Mudah, Ini Cara Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP

Cara cek tagihan listrik kini semakin mudah dan dapat diakses melalui ponsel atau hp masing-masing.
Image title
3 Agustus 2021, 10:13
cek tagihan listrik, tagihan listrik, cek tagihan listrik pln, cek tagihan listrik online, cara mengecek tagihan listrik, cek tagihan listrik online lewat hp, listrik, cek listrik, token listrik
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/aww.
Warga memasukkan pulsa token listrik di rumahnya di Kota Kediri, Jawa Timur, Minggu (5/4/2020). Pemerintah memberikan keringanan bagi masyarakat miskin pelanggan listrik PLN selama tiga bulan guna menekan dampak COVID-19 yakni dengan menggratiskan pelanggan listrik 450 VA dan memberikan diskon 50 persen kepada pelanggan listrik 900 VA.

Listrik adalah bagian penting dari kehidupan modern dan merupakan kebutuhan dasar yang digunakan sehari-hari. Aktivitas dan kehidupan manusia saat ini sangat bergantung kepada penggunaan listrik. Misalnya dalam rumah tangga, listrik penting untuk mengoperasikan perangkat elektronik, penerangan, dan teknologi.

Perusahaan Listrik Negara (PLN) atau nama resminya adalah PT PLN (Persero) adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengatur seluruh aspek kelistrikan yang ada di Indonesia. Direktur Utama PLN saat ini adalah Zulkifli Zaini.

Seiring bertambahnya kebutuhan listrik, PLN semakin memperluas jangkauan pemasangan dan penggunaan listrik. Saat ini, penggunaan sudah tersebar luas di seluruh Indonesia dan terus berkembang.

Semakin luas jangkauan pemasangan listrik, maka semakin banyak pengguna listrik, baik dalam skala kecil seperti penggunaan listrik dalam rumah tangga, maupun skala besar seperti penggunaan dalam industri dan infrastruktur.

Stimulus Listrik Periode Juli- September 2021

Bagi pelanggan listrik PLN, sesuai dengan siaran pers No. 286.PR/STH.00.01/I/2021, PLN memberikan stimulus listrik guna meringankan beban biaya listrik periode Juli hingga September 2021. Besarannya adalah sebagai berikut.

  • Pelanggan golongan rumah tangga daya 450 Volt Ampere, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.
  • Pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon sebesar tarif listrik 25 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.
  • Pembebasan biaya beban atau abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan industri, bisnis, dan sosial.

Bagi pelanggan pascabayar, diskon diberikan dengan langsung memotong tagihan rekening listrik pelanggan. Sementara untuk pelanggan prabayar, diskon tarif listrik diberikan saat pembelian token listrik.

PLN memberikan kemudahan pelayanan cek tagihan listrik tanpa perlu datang langsung melalui cara-cara berikut ini.

1. Cek Tagihan Listrik lewat SMS

Cara termudah untuk cek tagihan listrik adalah menggunakan SMS. Ada dua pilihan yang bisa digunakan untuk cara ini, yaitu cek tagihan sekali dalam kurun waktu 1 bulan dan cek tagihan dengan berlangganan tiap bulan untuk mendapat informasi tagihan listrik. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Untuk cek tagihan listrik, ketik REK (spasi) nomor pelanggan.
  2. Kirim pesan ke 8123.
  3. Anda akan menerima SMS balasan berisi tagihan listrik.

Pelanggan juga dapat berlangganan untuk mendapatkan informasi tentang tagihan listrik setiap bulan dengan cara berikut.

Kirim SMS dengan format PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit ID Pelanggan, kirim ke 8123. Untuk berhenti berlangganan, kirim SMS dengan format PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123.

Catatan: Untuk menikmati fasilitas cek tagihan listrik lewat sms dikenakan biaya sebesar Rp 500 (belum termasuk ppn 10%) per-SMS.

2. Cek Tagihan Listrik lewat Aplikasi PLN Mobile

Melalui aplikasi PLN Mobile, pengguna dapat mengakses layanan PLN untuk cek tagihan listrik, transaksi token listrik, cek riwayat pemakaian listrik, sarana pengaduan keluhan pelanggan dan masih banyak lagi. Aplikasi tersebut yang dapat diunduh melalui Playstore bagi pengguna Android dan App Store bagi pengguna iOS. Berikut cara cek tagihan listrik melalui aplikasi PLN Mobile.

  1. Buka aplikasi PLN Mobile.
  2. Pilih menu Informasi pada tab Menu.
  3. Untuk cek tagihan listrik, klik Informasi Tagihan dan Token Listrik.
  4. Masukan ID Pelanggan atau Nomor Meteran Anda.
  5. Klik "Cari", aplikasi akan menampilkan tagihan listrik beserta nominal yang harus dibayar.

3. Cek Tagihan Listrik lewat Situs Web PLN

Bagi pelanggan yang tidak ingin repot mengunduh aplikasi, PLN memberikan pelayanan cek tagihan listrik melalui situs web resmi sebagai berikut.

  1. Buka layanan.pln.co.id pada browser di komputer atau ponsel Anda.
  2. Pada bagian Info Lainnya, pilih Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token.
  3. Lakukan pendaftaran akun terlebih dahulu pada bagian Daftar Akun.
  4. Pada halaman Pendaftaran Akun, isi data diri berupa nama pemohon, email, ID pelanggan/nomor meter, nomor ponsel, kata sandi, dan konfirmasi kata sandi.
  5. Setelah selesai, klik Daftar.
  6. Cek email Anda untuk aktivasi akun.
  7. Login menggunakan akun dan kata sandi.
  8. Pada halaman utama akan ditampilkan informasi tagihan listrik dan pembelian token.

4. Cek Tagihan Listrik lewat Telepon

Untuk melakukan cek tagihan listrik melalui telepon, cukup menghubungi call center PLN melalui nomor 123 dengan mencantumkan kode area. Misalnya untuk Jakarta, maka telepon ke (021)-123. Siapkan nomor pelanggan untuk melakukan cek tagihan listrik.

5. Cek Tagihan Listrik lewat Email

Cara terakhir adalah melalui email, Anda dapat mengirim email mengenai informasi tagihan listrik ke pln123@pln.co.id. Pihak PLN akan membalas email Anda secepat mungkin.

Perbedaan Layanan PLN Pascabayar dan Prabayar

Untuk melakukan cek tagihan listrik PLN, perlu diketahui jenis layanan pembayaran apa yang digunakan. Layanan pembayaran PLN dibagi menjadi dua, yaitu:

Listrik Pascabayar

Sistem pascabayar adalah sistem pembayaran yang hadir lebih dulu dan digunakan oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Listrik pascabayar adalah sistem pembayaran  listrik setelah menggunakan listrik selama 1 bulan. Secara sederhana, pelanggan menggunakan listrik selama 1 bulan, kemudian pada akhir bulan PLN akan mengirimkan tagihan listrik sesuai pemakaian selama 1 bulan dan pelanggan diharuskan untuk membayar tagihan tersebut.

Listrik Prabayar

Sistem prabayar merupakan sistem baru yang dirintis PLN dengan menggunakan pulsa atau token. Cara penggunaan serupa dengan isi pulsa pada ponsel, pelanggan perlu membayar terlebih dahulu untuk mendapatkan kuota listrik yang akan digunakan.

Berbeda dengan listrik pascabayar yang menghitung penggunaan listrik setiap bulan tanpa batas, listrik prabayar membatasi kuota listrik sesuai dengan nominal yang dibeli sehingga tagihan listrik adalah tagihan pembelian token sesuai kebutuhan. Apabila kuota listrik akan habis, kotak meteran akan mengeluarkan bunyi yang berarti pelanggan perlu mengisi ulang menggunakan pulsa atau token.

Demikian cara cek tagihan listrik PLN. Pelanggan dapat memilih salah satu cara tersebut sesuai dengan kebutuhan.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait