Presiden Jokowi Lepas Rombongan Kirab Merah Putih di Istana Negara

Rombongan kirab mengibarkan bendera merah putih sepanjang 1.700 meter dengan berjalan dari Istana Negara ke Bundaran HI.
Rezza Aji Pratama
28 Agustus 2022, 08:38
Bendera Merah putih
Youtube Polri TV

Presiden Joko Widodo didampingi oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit dan Habib Luthfi bin Yahya melepas rombongan kirab pengibar bendera merah putih pada Minggu pagi (28/8) di depan Istana Negara.

Rombongan yang terdiri dari berbagai elemen bangsa ini mengusung bendera merah putih sepanjang 1,7 kilometer. Mereka membawa bendera itu dengan berjalan kaki dari Istana Negara ke kawasan Monas sampai Bundaran Hotel Indonesia.

“Dengan ini saya nyatakan kirab bendera merah putih resmi diberangkatkan,” kata Presiden, sembari mengibarkan bendera putih sebagai aba-aba kirab dimulai.

Dalam sambutannya, Habib Luthfi bin Yahya menghimbau masyarakat harus menjaga tegaknya merah putih sebagai bentuk kontribusi terhadap para pahlawan bangsa. Menurutnya, kirab ini diselenggarakan untuk membangkitkan kembali rasa memiliki terhadap Tanah Air Indonesia. “Kita harus menjaga NKRI harga mati,” katanya.

Advertisement

Kegiatan pembentangan bendera Merah Putih digelar sejak pukul 07.00 WIB hingga 09.00. Acara ini akan dipusatkan di kawasan Bundaran HI di mana panggung hiburan sudah disediakan untuk menghibur masyarakat. 

"Indonesia sebagai negara yang kaya akan budaya, beraneka ragam suku bangsa, memiliki ribuan bahasa, tapi perbedaan bukanlah suatu halangan, untuk terus menjunjung persatuan, hal itulah yang menjadi semangat lintas elemen menggelar kegiatan kirab merah putih ini," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangannya, Sabtu (27/8/2022).

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait