Aplikasi Pesan Buatan Lokal Siap Kawal Pilpres 2019

PeSankita (PS) sudah diunduh 50 ribu kali di App Store dan Play Store.
Desy Setyowati
22 September 2018, 07:00
KPU
ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Berkaca dari kasus kebocoran data Facebook beberapa waktu lalu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara sempat mengimbau masyarakat untuk menggunakan aplikasi lokal. Salah satu yang direkomendasikan adalah PeSankita (PS), garapan perusahaan teknologi XecureIT.

CEO XecureIT Gildas Deograt Lumy mengatakan, aplikasi PS sudah diunduh 50 ribu kali di App Store dan Play Store. Bahkan, dia berencana mengembangkan fitur terkait Pemilihan Presiden (Pilpres) di aplikasi PS.

Lewat fitur itu, masyarakat bisa mengunggah calon presiden pilihannya atau crowdsource sehingga menghasilkan penghitungan secara real-time. "Kami akan pakai aplikasi mikro di PS. Jadi masyarakat bisa jadi saksi tidak sah (Pilpres)," ujarnya di Jakarta, Kamis (20/9).

Gildas menjamin isi pesan yang ada di aplikasinya terenkripsi, seperti Whatsapp. Bahkan, berdasarkan kajiannya, 98% aplikasi perpesanan masih bisa dimanipulasi datanya ketika ponsel pintar (smartphone) dicuri atau hilang.

Advertisement

Nah, PS menyediakan teknologi yaitu public server infrastruktur untuk mengatasi hal itu. "Kalau ponsel hilang, data akan masuk brankas (server) dan kuncinya hanya ada di masing-masing pengguna," kata dia.

Tak hanya itu, PS juga menggandeng perusahaan infrastruktur blockchain, Splend. Splend juga digarap oleh warga Indonesia yakni Rick Bleszynski. Gildas menyampaikan, kerja sama ini menghasilkan selusin lapisan keamanan sehingga teknologi PS sulit dibobol.

(Baca juga: Warga Indonesia Bangun Bisnis Blockchain di Sillicon Valley)

Aplikasi PS bisa dipakai antar pengguna (costumer to costumer/C2C); antar bisnis (Business to Business/B2B); perusahaan kepada pengguna (Business to Costumer/B2C); perusahaan dengan pemerintah (Business to Government/B2G); serta, antar Kementerian dan Lembaga (Government to Government/G2G).

Meski sudah dirilis sejak Juni 2017, Gildas masih menyempurnakan aplikasi ini. Alhasil, aplikasi PS secara resmi ditawarkan kepada klien seperti perusahaan dan pemerintah pada Agustus 2018. "Bank ada. Tapi butuh waktu karena konsumennya puluhan juta," ujarnya. "Salah satu kementerian juga pakai."

Untuk menggunakan aplikasi PS ini, pengguna harus melakukan registrasi dengan mencantumkan nomor telepon. Nanti PS akan mengirimkan kode verifikasi lewat SMS. Pengguna akan dihadapkan pada dua pilihan title bar, yaitu satu untuk obrolan dan lainnya daftar nomor kontak telepon. Hanya, kontak yang tercantum adalah yang sudah punya akun PS.

Secara umum, XecureIT berdiri sejak 2005. Perusahaan ini menyediakan teknologi untuk keamanan. Sudah ada 100 perusahaan dan instansi yang menggunakan jasanya, yakni di bidang pertahanan, inklusi keuangan, minyak dan gas (migas), dan transportasi. "Di luar negeri juga ada," katanya.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait