9 Manfaat Sit Up untuk Kesehatan yang Perlu Dipahami

Siti Nur Aeni
17 November 2021, 12:35
9 Manfaat Sit Up dan Cara Melakukan Sit Up dengan Benar
pexels.com/jonathanborba
Perempuan sedang melakukan olahraga sit up

Sit up adalah olahraga yang dapat membuat otot lebih kuat dan kencang. Sama seperti push up, olahraga ini juga merupakan aktvitas fisik sederhana yang mudah dilakukan. Gerakan yang mudah ternyata tidak mengurangi manfaat sit up itu sendiri.

Manfaat Sit up untuk Kesehatan

Olahraga ini bisa membantu melatih otot dada, panggul, pinggang bawah, perut, hingga leher. Lalu, apa saja manfaat dari sit up? Mengutip dari alodokter.com dan healthline.com, berikut penjelasannya.

1. Menambah massa otot

Manfaat sit up yang pertama yaitu bisa membantu meningkatkan massa otot terutama otot perut dan pinggul. Sebuah studi juga menyebutkan bahwa olahraga ini dapat menurunkan sarkopenia yang dialami lansia. Gangguan kesehatan tersebut terjadi apabila massa otot menurun akibat penuaan.

2. Manjaga keseimbangan tubuh

Olahraga ini melibatkan gerakan pada otot panggul, punggul, dan punggung bawah. Maka dari itu, sit up bisa memberikan efek menjaga dan memperbaiki keseimbangan tubuh.

3. Memperbaiki bentuk tubuh

Kita mungkin ingin memiliki postur tubuh yang sempurna. Namun karena beberapa kesalahan, seringkali orang mengalami gangguan postur tubuh.

Untuk mengembalikan postur tubuh agar lebih baik, olahraga sit up bisa menjadi salah satu caranya. Namun Anda perlu menghindari olahraga ini jika terdapat keluhan nyeri punggung atau saraf kejepit akibat gerakan sit up.

4. Membuat penampilan perut lebih indah

Sit up juga bisa membuat penampilan perut lebih indah. Manfaat ini dapat dirasakan oleh pria atau wanita.  Namun umumnya banyak pria yang lebih ingin mendapatkan manfaat ini.

Sebab sit up bisa membantu latihan otot inti ubuh yang membuat otot perut lebih kencang dan rata. Manfaat sit up untuk pria ini akan maksimal jika Anda juga melakukan olahraga lain seperti aerobik.

5. Membakar kalori

Olahraga sit up juga berguna untuk membakar kalori. Tak heran jika banyak perempuan yang melakukan olahraga ini. Sebab secara tidak langsung, manfaat sit up bagi wanita bisa membantu menurunkan berat badan. Jika dilakukan dengan teratur, sit up juga membantu membentuk otot.

6. Meningkatkan fleksibilitas tubuh

Manfaat gerakan sit up berikutnya yaitu bisa meningkatkan fleksibilitas tubuh. Gerakan sit up membuat pinggul dan punggung lebih fleksibel sehingga mengurangi ketegangan dan sesak.

Peningkatakan fleksibilitas juga bisa meningkatkan sirkulasi, menghilangkan stres, dan meningkatkan energi.

7. Mencegah sakit punggung dan cidera

Olahraga ini juga diketahui bisa meningkatan kekuatan punggung bawah dan pinggul. Hal tersebut bisa menurunkan risiko cidera dan sakit punggung. Namun untuk mendapatkan manfaat sit up ini Anda harus melakukan gerakan olahraga ini dengan hati-hati.

8. Menguatkan diafragma

Gerakan sit up juga bisa melatih pernapasan diafragma. Sebab sit up dapat menyebabkan kompresi perut yang memberikan efek positif terhadap diafragma.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...