12 Cara Mengatasi Sakit Perut

Image title
7 Januari 2022, 14:49
Cara mengatasi sakit perut.
cottonbro/pexels
Cara mengatasi sakit perut.

Hampir setiap orang pernah mengalami sakit perut. Kondisi ini menyebabkan nyeri dari dalam perut atau dinding otot bagian luar, yang bervariasi, mulai dari ringan dan berlangsung sementara hingga berat dan memerlukan penanganan lebih lanjut.

Mengutip Hello Sehat, ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan seseorang terserang sakit perut, di antaranya sembelit, diare, gastroenteritis atau flu perut, radang usus buntu, infeksi saluran kencing, makanan berlemak, sindrom iritasi usus hingga, batu ginjal.

Namun, jangan khawatir, sakit perut bisa diredakan dengan cara-cara rumahan yang praktis dan mudah untuk dilakukan.

Cara Mengatasi Sakit Perut

Mengutip Medical News Today dan sumber terkait lainnya, cara mengatasi sakit perut dan gangguan pencarnaan bisa dilakukan dengan pengobatan rumahan berikut:

1. Beri Waktu

Sakit perut ringan bisa hilang dengan sendirinya dalam beberapa menit. Menunggu juga bisa menjadi alternatif ketika Anda menghadapi diare yang bisa disebabkan karena keracunan makanan ringan. Hal tersebut dibenarkan oleh ahli gastroenterologi di Henry Ford Hospital Detroit, Amit Bhan.

"Anda perlu membiarkan tubuh Anda memerah dengan sendirinya," ucapnya, seperti dikutip dari Women's Health.

2. Menghindari Berbaring

Saat tubuh berada dalam posisi horizontal, asam di perut lebih mungkin untuk bergerak mundur dan ke atas. Hal tersebut dapat menyebabkan mulas.

Orang yang mengalami sakit perut harus menghindari berbaring atau tidur selama beberapa jam sampai rasa sakitnya hilang atau mereda. Jika harus berbaring, cobalah untuk menopang kepala, leher, dan dada bagian atas dengan bantal, idealnya pada sudut 30 derajat.

3. Minum Air Putih

Tubuh membutuhkan air putih untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan dan minuman secara efisien. Dehidrasi membuat pencernaan lebih sulit dan kurang efektif, yang meningkatkan kemungkinan sakit perut.

Secara umum, Health and Medicine Division (HMD) merekomendasikan agar wanita mengonsumsi air putih sekitar 2,7 liter per hari. Sementara, pria harus mengonsumsi air sekitar 3,7 liter per hari.

4. Jahe

Rempah yang satu ini memang dikenal memiliki segudang khasiat. Jahe bisa dijadikan sebagai cara mengatasi sakit perut dan gangguan pencernaan.

Jahe mengandung bahan kimia yang disebut gingerol dan shogaols yang dapat membantu mempercepat kontraksi perut. Ini dapat memindahkan makanan yang menyebabkan gangguan pencernaan melalui perut lebih cepat. Selain itu, bahan kimia dalam jahe dapat membantu mengurangi mual, muntah, dan diare.

5. Mandi Air Hangat

Cara mengatasi sakit perut berikutnya bisa dilakukan dengan mandi air hangat. Cara ini dapat mengendurkan otot-otot yang tegang dan meredakan gangguan pencernaan, sehingga dapat meringankan gejalan sakit perut.

6. Daun Mint

Mentol dalam mint dapat membantu meredakan dan mencegah muntah, diare, kejang otot di usus, dan menghilangkan rasa sakit. Peneliti menemukan bahwa mint adalah pengobatan tradisional untuk gangguan pencernaan, gas, dan diare di Iran, Pakistan, dan India.

Daun mint mentah dan matang sama-sama cocok untuk dikonsumsi. Secara tradisional, orang sering merebus daun mint dengan kapulaga untuk dijadikan teh. Selain itu, daun mint bisa dijadikan bubuk atau jus daun mint dan dicampurkan dengan teh, minuman, atau makanan lainnya.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...