Tips dan Trik Menulis Kata Pengantar Skripsi

Image title
15 September 2021, 17:52
Ilustrasi mahasiswa di antara naskah kata pengantar skripsi di masa Covid-19
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/nz.
Ilustrasi : Seorang mahasiswa jurusan Ilmu Jurnalistik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Pakuan, Sandika Fadilah mengikuti ujian skripsi secara daring menggunakan aplikasi Zoom di Cibinong, Bogor, Jawa Barat , Kamis (30/4/2020). Universitas Pakuan menerapkan ujian skripsi secara daring untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Bagi kamu para mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Kata pengantar skripsi menjadi suatu hal yang wajib untuk ditulis setelah seluruh pembahasan selesai. Ditulisnya kata pengantar sebagai bentuk terima kasih kepada segenap dosen dan orang sekeliling kamu yang mendukung selesainya skripsi tersebut.

Dalam kata pengantar, kamu sebagai penulis diberi kebebasan untuk mengeksplorasi banyak hal selain ucapan terima kasih. Seperti menulis manfaat dari penulisan, serta permohonan kritik dan saran yang tentunya demi perbaikan isi dari skripsi tersebut.

Secara teknis, penulisan kata pengantar dibuat dalam untaian kata yang tegas dan jelas. Tidak ditulis terlalu panjang dan bertele-tele. Intinya, tulislah kata pengantar skripsi dalam formasi yang singkat, padat dan sederhana.

Katadata.co.id akan mengulas cara penulisan kata pengantar yang dihimpun dari sejumlah kampus di Indonesia. Meski terkesan singkat ada beberapa aspek yang harus diketahui agar tidak terkendala saat pengerjaannya.

Aspek-Aspek yang Harus Ada Dalam Kata Pengantar Skripsi

Pertama, menuliskan bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, lalu dilanjutkan dengan ucapan terimakasih kepada pihak lainnya dari orang tua, dosen, teman hingga pasangan. Bila masih berstatus pacaran hati-hati, ikat dulu dengan komitmen barulah namanya kamu cantumkan dalam kata pengantarmu.

Kata pengantar skripsi juga harus mengandung sedikit penjelasan mengenai skripsi yang ditulis. Libatkan semua pihak yang membantu penulisan skripsimu, dan tuliskan harapan dari skripsi yang kamu tulis. Jangan lupa tuliskan apa manfaat yang bisa diraih pembaca melalui skripsimu.

Konsep Pembuatan Kata Pengantar Skripsi

Setelah selesai dengan semua penjelasan awal soal kata pengantar, mari kita masuk dalam aspek teknis. Katadata.co.id membagi setidaknya ada tiga unsur yang diperhatikan.

1. Membuat Paragraf Pembuka

Pembukaan berisi ucapan syukur serta rasa terima kasih terhadap sanak handai taulan. Dalam paragraf pertama ini bisa juga disertakan maksud atau tujuan utama mengapa kamu harus menyelesaikan skripsi ini.

Perhatikan contoh berikut ini, yang diambil dari kata pengantar skripsi milik Nurhani Nasution yang berjudul Persepsi Masyarakat Terhadap Keberadaan Teknik Pengobatan Tradisional Penderita Gangguan Jiwa di Desa Bulu Soma Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal:

Puji syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT, yang telah memberikan kesehatan dan karunia-Nya kepada penulis serta kekuatan untuk menyelesaikan skripsi : Persepsi Masyarakat Terhadap Keberadaan Teknik Pengobatan Tradisional Penderita Gangguan Jiwa di Desa Bulu Soma Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal. Tidak lupa penulis mengucapkan shalawat dan salam kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW.

2. Buat Penjelasan Singkat Soal Skripsi dan Sampaikan Terima Kasih

Setelah selesai dengan paragraf pembuka, lanjutkan dengan kata-kata selanjutnya yaitu bagian isi.

Seperti yang telah ditulis sebelumnya, paragraf isi harus disampaikan dalam jangka singkat dan tidak bertele-tele. Cukup singgung hal yang penting saja. Bila masih bingung karena ada banyak ide dalam kepala, mungkin bisa dimulai dari membuat poin-poin.

Contoh:

Penulis menyadari bahwa skripsi ini tidak mungkin terselesaikan tanpa adanya dukungan, bantuan, bimbingan, dan nasehat dari berbagai pihak selama penyusunan skripsi ini. Pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih setulus-tulusnya kepada:

1. Bapak ibu di rumah yang selalu memberikan kasih sayang, doa, dukungan, nasihat dan semuanya. Penulis sangat mencintainya dan berharap menjadi anak yang bisa dibanggakan.
2. Bapak Drs. NAMA selaku Rektor
3. Bapak DRS. NAMA selaku Dekan Fakultas.
3. Ibu “NAMA” selaku dosen pembimbing yang kadang marah-marah tapi baik banget.
3. Kakak dan adik.
4. Teman-teman seperjuangan.
5. Semua pihak

3. Penutup Kata Pengantar

Setelah selesai dengan semua penjelasan dan ucapan terima kasih, maka kata pengantar skripsi harus ditutup dengan baik. Dalam struktur paling akhir ini kamu selaku mahasiswa penulis skripsi bisa menulis permohonan maaf atas kekurangan yang tercantum dalam skripsi. Seperti typo, argumen yang kurang memadai dan berbagai aspek penulisan lainnya.

Jangan lupa untuk menuliskan harapan dan permintaan sebagai feedback tulisan. Serta tuliskan harapan ke depan dari hasil skripsi yang baru saja dituliskan.

Contoh:

Penulis menyadari bahwa di dalam skripsi ini masih banyak kekurangannya, untuk itu penulis angat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk karya kedepan lebih baik. Besar harapan skripsi ini bermanfaat.

Contoh Kata Pengantar Skripsi

Berikut adalah contoh kata pengantar skripsi yang harus kamu pahami dan dapat menjadi acuan.:

Puji syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT, yang mana telah memberikan kesehatan dan karunia-Nya kepada penulis serta kekuatan untuk menyelesaikan skripsi : Persepsi Masyarakat Terhadap Keberadaan Teknik
Pengobatan Tradisional Penderita Gangguan Jiwa di Desa Bulu SomaKecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...