAJA (ANTARA FOTO/Zabur Karuru/foc.)

Kete Kesu adalah suatu desa wisata di Kawasan Tana Toraja yang dikenal karena adat dan kehidupan tradisional masyarakatnya yang unik. Di dalam Kete Kesu terdapat peninggalan purbakala berupa kuburan batu yang diperkirakan berusia 500 tahun lebih.

Sedangkan, Pango Pango adalah sebuah kawasan agrowisata di dataran tinggi. Begitu indah lokasi ini sampai dijuluki ‘Negeri di Atas Awan’.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...