Keistimewaan Black Card, Kartu Kredit Eksklusif bagi Kalangan Tertentu

Image title
3 Desember 2021, 15:25
Tampilan Black Card
Shutterstock
Tampilan Black Card

Black card adalah kartu kredit eksklusif dengan syarat tertentu untuk memilikinya. Istilah black card umumnya mengacu pada kartu kredit The American Express Centurion Card atau dikenal dengan Amex Black Card. Tetapi, kini black card lebih dikenal karena tampilannya yang berwarna hitam dan eksklusivitasnya.

Tidak sembarang orang mendapatkan black card, American Express secara khusus mengundang orang-orang tertentu. Oleh sebab itu, black card menjadi simbol prestise yang dimiliki kalangan elit dengan penghasilan tinggi.

Cara Mendapatkan Black Card

Melansir Forbes, American Express (Amex) tidak pernah merilis persyaratan resmi untuk mendapatkan black card. Meski demikian, jumlah minimum dari kombinas kekayaan bersih dan pengeluaran diperlukan untuk mendapatkan black card.

Laporan anekdotal menemukan bahwa black card ditujukan untuk pembelanja terbesar yang secara rutin menghabiskan lebih dari US$250.000 setahun atau setara dengan Rp3,60 miliar.

Selain itu, ada biaya inisiasi sebesar US$10.000 dan biaya tahunan sebesar US$5.000. Manfaat black card meliputi status maskapai dengan Delta, akses ruang tunggu bandara yang luas dan mencakup Priority Pass, serta American Express Centurion Lounge dan kredit biaya maskapai.

Meskipun Amex tidak merilis persyaratannya, orang yang tertarik dapat mengisi formulir untuk menjadi bahan pertimbangan Amex dalam mengirim invitasi black card.

Macam-macam Black Card di Dunia

Tak hanya Amex, beberapa perusahaan layanan kartu kredit lain juga merilis black card eksklusif. Bersumber dari GOBankingRates, berikut macam-macam black card di seluruh dunia.

1. Dubai First Royale Mastercard

Dubai First Royale Mastercard disebut-sebut sebagai black card paling eksklusif di dunia. Menurut Dubai First, ada sekitar 58.000 multimiliuner yang tinggal di Uni Emirat Arab. Tetapi, penghasilan saja tidak cukup untuk mendapatkan black card ini.

Kartu kredit ini hanya tersedia melalui undangan untuk orang dengan penghasilan tinggi. Tepi kartu Dubai First Royale Mastercard dilapisi emas asli dengan berlian 0,325 karat di tengahnya. Jumlah pemilik black card ini tidak diketahui. Tetapi, diperkirakan ada sekitar 200 orang di seluruh dunia.

Persyaratan resmi untuk mendapatkan kartu ini tidak dipublikasi. Namun, diperkirakan biaya tahunan yang dibutuhkan mencapai  US$2.000 atau setara dengan Rp28,84 juta. Tidak ada batasan dalam penggunaannya. Bahkan, batas kartu akan berubah berdasarkan kebiasaan belanja individu.

2. HSBC Premier World Elite Mastercard

HSBC Premier World Elite Mastercard merupakan black card khusus untuk penduduk Kanada. Kartu kredit ini menawarkan beragam keuntungan perjalanan, asuransi komprehensif, dan penawaran premium lainnya.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...