Telkom Bagikan Dividen 75% dari Laba Bersih 2017

Image title
27 April 2018, 20:35
Telkom
Arief Kamaludin|KATADATA
Telkom KATADATA|Arief Kamaludin

PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) membagikan dividen 75 persen dari laba bersih tahun lalu sebesar Rp 22,14 triliun. Rasio dividen yang dibagikan perusahaan teekomunikasi pelat merah tersebut tercatat merupakan yang paling tinggi dalam beberapa tahun.

"Secara pay out, ini merupakan dividen terbesar selama 3-4 tahun terakhir," ujar Direktur Keuangan Telkom Harry M. Zen usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Hotel Four Season, Jakarta pada Jumat (27/4).

Dalam RUPST hari ini, pemegang saham Telkom menyepakati nilai pembagian dividen sebesar Rp 16,6 triliun. Pemerintah mendapatkan bagian 65 persen dari jumlah dividen yang dibagikan, nilainya mencapai Rp 13 triliun.

"Dividen tunai dan spesial akan dibagikan sekaligus selambat-lambatnya tanggal 31 Mei 2018," kata Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga.

Dividen Telkom
 

Alex cukup bangga dengan pencapaian kinerja Telkom tahun lalu. Pendapatan perseroan naik 10,2 persen menjadi Rp 128,3 triliun. Sementara laba bersihnya naik lebih tinggi, mencapai 14,4 persen menjadi Rp 22,1 triliun.

Pertumbuhan  pendapatan emiten berkode TLKM ini terutama didukung oleh segmen data, internet & IT Service yang tumbuh 28,7 persen. Segmen ini berkontribusi 43,2 persen dari total pendapatan Telkom. Alex mengatakan kontribusi pendapatan segmen ini semakin membesar, menunjukkan perseroan sudah berada pada jalur yang tepat untuk menjadi Digital Telecommunication Company.

Dia pun memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pemegang saham, Dewan Komisaris, dan seluruh karyawan atas pencapaian kinerja tahun lalu. "(Terima kasih) atas kerja keras dan pencapaian kinerja yang memuaskan,” ujarnya.

Tahun ini Telkom menargetkan pendapatannya tumbuh paling sedikit 10 persen, atau sebesar Rp 141 triliun. Perseroan juga menganggarkan belanja modal (capital expenditure/capex) tahun ini sebesar Rp 30 triliun. Rinciannya 50 persen untuk bisnis mobile, 30 persen buat fixed broadband, terutama produk IndiHome, dan 20 persen sisanya untuk bisnis lain.

Selain itu, RUPST ini juga menyetujui pergantian susunan pengurus komisaris dan direksi. Direksi yang diganti yaitu Direktur Consumer Service yaitu Mas’ud Khamid yang hijrah ke PT Pertamina (Persero) sebagai Direktur Pemasaran Retail. Posisinya digantikan oleh Siti Choiriana. Sementara posisi direksi yang lain tetap.

Berikut jajaran Direksi dan Komisaris Telkom hasil RUPST 27 April 2018:

Dewan Direksi

Direktur Utama : Alex J. Sinaga 

Advertisement

Direktur Keuangan : Harry M. Zen 

Direktur Consumer Service : Siti Choiriana 

Direktur Human Capital Management : Herdy Harman

Direktur Network & IT Solution : Zulhelfi Abidin

Direktur Digital & Strategic Portfolio : David Bangun 

Direktur Wholesale & International Service : Abdus Somad Arief

Direktur Enterprise & Business Service : Dian Rachmawan

 

Dewan Komisaris

Komisaris Utama : Hendri Saparini

Komisaris : Rinaldi Firmansyah 

Komisaris : Edwin Hidayat Abdullah 

Komisaris: Isa Rachmatarwata 

Komisaris lndependen : Dolfie Othniel Fredric Palit 

Komisaris Independen : Cahyana Ahmadjayadi 

Komisaris Independen : Pamijati Pamela Johanna 

Komisaris Independen : Margiyono Darsasumarja

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait