Jangan Takut Kalah Saing, Ini Contoh CV Fresh Graduate

Image title
3 September 2021, 16:25
Fresh graduate.
ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/rwa.
Fresh graduate.

Contoh CV fresh graduate merupakan sesuatu yang dicari-cari lulusan baru atau mahasiswa semester akhir guna mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Sebagai individu tanpa pengalaman kerja, bukan berarti kesempatan untuk diterima di suatu perusahaan lantas tidak ada.

Bagi sebagian fresh graduate, bersaing dengan pelamar berpengalaman bukan perkara mudah. Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), tercatat angka pengangguran di Indonesia per Februari 2021 naik menjadi 8,75 juta orang. Sebanyak 11,45% lulusan SMK,  8,55% lulusan SMA, 6,97% lulusan universitas, dan Diploma sebesar 6,61%

Walau begitu, ada banyak pertimbangan perusahaan untuk memilih lulusan baru ketimbang yang sudah berpengalaman, di antaranya kemampuan fresh graduate untuk belajar dan beradaptasi memungkinkan perusahaan membentuk mereka sesuai dengan yang diharapkan. Lulusan baru juga haus akan pengetahuan dan punya potensi berkembang bersama perusahaan.

Selain itu, fresh graduate cenderung loyal dan punya semangat kerja yang tinggi, lebih melek teknologi, punya ide-ide kreatif dan segar yang bisa jadi membuat sistem kerja perusahaan jadi lebih efektif dan efisien. Pengeluaran perusahaan lebih rendah bila menerima lulusan baru, dan mereka cenderung netral apabila terjadi konflik dalam perusahaan.

Kendati demikian, bukan berarti proses melamar kerja bisa dilakukan begtu saja tanpa persiapan. Curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup jadi salah satu lampiran kerja yang perlu dilengkapi dengan baik, bila perlu dipermak sedemikian rupa agar mendapat kesan pertama yang baik dari Human Resource Development (HRD) perusahaan.

Ada beberapa hal pokok yang perlu dicantumakan di dalam CV, yaitu:

1. Tulis identitas diri

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika membuat CV adalah menulis data diri dengan benar dan sejujur-jujurnya. Pada bagian identitas diri, fresh graduate bisa mengisinya dengan nama lengkap, usia, tempat dan tanggal lahir, alamat sesuai KTP, alamat saat ini, nomor telepon, alamat email, hingga akun sosial media aktif.

Selain menjabarkannya per poin, beberapa pelamar banyak yang mengawali CV dengan ringkasan profil berbentuk paragraf singkat yang memuat minat hingga kemampuan kerja yang berhubungan dengan posisi yang dilamar.

2. Informasi pendidikan

Riwayat pendidikan juga menjadi salah satu poin penting dalam CV. Fresh graduate bisa mencantumkan riwayat pendidikan urut mulai dari SD, SMP, SMA, hingga jenjang universitas. Bisa juga memulainya dengan pendidikan terakhir terlebih dahulu. Jangan lupa cantumkan jangka waktu mengemban tiap jenjang pendidikan, jurusan yang diambil, dan IPK sebagai nilai plus perusahaan.

Apabila pernah menempuh pendidikan informal, bisa juga dimasukan dalam riwayat pendidikan.

3. Pengalaman organisasi

Tuliskan pengalaman organisasi yang pernah diikuti. Deskripsikan secara detail organisasi apa yang pernah diikuti, jabatan apa yang pernah diduduki, serta berapa lama masa bakti Anda dalam organisasi. Pengalama organisasi bisa jadi nilai tambah bagi perusahaan, terlebih jika posisi yang ditempati posisi yang punya peranan besar dalam operasional organisasi.

Fresh graduate juga bisa mecantumkan unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang pernah diikuti, kegiatan voulenteer, karya ilmiah, dan hal-hal lain yang dilakukan baik dalam lingkup universitas maupun di luar universitas.

4. Seminar dan workshop

Fresh graduate bisa melengkapi CV dengan kegiatan seminar dan workshop yang pernah diikuti. Jangan lupa, tuliskan tema, tahun kegiatan, serta pemateri kegiatan.

Kalau pernah menjadi pengisi materi, bisa juga dimasukan dalam CV. Jelaskan, materi apa yang disampaikan, siapa penyelenggaranya, tahun kegiatan, dan lain-lain.

5. Keahlian pribadi dan capaian/ prestasi/ penghargaan

Lampirkan keahlian pribadi yang dimiliki yang mampu menunjang pekerjaan. Tulis juga kualifikasi khusus yang dimiliki dan capaian yang pernah diraih berkat kemampuan tersebut. Untuk skill atau keahlian, bisa dibagi menjadi soft skill dan hard skill, kemudian urut dari yang paling dikuasai.

Tulis capaian dan penghargaan khusus yang pernah Anda raih. Rincikan capain tersebut dalam bidang apa, tahun berapa, dan seberapa besar pengaruhnya.

Prestasi yang pernah diraih bisa jadi nilai unggul di mata HRD. Hal ini juga bisa menunjukan sedikit sisi karakter fresh graduate dalam berorganisasi atau bekerja dalam tim.

6. Singkat, padat, dan jelas

Sebisa mungkin tulis riwayat hidup Anda secara singkat, padat, dan jelas. Gunakan kata-kata yang baik, efisien, dan tidak bertele-tele. Sebisa mungkin hindari menulis hal-hal yang tidak penting atau tidak berkaitan langsung dengan pekerjaan yang Anda incar. Tulis setiap riwayat dengan runut sesuai tanggal dan tidak acak.

Satu hal terpenting dalam menulis CV, yaitu kejujuran. Tulis informasi pribadi dalam CV dengan sebenar-benarnya, tidak mengarang, sehingga bisa dijelaskan secara lebih rinci pada sesi wawancara.

Berikut contoh CV fresh graduate:

CV fresh graduate: Sumber: ResumeLab

***

Sherry Dantas

Programmer

Personal Info

Phone: 218-395-4287

Email: [email protected]

Portfolio: www.sherrydantas.com

linkedin.com/in/sherryzdantas

twitter.com/sherryzdantas

Summary

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...