Keistimewaan Black Card, Kartu Kredit Eksklusif bagi Kalangan Tertentu

Image title
3 Desember 2021, 15:25
Tampilan Black Card
Shutterstock
Tampilan Black Card

Black card adalah kartu kredit eksklusif dengan syarat tertentu untuk memilikinya. Istilah black card umumnya mengacu pada kartu kredit The American Express Centurion Card atau dikenal dengan Amex Black Card. Tetapi, kini black card lebih dikenal karena tampilannya yang berwarna hitam dan eksklusivitasnya.

Tidak sembarang orang mendapatkan black card, American Express secara khusus mengundang orang-orang tertentu. Oleh sebab itu, black card menjadi simbol prestise yang dimiliki kalangan elit dengan penghasilan tinggi.

Cara Mendapatkan Black Card

Melansir Forbes, American Express (Amex) tidak pernah merilis persyaratan resmi untuk mendapatkan black card. Meski demikian, jumlah minimum dari kombinas kekayaan bersih dan pengeluaran diperlukan untuk mendapatkan black card.

Laporan anekdotal menemukan bahwa black card ditujukan untuk pembelanja terbesar yang secara rutin menghabiskan lebih dari US$250.000 setahun atau setara dengan Rp3,60 miliar.

Selain itu, ada biaya inisiasi sebesar US$10.000 dan biaya tahunan sebesar US$5.000. Manfaat black card meliputi status maskapai dengan Delta, akses ruang tunggu bandara yang luas dan mencakup Priority Pass, serta American Express Centurion Lounge dan kredit biaya maskapai.

Meskipun Amex tidak merilis persyaratannya, orang yang tertarik dapat mengisi formulir untuk menjadi bahan pertimbangan Amex dalam mengirim invitasi black card.

Macam-macam Black Card di Dunia

Tak hanya Amex, beberapa perusahaan layanan kartu kredit lain juga merilis black card eksklusif. Bersumber dari GOBankingRates, berikut macam-macam black card di seluruh dunia.

1. Dubai First Royale Mastercard

Dubai First Royale Mastercard disebut-sebut sebagai black card paling eksklusif di dunia. Menurut Dubai First, ada sekitar 58.000 multimiliuner yang tinggal di Uni Emirat Arab. Tetapi, penghasilan saja tidak cukup untuk mendapatkan black card ini.

Kartu kredit ini hanya tersedia melalui undangan untuk orang dengan penghasilan tinggi. Tepi kartu Dubai First Royale Mastercard dilapisi emas asli dengan berlian 0,325 karat di tengahnya. Jumlah pemilik black card ini tidak diketahui. Tetapi, diperkirakan ada sekitar 200 orang di seluruh dunia.

Persyaratan resmi untuk mendapatkan kartu ini tidak dipublikasi. Namun, diperkirakan biaya tahunan yang dibutuhkan mencapai  US$2.000 atau setara dengan Rp28,84 juta. Tidak ada batasan dalam penggunaannya. Bahkan, batas kartu akan berubah berdasarkan kebiasaan belanja individu.

2. HSBC Premier World Elite Mastercard

HSBC Premier World Elite Mastercard merupakan black card khusus untuk penduduk Kanada. Kartu kredit ini menawarkan beragam keuntungan perjalanan, asuransi komprehensif, dan penawaran premium lainnya.

Melansir Hsbc.ca, persyaratan untuk mendapatkan HSBC Premier World Elite Mastercard adalah:

  • Memiliki pendapatan individu tahunan sebesar CA$80.000, pendapatan rumah tangga sebesar CA$150.000, atau minimal CA$400.000 dalam aset yang dikelola (berdasarkan aset yang likuid dan dapat diinvestasikan dengan lembaga keuangan di Kanada).
  • Merupakan penduduk Kanada.
  • Berusia mayoritas di provinsi tempat tinggal.

3. Luxury Card: Mastercard Black Card

Perusahaan jasa keuangan Luxury Card menawarkan Mastercard Black Card bagi yang memenuhi syarat. Mastercard Black Card adalah kartu mewah yang ditujukan untuk orang-orang yang sering bepergian.

Black card ini memberikan akses gratis ke ruang tunggu bandara, kredit maskapai penerbangan tahunan, dan manfaat perjalanan lainnya. Tampilan kartu dilapisi dengan PVD (Physical Vapor Deposition) berwarna hitam yang tahan korosi.

Biaya tahunan kartu adalah US$495. Sebagai gantinya, pengguna akan mendapatkan nilai 2% untuk penukaran tiket pesawat, uang kembali 1,5%, dan akses ke petugas Luxury Card yang akan membuat reservasi perjalanan serta menerima kredit maskapai senilai US$100.

4. Hyundai Black Card

Hyundai Card Co. mulai mengeluarkan “Black Card” premium pada awal Februari 2005 di Korea Selatan. Setelah anggota membayar biaya, manfaat black card termasuk batas kredit sebesar 100 juta won per bulan.

Selain itu, voucher hadiah dikirim ke pemilik kartu untuk belanja kemeja mewah, cerutu, dan makanan gratis di restoran serta upgrade kelas maskapai. Menurut Hyundai Card Co., orang yang memenuhi syarat adalah ketua perusahaan yang pendapatan tahunannya mencapai 10 miliar won atau lebih.

Dokter dan pengacara yang memiliki kantor dan telah berpraktik selama lebih dari lima tahun juga berkesempatan untuk memiliki Hyundai Black Card. Untuk mendapatkannya, mereka disetujui oleh komite khusus yang terdiri dari eksekutif perusahaan Hyundai Card Co.

Apakah Black Card Berlaku di Indonesia?

Menurut publikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam laman Indonesia.travel, beberapa kartu kredit berlaku di Indonesia, termasuk black card. Amex dapat diterima sebagai sarana pembayaran. Tetapi, lebih sedikit bank lokal yang berafiliasi dengan Amex di Indonesia.

Kartu kredit yang paling banyak diterima adalah Visa dan Mastercard. Kartu seperti JCB (Japan Credit Bureau) dapat diterima di Indonesia karena berafiliasi dengan beberapa bank nasional, seperti BNI (Bank Negara Indonesia), CIMB Niaga, Mandiri, dan BRI (Bank Rakyat Indonesia).

Kartu kredit dengan logo Cirrus dan Maestro berkaitan dengan Mastercard, sedangkan Plus berkaitan dengan Visa. Pastikan untuk memeriksa apakah logo Cirrus, Maestro atau Plus ditampilkan di mesin ATM sebelum memasukkan kartu.

Pemegang kartu JCB dapat menarik uang tunai melalui bank yang terafiliasi di Indonesia. Pemegang kartu Amex dapat menggunakan fasilitas express cash dan tarik tunai dari ATM Bank Danamon di seluruh Indonesia.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait