Isi Perjanjian Renville dan Berbagai Peristiwa yang Terjadi Saat Itu

Siti Nur Aeni
10 Desember 2021, 15:04
Isi Perjanjian Renville dan Berbagai Peristiwa yang Terjadi Saat Itu
id.wikipedia.org
Para delegasi dalam rapat pleno pertama di kapal Amerika Serikat USS Renville

Perjanjian Renville merupakan perundingan berikutnya yang dilakukan setelah Perjanjian Linggarjati. Sama seperti perjanjian sebelumnya, Perundingan Renville juga menjadi bukti perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia secara diplomasi.

Peritiwa Sebelum Perjanjian Renville

Perundingan Linggarjati yang disahkan pada 25 Maret 1947 ternyata dilanggar oleh pihak Belanda. Seusai perjanjian tersebut Belanda justru melakukan serangan yang disebut sebagai Agresi Militer Belanda I.

Menurut penjelasan di buku “Sejarah Indonesia Paket C Setara SMA/MA”, agresi militer ini dimulai pada tanggal 20 Juli 1947. Saat itu, Belanda berhasil menerobos ke daerah yang dikuasai Indonesia di Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Pada agresi militer I ini, Belanda juga membawa dua pasukan khusus yaitu Korps Speciale Troepen (KTS) di bawah Wasterling yang berpangkat Kapten dan Pasukan Para I (1e para compagnie) di bawah Kapten C. Sisselaar. Agresi militer ini membuat Belanda berhasil merebut daerah-daerah penting seperti kota pelabuhan, perkebunan, dan pertambangan.

Peristiwa serangan Belanda ini membuat Indonesia akhirnya secara resmi mengadu pada PBB karena agresi militer tersebut sudah melanggar perjanjian internasional, yaitu Perjanjian Linggarjati. Namun di lain sisi, Belanda tidak memperhitungkan reaksi dari dunia internasional termasuk Inggris.

Atas permintaan dari India dan Australia pada 31 Juli 1947, masalah agresi militer ini akhirnya dimasukan dalam agenda Dewan Keamanan PBB. Kemudian dikeluarkanlah Resolusi No. 27 tanggal 1 Agustus 1947 yang isinya menyerukan agar konflik bersenjata dihentikan.

Dewan Kemanan PBB secara de facto kemudian mengakui eksistensi Republik Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dari penyebutan kata “Indonesia” bukan “Netherlands Indie”. Penyebutan kata “Indonesia” terdapat dalam seluruh resolusi yang dikeluarkan oleh PBB.

Kemudian atas tekanan dari Dewan Keamana PBB, pemerintah Belanda akhirnya menyatakan menerima resolusi tersebut dan menghentikan pertempuran pada 15 Agustus 1947. Tanggal 17 Agustus 1947, pemerintah RI dan Belanda menerima resolusi Dewan Keamanan PBB untuk melakukan gencatan senjata.

Sejarah Perjanjian Renville

Mengutip dari buku “Sejarah Indonesia Paket C Setara SMA/MA” dijelaskan bahwa untuk mengawasi gencatan senjata dan sengketa antara Indonesia – Belanda, akhirnya PBB membentuk Komite Tiga Negara (KTN).

Komite tersebut beranggotakan Australia, Belgia, dan Amerika Serikat. Anggota KTN dipilih oleh Indonesia dan Belanda. Australia yang diwakili oleh Richard Kirby dipilih oleh pihak Indonesia. sedangkan Belgia yang diwakili Paul van Zeeland dipilih oleh Belanda.

Sementara itu, Amerika Serikat yang diwakili oleh Frank Porter Graham dipilih berdasarkan kesepakatan antara Australia dan Belgia. KTN kemudian mengusulkan untuk mengadakan perundingan yang dilakukan di atas kapal perang milik Angkatan Laut Amerika Serikat “USS Renville”. Maka dari itu, perundingan tersebut akhirnya dikenal dengan nama Perjanjian Renville.

Isi Perjanjian Renville

Perjanjian di atas kapal perang tersrbut kemudian di tanda tangani pada 17 Agustus Januari 1948. Pada saat itu, Amir Syarifuddin berperan sebagai delegasi Indonesia dalam Perjanjian Renville, sedangkan Belanda diwakili oleh R. Abdulkadir Wijoyoatmojo.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...