Cara Mengkonsumsi Bunga Telang dan Manfaatnya untuk Tubuh

Dwi Latifatul Fajri
15 Oktober 2021, 13:50
Bunga Telang
pixabay/wiethase

Bunga Telang (Clitoria ternatea L.) memiliki warna biru cerah yang khas. Bunga ini bisa disajikan kering, segar, atau hiasan di halaman rumah.

Ternyata bunga telang memiliki manfaat bagi kesehatan. Tak hanya bunga, bagian seperti akar, daun biji, memiliki khasiat untuk tubuh. Bagian bunga menjadi pengobatan tradisional di beberapa negara seperti India, Pakistan, Sudan, Karibia, Ghana, dan Filiphina.

Di India telang dipakai untuk mengobati insomnia, asma, maag, demam, dan sakit kepala. Di Myanmar, bunga telang dicampur susu untuk menyembuhkan sakit mata. Sementara di Arab Saudi bunga ini dipakai untuk penyembuhan liver atau hati.

Manfaat Bunga Telang untuk Wajah

Bunga telang
Bunga telang (Ganesh balasubramanyam/Pixabay)

Bunga Telang ternyata bisa digunakan untuk produk perawatan wajah atau kulit. Penelitian ini dilakukan mahasiswa UNAIR yang berhasil menciptakan skin care atau perawatan kulit alami dari bunga telang.

Mengutip dari news.unair.ac.id, kelompok mahasiswa ini berhasil lolos pendanaan di Pekan Kewirausahaan Mahasiswa Vokasi (PKMV) 2021. Mereka mengikuti ide wirausaha dan pengembangan bisnis. Mereka menamai skincare bernama TERENCE (Telang Elegance Skincare).

Mahasiswa ini tengah menguji proses pembuatan dan uji iritasi produk. Bunga Telang digunakan untuk senyawa antioksidan dan antosianin yang bisa dipakai semua kulit. Senyawa antosianin bermanfaat untuk mencerahkan kulit, melembabkan kulit, dan menghaluskan kulit.

Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Di Indonesia, khususnya Betawi, khasiat bunga telang digunakan untuk membuat jernih mata bayi. Dari jurnal "Tinjauan Manfaat Bunga Telang (Clitoria Ternatea L) Bagi Kesehatan Manusia" tahun 1950-an tanaman telang sudah dipakai untuk penelitian ilmiah.

Beberapa penelitian menemukan bunga telang dipakai sebagai obat diuretik alami. Berikut manfaat bunga telang untuk kesehatan tubuh dan mental:

1. Mengurangi depresi

Depresi adalah penyakit mental yang bisa berpengaruh pada perasaan, kesehatan fisik, dan perilaku. Penyakit ini dapat mengganggu emosional seseorang.

Ternyata bunga telang bisa mengurangi depresi, stress, dan kesehatan mental. Bagian mahkota bunga mengandung flavonoid yang memiliki pengaruh untuk mengurangi depresi.

2. Produk perawatan kulit

Antioksidan bisa mengelola stress pada sistem tubuh. Selain itu senyawa ini bisa menangkap radikal bebas. Sebagian besar peneliti menemukan bunga telang bisa mengurangi radikal bebas lebih banyak dibanding vitamin C.

Ekstrak bunga telang bisa melindungi sel-sel kulit, mengurangi dampak sinar ultraviolet di kulit. Ekstrak bunga ini potensial untuk dikembangkan menjadi kosmetik yang bisa memperlambat penuaan kulit.

3. Anti bakteri

Ekstra daun dan akar telang dapat menghambat bakteri yang masuk dalam tubuh. Beberapa penelitian menemukan ekstrak daun memiliki aktivitas antibakteri E. coli dan Vibrio cholera. Kedua bakteri tersebut bisa menyebabkan penyakit disentri.

4. Obat cacing alami

Bunga telang mengandung Antelmintik. Senyawa ini bekerja untuk mengeluarkan cacing pada sistem pencernaan. Dalam jurnal "Kembang Telang (Clitoria ternatea L.): Pemanfaatan dan Bioaktivitas" infeksi cacing di Indonesia sangat tinggi berkisar antara 45% sampai 80%.

Clitoria ternatea masuk dalam tumbuhan yang berpotensi mengobati penyakit cacing. Kandungan tinggi Antelmintik bisa mematikan cacing sangat singkat. Senyawa ini bisa ditemukan di bagian akar, batang, daun, dan bunga telang.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...