Nasib Bus AKAP Saat Larangan Mudik, Angkut 8 Penumpang Jakarta-Malang

Cahya Puteri Abdi Rabbi
7 Mei 2021, 18:54
Warga melintas di Terminal Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah, Jumat (7/5/2021). Memasuki hari kedua pemberlakukan larangan mudik Lebaran suasana aktifitas Terminal Tirtonadi Solo terpantau sepi tidak ada kedatangan maupun keberangkatan bus antar kota antar pro
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/hp.
Warga melintas di Terminal Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah, Jumat (7/5/2021). Memasuki hari kedua pemberlakukan larangan mudik Lebaran suasana aktifitas Terminal Tirtonadi Solo terpantau sepi tidak ada kedatangan maupun keberangkatan bus antar kota antar provinsi.

Larangan mudik lebaran yang berlaku pada 6-17 Mei 2021 membuat bus-bus antar kota antar provinsi (AKAP) sepi penumpang. Kondisi ini tentu berbeda dengan sebelum pandemi Covid-19, saat periode mudik lebaran menjadi musim panen bagi perusahaan otobus.

Direktur PT Gunung Harta Transport Solution I Gede Yoyok Santoso mengatakan perusahaannya tetap mengoperasikan bus AKAP selama periode larangan mudik. Namun, jumlahnya terbatas.

Ia mengatakan, armada yang dioperasikan menyesuaikan dengan jumlah penumpang. Hingga saat ini, jumlah tiket yang terjual masih sangat sedikit.

“Selama larangan mudik, kami tetap melayani penumpang, namun penumpang yang akan melakukan perjalanan harus menunjukkan surat keterangan negatif Covid-19 dan surat keterangan melakukan perjalanan dari kantor masing-masing,” kata Yoyok kepada Katadata, Jumat (7/5).

Yoyok mengatakan, satu armada PO Gunung Harta dari terminal Pulo Gebang hari ini berangkat ke Malang, Jawa Timur, dengan hanya membawa delapan orang penumpang. Ia memastikan protokol kesehatan melalui Gerakan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun/hand sanitizer diterapkan dengan ketat dan disiplin.

Simak Databoks berikut: 

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...