Mudah, Ini Cara Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP

Image title
3 Agustus 2021, 10:13
cek tagihan listrik, tagihan listrik, cek tagihan listrik pln, cek tagihan listrik online, cara mengecek tagihan listrik, cek tagihan listrik online lewat hp, listrik, cek listrik, token listrik
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/aww.
Warga memasukkan pulsa token listrik di rumahnya di Kota Kediri, Jawa Timur, Minggu (5/4/2020). Pemerintah memberikan keringanan bagi masyarakat miskin pelanggan listrik PLN selama tiga bulan guna menekan dampak COVID-19 yakni dengan menggratiskan pelanggan listrik 450 VA dan memberikan diskon 50 persen kepada pelanggan listrik 900 VA.

Listrik adalah bagian penting dari kehidupan modern dan merupakan kebutuhan dasar yang digunakan sehari-hari. Aktivitas dan kehidupan manusia saat ini sangat bergantung kepada penggunaan listrik. Misalnya dalam rumah tangga, listrik penting untuk mengoperasikan perangkat elektronik, penerangan, dan teknologi.

Perusahaan Listrik Negara (PLN) atau nama resminya adalah PT PLN (Persero) adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengatur seluruh aspek kelistrikan yang ada di Indonesia. Direktur Utama PLN saat ini adalah Zulkifli Zaini.

Seiring bertambahnya kebutuhan listrik, PLN semakin memperluas jangkauan pemasangan dan penggunaan listrik. Saat ini, penggunaan sudah tersebar luas di seluruh Indonesia dan terus berkembang.

Semakin luas jangkauan pemasangan listrik, maka semakin banyak pengguna listrik, baik dalam skala kecil seperti penggunaan listrik dalam rumah tangga, maupun skala besar seperti penggunaan dalam industri dan infrastruktur.

Stimulus Listrik Periode Juli- September 2021

Bagi pelanggan listrik PLN, sesuai dengan siaran pers No. 286.PR/STH.00.01/I/2021, PLN memberikan stimulus listrik guna meringankan beban biaya listrik periode Juli hingga September 2021. Besarannya adalah sebagai berikut.

  • Pelanggan golongan rumah tangga daya 450 Volt Ampere, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.
  • Pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon sebesar tarif listrik 25 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.
  • Pembebasan biaya beban atau abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan industri, bisnis, dan sosial.

Bagi pelanggan pascabayar, diskon diberikan dengan langsung memotong tagihan rekening listrik pelanggan. Sementara untuk pelanggan prabayar, diskon tarif listrik diberikan saat pembelian token listrik.

PLN memberikan kemudahan pelayanan cek tagihan listrik tanpa perlu datang langsung melalui cara-cara berikut ini.

1. Cek Tagihan Listrik lewat SMS

Cara termudah untuk cek tagihan listrik adalah menggunakan SMS. Ada dua pilihan yang bisa digunakan untuk cara ini, yaitu cek tagihan sekali dalam kurun waktu 1 bulan dan cek tagihan dengan berlangganan tiap bulan untuk mendapat informasi tagihan listrik. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Untuk cek tagihan listrik, ketik REK (spasi) nomor pelanggan.
  2. Kirim pesan ke 8123.
  3. Anda akan menerima SMS balasan berisi tagihan listrik.

Pelanggan juga dapat berlangganan untuk mendapatkan informasi tentang tagihan listrik setiap bulan dengan cara berikut.

Kirim SMS dengan format PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit ID Pelanggan, kirim ke 8123. Untuk berhenti berlangganan, kirim SMS dengan format PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...