Cara Mengkonsumsi Bunga Telang dan Manfaatnya untuk Tubuh

Bunga Telang atau Clitoria ternatea L memiliki beragam mafaat untuk tubuh. Bunga ini bisa dijadikan minuman seperti teh untuk kesehatan dan perawatan kulit. Berikut manfaat dan cara konsumsinya.
Dwi Latifatul Fajri
15 Oktober 2021, 13:50
Bunga Telang
pixabay/wiethase

Bunga Telang (Clitoria ternatea L.) memiliki warna biru cerah yang khas. Bunga ini bisa disajikan kering, segar, atau hiasan di halaman rumah.

Ternyata bunga telang memiliki manfaat bagi kesehatan. Tak hanya bunga, bagian seperti akar, daun biji, memiliki khasiat untuk tubuh. Bagian bunga menjadi pengobatan tradisional di beberapa negara seperti India, Pakistan, Sudan, Karibia, Ghana, dan Filiphina.

Di India telang dipakai untuk mengobati insomnia, asma, maag, demam, dan sakit kepala. Di Myanmar, bunga telang dicampur susu untuk menyembuhkan sakit mata. Sementara di Arab Saudi bunga ini dipakai untuk penyembuhan liver atau hati.

Manfaat Bunga Telang untuk Wajah

Bunga telang
Bunga telang (Ganesh balasubramanyam/Pixabay)

 

Bunga Telang ternyata bisa digunakan untuk produk perawatan wajah atau kulit. Penelitian ini dilakukan mahasiswa UNAIR yang berhasil menciptakan skin care atau perawatan kulit alami dari bunga telang.

Mengutip dari news.unair.ac.id, kelompok mahasiswa ini berhasil lolos pendanaan di Pekan Kewirausahaan Mahasiswa Vokasi (PKMV) 2021. Mereka mengikuti ide wirausaha dan pengembangan bisnis. Mereka menamai skincare bernama TERENCE (Telang Elegance Skincare).

Mahasiswa ini tengah menguji proses pembuatan dan uji iritasi produk. Bunga Telang digunakan untuk senyawa antioksidan dan antosianin yang bisa dipakai semua kulit. Senyawa antosianin bermanfaat untuk mencerahkan kulit, melembabkan kulit, dan menghaluskan kulit.

Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Di Indonesia, khususnya Betawi, khasiat bunga telang digunakan untuk membuat jernih mata bayi. Dari jurnal "Tinjauan Manfaat Bunga Telang (Clitoria Ternatea L) Bagi Kesehatan Manusia" tahun 1950-an tanaman telang sudah dipakai untuk penelitian ilmiah.

Beberapa penelitian menemukan bunga telang dipakai sebagai obat diuretik alami. Berikut manfaat bunga telang untuk kesehatan tubuh dan mental:

1. Mengurangi depresi

Depresi adalah penyakit mental yang bisa berpengaruh pada perasaan, kesehatan fisik, dan perilaku. Penyakit ini dapat mengganggu emosional seseorang.

Ternyata bunga telang bisa mengurangi depresi, stress, dan kesehatan mental. Bagian mahkota bunga mengandung flavonoid yang memiliki pengaruh untuk mengurangi depresi.

2. Produk perawatan kulit

Antioksidan bisa mengelola stress pada sistem tubuh. Selain itu senyawa ini bisa menangkap radikal bebas. Sebagian besar peneliti menemukan bunga telang bisa mengurangi radikal bebas lebih banyak dibanding vitamin C.

Ekstrak bunga telang bisa melindungi sel-sel kulit, mengurangi dampak sinar ultraviolet di kulit. Ekstrak bunga ini potensial untuk dikembangkan menjadi kosmetik yang bisa memperlambat penuaan kulit.

3. Anti bakteri

Ekstra daun dan akar telang dapat menghambat bakteri yang masuk dalam tubuh. Beberapa penelitian menemukan ekstrak daun memiliki aktivitas antibakteri E. coli dan Vibrio cholera. Kedua bakteri tersebut bisa menyebabkan penyakit disentri.

4. Obat cacing alami

Bunga telang mengandung Antelmintik. Senyawa ini bekerja untuk mengeluarkan cacing pada sistem pencernaan. Dalam jurnal "Kembang Telang (Clitoria ternatea L.): Pemanfaatan dan Bioaktivitas" infeksi cacing di Indonesia sangat tinggi berkisar antara 45% sampai 80%.

Clitoria ternatea masuk dalam tumbuhan yang berpotensi mengobati penyakit cacing. Kandungan tinggi Antelmintik bisa mematikan cacing sangat singkat. Senyawa ini bisa ditemukan di bagian akar, batang, daun, dan bunga telang.

5. Mencegah penyakit kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia. Penelitian yang dilakukan untuk menguji bunga telang, ternyata bisa mengobati penyakit kanker. Sifat antikanker di bunga ini bisa menghambat dan menekan pertumbuhan sel kanker.

Kandungan flavonoid dan kaempferol bisa menjadi obat herbal. Senyawa anti proliferasi bisa menghambat perkembang biakan sel kanker.

6. Mencegah diabetes

Beberapa penelitian menemukan ekstrak daun bunga telang bisa menjadi terapi untuk pengobatan diabetes. Bagian daun bisa menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan insulin dalam tubuh.

7. Meningkatkan kesehatan mata

Bunga telang bisa membantu meningkatkan kesehatan mata. Caranya dengan meningkatkan aliran darah di kapiler mata. Manfaat lain bunga telang bisa memperbaiki penglihatan kabur, menenangkan mata yang berair, dan mencegah katarak.

8. Meredakan asma

Bunga telang mengandung anti inflamasi yang bisa mengurangi peradangan, produksi lendir, dan pembengkakan di saluran udara penderita asma.

9. Meningkatkan memori otak

Dalam penelitian yang diterbitkan “Pharmaceutical Biology” tahun 2000, bunga telang dipakai untuk meningkatkan memori otak. Kandungan asetilkolin pada bunga ini berperan penting untuk pembelajaran, kewaspadaan, dan perhatian pada memori otak.

10. Mencegah peradangan

Inflamasi atau peradangan adalah cara tubuh melindungi diri untuk menghilangkan rangsangan bahaya. Misalnya sel-sel yang rusak, iritasi, dan patogen yang memulai proses penyembuhan.

Bunga telang mengandung anti inflamasi yang bisa mengurangi peradangan. Antiinflamasi ini punya kemampuan analgesik untuk menghambat sinyal nyeri ke otak.

Cara Mengkonsumsi Bunga Telang

1. Air bunga telang untuk mata

Bunga telang bisa mengurangi radang mata dan meningkatkan kemampuan penglihatan. Mengutip dari ukesma.ukm.ugm.ac.id, caranya celupkan beberapa bunga telang pada air yang mendidih. Tunggu selama beberapa menit hingga air hasil celupan berwarna bunga telang.

Setelah itu pisahkan bunga telang dan air yang mendidih. Tunggu sampai hangat. Kemudian air hasil celupan daun telang itu diteteskan beberapa kali di bagian mata.

2. Cara membuat teh bunga telang

Memiliki beragam manfaat, bunga telang bisa dijadikan minuman teh. Bahan yang diperlukan yaitu kelopak bunga telang kering, buah lemon, madu, dan es jika ingin dibuat dingin. Teh bunga telang bisa diminum tiga kali sehari.

Cara membuatnya teh bunga telang yaitu:

  • Rebus air panas dan tuang ke dalam gelas atau cangkir.
  • Masukkan beberapa bunga telang kering, dan tunggu beberapa menit. Tunggu sampai air berwarna biru seperti bunga terang.
  • Setelah warna bunga luntur dalam air, saring air dalam gelas yang baru.
  • Jika ingin rasanya manis, tambahkan madu secukupnya lalu aduk merata. Anda bisa menambahkan lemon untuk perasa asam.
  • Tambahkan es batu jika anda ingin teh bunga telang dingin.

Anda juga bisa membuat minuman dari berbagai bahan misal jeruk nipis, susu, jahe, dan kayu manis. Minuman ini bisa dinikmati ketika pagi hari untuk menghangatkan tubuh. Anda juga bisa menikmati ketika siang hari menjadi es teh bunga telang.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait