Katahui Tips Berkendara Motor Jarak Jauh Agar Aman dan Nyaman

Bagi penyuka perjalanan, berikut ini kami berikan tips berkendara motor jarak jauh agar tetap aman dan nyaman.
Image title
24 Agustus 2021, 17:55
Katahui Tips Berkendara Motor Jarak Jauh Agar Aman dan Nyaman
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Pengendara sepeda motor melintas di ruas Jalan Cadas Pangeran, Sumedang, Jawa Barat, Selasa, (10/8/2021).

Motor merupakan moda transportasi yang banyak digunakan. Tua-muda semua menggunakan alat transportasi ini. Selain untuk kebutuhan sehari-hari, motor biasanya digunakan dalam perjalanan jarak jauh. Hal ini sering dijumpai saat libur hari raya, ketika banyak perantau di ibu kota mudik ke kampung halaman menggunakan kendaraan roda dua.

Motor cenderung lebih mudah dibandingkan kendaraan bermotor lainnya. Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui cara aman berkendara sepeda motor terutama untuk jarak jauh. Maka dari itu, kami ulas mengenai tips berkendara motor jarak jauh serta efeknya.

Tips Aman Berkendara Motor Jarak Jauh

Bagi yang ingin berkendara dengan menggunakan sepeda motor, berikut ini beberapa tips aman berkendara motor jarak jauh.

1. Cek Kondisi Kendaraan

Tips pertama yakni memastikan bahwa kendaraan dalam kondisi baik. Pastikan semua bagian motor berfungsi. Akan lebih baik jika Anda membawa suku cadang yang diperlukan selama di perjalanan.

2. Kenakan Perlengkapan Keselamatan

Tips ini sebenarnya belaku untuk berkendara jarak jauh atau pun jarak pendek. Perlengkapan keamanan yang harus digunakan yaitu masker, helm, jaket, sarung tangan, sepatu, celana panjang, dan pakaian yang nyaman.

3. Jaga Jarak dengan Pengendara Lain

Dalam berkendara anda juga harus memperhatikan jarak dengan pengendara lain. Dengan menjaga jarak, risiko kecelakaan bisa diminimalisasi. Langkah untuk menjaga jarak bisa dilakukan jika kecepatan berkendara diatur dengan baik.

4. Fokus dalam Berkendara

Tips berikutnya yaitu harus fokus. Perjalanan jarak jauh membutuhkan waktu yang lama dan menguras energi. Untuk itu harus menjaga stamina agar tetap fokus. Jika merasa lelah saat berkendara, beristirahatlah terlebih dahulu di rest area.

5. Patuhi Rambu Lalu Lintas

Mematuhi peraturan lalu lintas merupakan keharusan baik berkendara jarak jauh atau jarak dekat. Dengan mematuhi rambu lalu lintas, Anda tidak hanya menjaga keselamatan diri sendiri tetapi juga menjaga keselamatan orang lain.

Tips Berkendara Jarak Jauh dengan Motor Matic

Jenis motor saat ini semakin beragam, salah satunya motor matic. Motor ini nyaman untuk digunakan dan mudah. Namun saat berkendara jarak jauh dengan motor matic ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Melansir dari laman astramotor.co.id, berikut ini tips berkendara jarak jauh dengan motor matic.

1. Cek Kondisi Belt CVT

Belt CVT (Continous Variable Transmission) merupakan komponen penting di motor matic. Sebelum melakukan perjalanan, pastikan belt CVT dalam kondisi yang baik. Belt ini biasanya mengalami penurunan standar jika terlalu lama dipakai tanpa perawatan yang rutin. Belt yang sudah tidak sesuai standar akan mengurangi kenyamanan berkendara dan berisiko menyebabkan kecelakaan.

2. Cek Kondisi Ban

Tidak hanya di motor matic, ban memang menjadi komponen pada kendaraan bermotor yang sangat penting. Namun karena anda hendak berkendara jarak jauh maka kondisi ban yang bagus harus diperhatikan. Jika ban sudah halus, sebaiknya ganti dengan ban baru. Dan pastikan juga ban terisi angin sesuai dengan standar.

3. Periksa Rem

Tips berkendara jarak jauh dengan motor matic selanjutnya yakni pastikan rem kendaraan anda berfungsi dengan baik. Lihat kondisi minyak rem dan kampas, pastikan keduanya dalam kondisi yang baik. Segera lakukan perbaikan jika terjadi kerusakan.

4. Cek Fungsi Lampu

Lampu juga menjadi bagian dari motor lainnya yang harus diperhatikan. Bukan tidak mungkin anda akan berkendara di malam hari, maka dari itu lampu yang terang menjadi cara untuk menghindari kecelakaan.

5. Mengenakan Keamanan Berkendara yang Sesuai Standar

Kondisi motor yang prima juga harus diimbangi dengan keamanan berkendara seperti helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, masker, dan sepatu yang nyaman dan sesuai standar. Selain keamanan dalam berkendara, selama perjalanan jarak jauh anda juga harus membawa bekal berupa makanan, minuman, dan obat-obatan untuk diperjalanan.

Efek Naik Motor Jarak Jauh

Kita semua setuju bahwa berkendara jarak jauh memang melelahkan. Maka dari itu memastikan seluruh perlengkapan dan perbekalan terpenuhi merupakan sebuah keharusan. Namun apakah Anda tahu bahwa efek naik motor jarak jauh ternyata kurang baik untuk kesehatan. Apa saja dampaknya berikut ini penjelasannya.

1. Terpapar Polusi

Dalam berkendara jarak jauh di jalan raya tentu saja anda akan terpapar asap, debu, dan sinar matahari dalam waktu yang lama. Hal tersebut ternyata kurang baik untuk kesehatan. Maka dari itu, untuk mengantisipasi efek dari polusi Anda harus menerapkan tips berkendara motor jarak jauh dengan mengenakan masker dan perlengkapan berkendara lain sesuai standar.

2. Bepotensi Menurunkan Kualitas Sperma

Dr. Alberta Jesslyn Gunandri, BMedSC Hons dalam laman klikdokter.com menjelaskan bahwa berkendara sepeda motor dengan mengenakan celana jeans ketat dan sadel yang tidak tepat dalam waktu yang lama diduga bisa menurunkan kualitas sperma. Maka, saat anda hendak melakukan perjalanan jarak jauh pastikan anda mengenakan celana dengan bahan nyaman dan sejuk serta pastikan bahwa sadel motor anda nyaman saat ditunggangi.

3. Menimbulkan Rasa Lelah dan Kantuk

Efek naik motor jarak jauh lainnya menurut dr. Alberta Jesslyn Gunandri, BMedSC Hons yakni bisa menyebabkan rasa lelah dan kantuk. Tentulelah dan kantuk ini sangat berbahaya bagi orang yang sedang berkendara. Untuk mencegah hal tersebut, dokter ahli tersebut juga memberikan beberapa saran seperti istirahat jika mulai merasa lelah, ajak teman saat berkendara, sesekali buka kaca helm, dan kunyah permen karet untuk meningkatkan konsentrasi.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait