Peta Adalah Penjelasan Tentang Permukaan Bumi, Ini Pengertiannya

Peta adalah penjelasan mengenai gambaran permukaan bumi yang ditampilkan pada suatu bidang datar dengan skala tertentu.
Image title
7 Februari 2022, 12:56
Ilustrasi peta digital pada aplikasi Google Maps. Peta adalah penjelasan mengenai gambaran permukaan bumi yang ditampilkan pada suatu bidang datar dengan skala tertentu.
pixabay.com
Ilustrasi peta digital pada aplikasi Google Maps.

Peta adalah alat untuk membaca situasi dan kondisi yang ada di lapangan. Bentuk peta pun saat ini beragam dari peta konvensional yang tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer atau layar ponsel.

Selain untuk digunakan sebagai salah satu materi dalam pramuka, peta juga digunakan untuk ilmu bertahan hidup. Sehingga dengan mengetahui ilmu peta dapat mengetahui dimana lokasi yang akan dituju, dan sumber daya seperti sumber air dan lokasi penting lainnya yang digunakan untuk bertahan hidup.

Penjelasan Singkat Tentang Peta

Mengutip situs gramedia.com, peta adalah penjelasan mengenai gambaran permukaan bumi yang ditampilkan pada suatu bidang datar dengan skala tertentu. Peta bisa disajikan dalam berbagai cara yang berbeda, mulai dari peta konvensional yang tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer. Istilah peta berasal dari bahasa Yunani mappa yang berarti taplak atau kain penutup meja.

Dalam makna lain, istilah peta juga diartikan sebagai lembaran seluruh atau sebagian permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan menggunakan skala tertentu. Sebuah peta adalah representasi dua dimensi dari suatu ruang tiga dimensi.

Advertisement

Untuk dapat membaca peta secara lebih baik dapat diketahui dengan ilmu khusus. Ilmu yang mempelajari pembuatan peta adalah kartografi. Banyak peta mempunyai skala, yang menentukan seberapa besar objek pada peta dalam keadaan yang sebenarnya. Kumpulan dari beberapa peta disebut atlas.

Pengertian Peta Menurut Para Ahli

Ada sejumlah pengertian tentang peta, ada beberapa pendapat dari para ahli:

1. Erwin Raisz

Menurut Erwin Raisz, bahwa peta adalah gambaran konvensional permukaan bumi yang diperkecil dengan berbagai kenampakan dan ditambah tulisan-tulisan sebagai tanda pengenal.

2. ICA (International Cartographic Association)

Menurut ICA (International Cartographic Association), bahwa peta adalah gambaran atau representasi unsur-unsur ketampakan abstrak yang dipilih dari permukaan bumi yang ada kaitannya dengan permukaan bumi atau benda-benda angkasa, yang pada umumnya digambarkan pada suatu bidang datar dan diperkecil atau diskalakan.

3. Menurut Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal)

Dikutip dari situs Bakosurtanal, peta adalah wahana bagi penyimpanan dan penyajian data kondisi lingkungan, merupakan sumber informasi bagi para perencana dan pengambilan keputusan pada tahapan pada tingkatan pembangunan.

Manfaat Peta

Peta dasarnya manfaat peta adalah informasi geografis melalui proses pengorganisasian dari kolaborasi data lainnya yang berkaitan dengan bumi untuk menganalisis, memperkirakan dan menghasilkan gambaran kartografi.

Ada sejumlah manfaat dari peta yang dapat digunakan dalam kehidupan keseharian, antara lain:

1. Fungsi pertama dari peta adalah sebagai alat penunjuk posisi atau lokasi suatu tempat di permukaan bumi.
2. Fungsi kedua dari peta adalah untuk memperlihatkan ukuran dari luas hingga jarak ara suatu tempat di permukaan bumi.
3. Fungsi ketiga dari peta adalah untuk membantu peneliti sebelum melakukan survei untuk mengetahui kondisi daerah yang akan diteliti.
4. Fungsi keempat dari peta adalah sebagai alat penyajian data tentang potensi suatu wilayah.
5. Fungsi kelima dari peta adalah sebagai alat untuk mempelajari hubungan timbal-balik antara fenomena-fenomena (gejala-gejala) geografi di permukaan bumi.

Unsur Penting dalam Peta

Ada sejumlah unsur penting yang harus ada dalam sebuah peta, antara lain:

1. Judul

Judul merupkana cerminan dari isi sekaligus tipe peta. Penulisan judul biasanya di bagian atas tengah, atas kanan, atau bawah. Walaupun demikian, sedapat mungkin diletakkan di kanan atas. Legenda Legenda adalah keterangan dari simbol-simbol yang merupakan kunci untuk memahami peta.

2. Orientasi atau Tanda Arah

Orientasi arah ditunjukkan oleh tanda panah ke arah atas peta. Letaknya di tempat yang sesuai jika ada garis lintang dan bujur, koordinat dapat sebagai petunjuk arah.

3. Skala

Skala adalah perbandingan jarak pada peta dengan jarak sesungguhnya di lapangan. Skala ditulis di bawah judul peta, di luar garis tepi, atau di bawah legenda.

4. Simbol

Simbol peta adalah tanda atau gambar yang mewakili ketampakan yang ada di permukaan bumi yang terdapat pada peta ketampakannya

5. Warna Peta

Warna peta digunakan untuk membedakan ketampakan atau objek di permukaan bumi, memberi kualitas atau kuantitas simbol di peta, dan untuk keperluan estetika peta.

Demikianlah penjelasan mengenai peta yang merupakan alat bantu dalam menyampaikan suatu informasi keruangan. Saat ini peta telah mengalami perkembangan, tidak hanya berbentuk konvensional yang berbahan kertas, namun juga sudah berkembang ke arah digital. Sehingga perlu ada pembelajaran lebih lanjut agar fungsi peta bisa dimanfaatkan lebih baik.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait