Katahui Tips Berkendara Motor Jarak Jauh Agar Aman dan Nyaman

Siti Nur Aeni
24 Agustus 2021, 17:55
Katahui Tips Berkendara Motor Jarak Jauh Agar Aman dan Nyaman
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Pengendara sepeda motor melintas di ruas Jalan Cadas Pangeran, Sumedang, Jawa Barat, Selasa, (10/8/2021).

Motor merupakan moda transportasi yang banyak digunakan. Tua-muda semua menggunakan alat transportasi ini. Selain untuk kebutuhan sehari-hari, motor biasanya digunakan dalam perjalanan jarak jauh. Hal ini sering dijumpai saat libur hari raya, ketika banyak perantau di ibu kota mudik ke kampung halaman menggunakan kendaraan roda dua.

Motor cenderung lebih mudah dibandingkan kendaraan bermotor lainnya. Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui cara aman berkendara sepeda motor terutama untuk jarak jauh. Maka dari itu, kami ulas mengenai tips berkendara motor jarak jauh serta efeknya.

Tips Aman Berkendara Motor Jarak Jauh

Bagi yang ingin berkendara dengan menggunakan sepeda motor, berikut ini beberapa tips aman berkendara motor jarak jauh.

1. Cek Kondisi Kendaraan

Tips pertama yakni memastikan bahwa kendaraan dalam kondisi baik. Pastikan semua bagian motor berfungsi. Akan lebih baik jika Anda membawa suku cadang yang diperlukan selama di perjalanan.

2. Kenakan Perlengkapan Keselamatan

Tips ini sebenarnya belaku untuk berkendara jarak jauh atau pun jarak pendek. Perlengkapan keamanan yang harus digunakan yaitu masker, helm, jaket, sarung tangan, sepatu, celana panjang, dan pakaian yang nyaman.

3. Jaga Jarak dengan Pengendara Lain

Dalam berkendara anda juga harus memperhatikan jarak dengan pengendara lain. Dengan menjaga jarak, risiko kecelakaan bisa diminimalisasi. Langkah untuk menjaga jarak bisa dilakukan jika kecepatan berkendara diatur dengan baik.

4. Fokus dalam Berkendara

Tips berikutnya yaitu harus fokus. Perjalanan jarak jauh membutuhkan waktu yang lama dan menguras energi. Untuk itu harus menjaga stamina agar tetap fokus. Jika merasa lelah saat berkendara, beristirahatlah terlebih dahulu di rest area.

5. Patuhi Rambu Lalu Lintas

Mematuhi peraturan lalu lintas merupakan keharusan baik berkendara jarak jauh atau jarak dekat. Dengan mematuhi rambu lalu lintas, Anda tidak hanya menjaga keselamatan diri sendiri tetapi juga menjaga keselamatan orang lain.

Tips Berkendara Jarak Jauh dengan Motor Matic

Jenis motor saat ini semakin beragam, salah satunya motor matic. Motor ini nyaman untuk digunakan dan mudah. Namun saat berkendara jarak jauh dengan motor matic ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Melansir dari laman astramotor.co.id, berikut ini tips berkendara jarak jauh dengan motor matic.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...