Presiden Jokowi Lepas Rombongan Kirab Merah Putih di Istana Negara

Rezza Aji Pratama
28 Agustus 2022, 08:38
Bendera Merah putih
Youtube Polri TV

Presiden Joko Widodo didampingi oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit dan Habib Luthfi bin Yahya melepas rombongan kirab pengibar bendera merah putih pada Minggu pagi (28/8) di depan Istana Negara.

Rombongan yang terdiri dari berbagai elemen bangsa ini mengusung bendera merah putih sepanjang 1,7 kilometer. Mereka membawa bendera itu dengan berjalan kaki dari Istana Negara ke kawasan Monas sampai Bundaran Hotel Indonesia.

“Dengan ini saya nyatakan kirab bendera merah putih resmi diberangkatkan,” kata Presiden, sembari mengibarkan bendera putih sebagai aba-aba kirab dimulai.

Dalam sambutannya, Habib Luthfi bin Yahya menghimbau masyarakat harus menjaga tegaknya merah putih sebagai bentuk kontribusi terhadap para pahlawan bangsa. Menurutnya, kirab ini diselenggarakan untuk membangkitkan kembali rasa memiliki terhadap Tanah Air Indonesia. “Kita harus menjaga NKRI harga mati,” katanya.

Kegiatan pembentangan bendera Merah Putih digelar sejak pukul 07.00 WIB hingga 09.00. Acara ini akan dipusatkan di kawasan Bundaran HI di mana panggung hiburan sudah disediakan untuk menghibur masyarakat. 

"Indonesia sebagai negara yang kaya akan budaya, beraneka ragam suku bangsa, memiliki ribuan bahasa, tapi perbedaan bukanlah suatu halangan, untuk terus menjunjung persatuan, hal itulah yang menjadi semangat lintas elemen menggelar kegiatan kirab merah putih ini," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangannya, Sabtu (27/8/2022).

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...