5 Rumah Adat Indonesia Paling Populer

Image title
15 Oktober 2021, 18:26
Berikut 5 Rumah Adat Indonesia Paling Populer
jakarta-tourism.go.id
Rumah adat Betawi adalah Rumah Kebaya yang berasal dari Provinsi DKI Jakarta

Salah satu ciri khas keberagaman tradisi dan budaya Indonesia adalah banyaknya rumah adat yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Rumah adat tersebut menjadi corak penanda dari masing-masing wilayah karena memiliki ciri khas yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Mengutip buku "Rumah Untuk Seluruh Rakyat" yang ditulis oleh Siswono Yudohusodo, rumah adat berarti rumah yang dibangun dengan cara yang sama dari generasi kegenerasi dan tanpa atau dikit sekali mengalami perubahan.

Advertisement

Rumah adat juga bisa diartikan sebagai rumah yang dibangun dengan memperhatikan kegunaan, serta fungsi sosial dan arti budaya dibalik corak atau gaya bangunan.

Rumah adat yang merupakan karya para leluhur menjadi komponen penting dari unsur fisik cerminan budaya dan kecenderungan sifat budaya yang terbentuk dari tradisi dalam masyarakat. Selain itu juga menjadi lambang cara hidup, ekonomi dan lain-lain dari suatu komponen masyarakat.

Banyaknya adat dan budaya di Indonesia membuat banyaknya ragam rumah adat yang berbeda-beda. Mengutip berbagai sumber, Berikut lima rumah adat Indonesia yang cukup populer:

1. Rumah Krong Bade dari Aceh

Rumah adat Indonesa paling populer pertama dipegang oleh rumah Krong Bade. Rumah adat Aceh berbentuk persegi panjang dan memanjang dari timur ke barat. Rumah ini memiliki tangga di depan rumah yang berfungsi untuk masuk ke bagian dalam. Tinggi tangga tersebut sekitar 2,5–3 meter dari permukaan tanah. Pada umumnya, anak tangga rumah krong bade berjumlah ganjil sekitar 7-9 anak tangga.

2. Rumah Gadang dari Sumatera Barat

Rumah Gadang menjadi rumah adat paling populer di Indonesia yang mudah ditemukan di hampir penjuru Sumatera Barat. Namun tidak semua wilayah bisa berstatus adat Rumah Gadang. Hanya kawasan yang sudah memiliki status sebagai nagari saja Rumah Gadang ini boleh didirikan. Begitu juga pada kawasan yang disebut dengan rantau, rumah adat ini juga dahulunya tidak ada yang didirikan oleh para perantau Minangkabau.

Secara fungsi, Rumah Gadang terdiri atas beberapa ruangan yang bergantung kepada jumlah perempuan yang tinggal di dalamnya. Setiap perempuan dalam kaum tersebut yang telah bersuami memperoleh sebuah kamar. Sementara perempuan tua dan anak-anak memperoleh tempat di kamar dekat dapur. Gadis remaja memperoleh kamar bersama di ujung yang lain.

Desain Rumah Gadang memiliki filosofi yang dianut oleh dua golongan dalam adat Minangkabau. Golongan pertama menganut prinsip pemerintahan yang hierarki menggunakan anjung yang memakai tongkat penyangga.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement