Cara Daftar Ajaib untuk Pemula dengan Mudah, Cepat, dan Aman

Ajaib bisa menjadi pilihan tempat investasi yang mudah. Cara daftar Ajaib yang mudah dan cepat, sangat cocok untuk Anda yang baru pertama mencoba berinvestasi saham ataupun reksa dana.
Image title
23 November 2021, 14:57
Cara Daftar Ajaib untuk Pemula dengan Mudah, Cepat, dan Aman
Google Play Store
Ilustrasi platform Ajaib Sekuritas

Seiring dengan banyaknya investor pemula, kini pertanyaan tentang bagaimana cara daftar Ajaib mulai ramai diperbincangkan. Ajaib adalah aplikasi untuk investasi reksa dana dan saham secara online.

Tidak perlu khawatir sebab Ajaib sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan, sehingga berinvestasi di platform tersebut terjaga keamanannya. Jika Anda berinvestasi reksa dana di Ajaib, maka dana investasi Anda akan dikelola langsung oleh Manajer Investasi.

Dan apabila Anda berinvestasi sahan, dana harus ditransfer ke rekening dana nasabah (RDN) dan hanya dapat dicairkan melalui rekening yang terdaftar. Tak hanya itu, setiap transaksi di Ajaib baru akan dijalankan setelah memperoleh autentikasi dari Anda selaku investor.

Cara Daftar Ajaib Sekuritas

Selain aman, cara daftar Ajaib juga sangat mudah. Anda juga tidak perlu datang ke kantor untuk menyerahkan dokumen persyaratan. Sebab membuat akun Ajaib bisa dengan ponsel pintar yang Anda gunakan sehari-hari.

Advertisement

Penasaran bagaimana cara membuat akun Ajaib? Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Unduh Aplikasi Ajaib

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu mengunduh aplikasi Ajaib terlebih dahulu di Play Store atau App Store. Saat mengunduh, pastikan koneksi stabil agar tidak menggangu proses pemasangan aplikasi di smartphone.

2. Mendaftar Akun

Cara daftar Ajaib sekuritas selanjutnya yaitu membuat akun dengan cara sebagai berikut:

  • Klik opsi “Daftar”.
  • Kemudian isi e-mail dan password.
  • Lalu konfirmasi email yang Anda gunakan untuk mendaftar.
  • Masukan kode refferal jika memiliki.

3. Masuk dan Buka Akun Saham

Tahap berikutnya yaitu login ke akun yang sudah Anda buat. Setelah itu, klik opsi “Buka akun saham” yang ada di pojok kiri atas. Kemudian Anda bisa pilih “Saham” untuk masuk ke tahap selanjutnya.

4. Membuat Rekening Saham

Tahap ini mengharuskan Anda mengisi seluruh kolom formulir sebanyak enam halaman. Seluruh kolom yang tidak ada tulisan opsional, artinya harus diisi. Jika kolom tersebut tidak diisi maka Anda tidak dapat melanjutkan ke tahap berikut.

Formulir untuk rekening saham juga otomatis menjadi rekening dana nasabah (RDN). Pembukaan rekening saham wajib dilakukan agar Anda bisa bertransaksi di Ajaib.

Data yang Anda masukan nantinya akan tercatat di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Rekening tersebut menjadi tempat untuk Anda menyimpan saham yang sudah dibeli.

Sementara itu, RDN berguna agar Anda memiliki rekening bank sendiri untuk menyelesaikan transaksi saham. Tujuan adanya RDN yaitu untuk menyimpan dana Anda yang tidak dibelikan saham.

5. Unggah Dokumen

Cara daftar Ajaib yang terakhir yaitu mengunggah dokumen yang diperlukan. Misalnya, video yang mengharuskan Anda mengucapkan kalimat yang sudah disiapkan oleh Ajaib. Pastikan dokumen tersebut memiliki resolusi terbaik.

Setelah seluruh tahap pendaftaran selesai, kini Anda hanya perlu menunggu verifikasi data. Proses ini membutuhkan waktu kurang lebih 1 x 24 jam. Apabila data yang Anda input telah terverifikasi, maka Anda bisa langsung membeli saham di Ajaib.

Cara Investasi di Ajaib Pemula

Di Ajaib, Anda bisa berinvestasi melalui reksa dana dan saham. Bagi Anda yang ingin membeli saham di Ajaib, berikut langkah-langkahnya.

1. Top Up RDN

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu top up saldo RDN. Untuk mengisi saldo RDN agar tidak terkena biaya transfer Anda bisa menggunakan rekening BCA. Namun jika menggunakan rekening lain, Anda harus membayar biaya transfer antar bank.

2. Pilih Saham

Setelah saldo RDN dimiliki, Anda bisa langsung memilih saham yang hendak dibeli. Di aplikasi Ajaib terdapat informasi yang lengkap tentang saham yang bisa Anda beli. Informasi tersebut meliputi laporan keuangan dan competitive ranking emiten tersebut.

Untuk mencari emiten tersebut, Anda bisa membuka menu “cari” kemudian klik opsi “lihat semua” dan lihat daftar emiten yang tersedia.

Informasi lain yang ada di menu tersebut yaitu profil perusahaan, informasi grafik harga, informasi fundamental, dan informasi antrian permintaan dan penawaran.

3. Proses Pembelian Saham

Cara investasi di Ajaib pemula selanjutnya yaitu Anda bisa memilih saham yang akan dibeli. Caranya  dengan tekan dan geser ke kanan pada nama saham tersebut. Lalu pilih opsi “Beli”.

Setelah saham sudah masuk ke halaman order book. Anda bisa klik harga yang sesuai dan memasukan jumlah lot yang akan dibeli.

4. Konfirmasi Pembelian

Terakhir, Anda bisa melakukan konfirmasi pembelian dengan klik “Beli” yang ada di kanan bawah halaman order book. Kemudian akan muncul halaman kofnrimasi pembeli, lalu klik “beli” atau “ok”, dan transaksi telah selesai.

Hal-hal yang Harus Dihindari Saat Membeli Saham

Meskipun kini cara berinvestasi sudah semakin mudah, namun bukan berarti Anda membeli saham dengan sembarangan. Setidaknya ada tiga hal yang harus Anda hindari ketika membeli saham.

Penasaran apa saja? Mengutip dari ajaib.co.id, berikut penjelasannya.

1. Jangan terbawa emosi

Dalam berinvestasi Anda harus bisa mengatur emosi. Jangan membuat keputusan berdasarkan emosi belaka. Jangan membeli saham hanya karena Anda menyukai iklan yang mereka tampilkan atau karena mengikuti orang lain.

Belilah saham berdasarkan keyakinan bahwa di masa yang akan datang, perusahaan tersebut akan bertumbuh menjadi lebih besar. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari saham yang dibeli.

2. Jangan membeli saham karena informasi orang dalam

Anda tidak diperkenankan membeli saham berdasarkan informasi orang dalam. Informasi yang dimaksud misalnya terkait kontrak yang besar, inovasi teknologi, atau rencana akuisisi perusahaan. Jangan mudah tergiur untuk membeli saham jika mengetahui hal itu. Sebab informasi tersebut tidak menjadi jaminan investasi yang Anda lakukan pasti menguntungkan.

3. Jangan membeli saham berdasarkan rekomendasi

Bagi para pemula mungkin belum familiar dengan istilah dalam jual beli saham. Maka tak jarang kita melihat banyak orang meminta rekomendasi saham dari orang lain yang dianggap paham. Namun ternyata hal tersebut tidak boleh dilakukan.

Sebab kondisi setiap orang mungkin akan berbeda. Meskipun orang yang memberi rekomendasi sudah berpengalaman dalam bidang ini, bukan berarti Anda bisa untung jika mengikutinya.

Sebaiknya pelajari terlebih dahulu hal-hal mendasar sebelum investasi saham. Kemudian pilih saham yang paling sesuai dengan tujuan keuangan dan profil risiko Anda.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait