Terancam Didenda, Freeport Bahas Nasib Smelter dengan Kementerian ESDM

Image title
24 Juni 2021, 08:09
freeport, smelter freport, freeport kena denda, freeport indonesia, mind id, bumn, kementerian esdm, smelter
www.npr.org
Tambang Freeport Indonesia.

PT Freeport Indonesia (PTFI) terancam denda administratif dari pemerintah. Denda ini terkait perkembangan pembangunan proyek smelter yang tertunda.

Sebenarnya tak hanya Freeport Indonesia, pemerintah bakal memberikan denda administratif bagi proyek smelter yang progres pembangunannya lambat dan tak mencapai target di masa pandemi. Aturan ini tertuang dalam Keputusan Menteri ESDM No. 104.K/ HK.02/ MEM.B/ 2021.

Progres pembangunan smelter milik PTFI tak mencapai target karena terdampak pandemi corona.  Juru Bicara PT Freeport Indonesia Riza Pratama mengakui realisasi aktual kemajuan fisik pembangunan smelter perusahaan tidak mencapai target yang ditetapkan. 

Oleh sebab itu, seperti amanat dalam Kepmen ESDM yang baru dikeluarkan terkait denda, pihaknya tengah mendiskusikannya dengan pemerintah. "Serta mendetailkan aktivitas-aktivitas pembangunan smelter mana saja yang terdampak oleh pandemi Covid-19," kata dia kepada Katadata.co.id, Rabu (23/6).

Riza mengatakan perusahaan tetap berkomitmen membangun smelter baru di kawasan industri Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Gresik. Hal ini sesuai perjanjian dengan pemerintah dalam proses divestasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...