Peta Adalah Penjelasan Tentang Permukaan Bumi, Ini Pengertiannya

Image title
7 Februari 2022, 12:56
Ilustrasi peta digital pada aplikasi Google Maps. Peta adalah penjelasan mengenai gambaran permukaan bumi yang ditampilkan pada suatu bidang datar dengan skala tertentu.
pixabay.com
Ilustrasi peta digital pada aplikasi Google Maps.

Peta adalah alat untuk membaca situasi dan kondisi yang ada di lapangan. Bentuk peta pun saat ini beragam dari peta konvensional yang tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer atau layar ponsel.

Selain untuk digunakan sebagai salah satu materi dalam pramuka, peta juga digunakan untuk ilmu bertahan hidup. Sehingga dengan mengetahui ilmu peta dapat mengetahui dimana lokasi yang akan dituju, dan sumber daya seperti sumber air dan lokasi penting lainnya yang digunakan untuk bertahan hidup.

Penjelasan Singkat Tentang Peta

Mengutip situs gramedia.com, peta adalah penjelasan mengenai gambaran permukaan bumi yang ditampilkan pada suatu bidang datar dengan skala tertentu. Peta bisa disajikan dalam berbagai cara yang berbeda, mulai dari peta konvensional yang tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer. Istilah peta berasal dari bahasa Yunani mappa yang berarti taplak atau kain penutup meja.

Dalam makna lain, istilah peta juga diartikan sebagai lembaran seluruh atau sebagian permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan menggunakan skala tertentu. Sebuah peta adalah representasi dua dimensi dari suatu ruang tiga dimensi.

Untuk dapat membaca peta secara lebih baik dapat diketahui dengan ilmu khusus. Ilmu yang mempelajari pembuatan peta adalah kartografi. Banyak peta mempunyai skala, yang menentukan seberapa besar objek pada peta dalam keadaan yang sebenarnya. Kumpulan dari beberapa peta disebut atlas.

Pengertian Peta Menurut Para Ahli

Ada sejumlah pengertian tentang peta, ada beberapa pendapat dari para ahli:

1. Erwin Raisz

Menurut Erwin Raisz, bahwa peta adalah gambaran konvensional permukaan bumi yang diperkecil dengan berbagai kenampakan dan ditambah tulisan-tulisan sebagai tanda pengenal.

2. ICA (International Cartographic Association)

Menurut ICA (International Cartographic Association), bahwa peta adalah gambaran atau representasi unsur-unsur ketampakan abstrak yang dipilih dari permukaan bumi yang ada kaitannya dengan permukaan bumi atau benda-benda angkasa, yang pada umumnya digambarkan pada suatu bidang datar dan diperkecil atau diskalakan.

3. Menurut Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal)

Dikutip dari situs Bakosurtanal, peta adalah wahana bagi penyimpanan dan penyajian data kondisi lingkungan, merupakan sumber informasi bagi para perencana dan pengambilan keputusan pada tahapan pada tingkatan pembangunan.

Manfaat Peta

Peta dasarnya manfaat peta adalah informasi geografis melalui proses pengorganisasian dari kolaborasi data lainnya yang berkaitan dengan bumi untuk menganalisis, memperkirakan dan menghasilkan gambaran kartografi.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...