5 Fungsi Usus Halus Lengkap dengan Bagian dan Cara Memeliharanya

Siti Nur Aeni
24 Desember 2021, 10:42
5 Fungsi Usus Halus Lengkap dengan Bagian dan Cara Memeliharanya
pixabay.com
Gambar usus halus pada manusia

Usus halus merupakan organ dalam memiliki banyak peranan dalam sistem pencernaan manusia. Fungsi usus halus diantaranya untuk memecah dan menyerap nutrisi makanan. Secara umum pencernaan makanan terjadi melalui dua proses, yaitu secara mekanis dan kimawi.

Pencernaan mekanis terjadi di mulut dan perut yakni dengan cara mengunyah, menggiling, dan mencampur. Sedangkan pencernaan kimiawi terjadi di usus halus dan di beberapa organ pencernaan lainnya dengan bantuan enzim, empedu, dan bahan lainnya.

Bagian-bagian Usus Halus

Sebelum mengulas tentang fungsi usus halus, tak ada salahnya jika kita mengenal terlebih dahulu bagian-bagian dari usus halus. Mengutip hellosehat.com, berikut ini tiga bagian usus halus beserta penjelasannya.

1. Usus Dua Belas Jari

Bagian usus halus yang pertama yaitu usus dua belas jari atau duodenum. Usus dua belas jari merupakan bagian paling pendek dari usus halus. Panjangnya sekitar 20-25 cm.

Duodenum berbatasan langsung dengan pilorus dan jejunum atau usus kosong. Usus dua belas jari berbentuk lengkungan seperti huruf C yang mengelilingi pangkreas. Letaknya di dekat kelenjar pencernaan sehingga usus ini mudah menerima enzim pencernaan dari pengkreas dan empedu dari hati.

2. Usus Kosong

Usus kosong atau jejunum merupakan bagian lain dari usus halus setelah duodenum. Jejunum memiliki ukuran lebih panjang dibandingkan dengan duodenum. Ukuran usus kosong ini sekitar 2,5 meter.

Dalam usus ini terdapat lapisan yang tersusun atau lipatan yang disebut jonjot usus atau vili. Bagian lipatan ini berguna untuk memperluas permukaan usus halus sehingga dapat menyerap nutrisi dengan sempurna.

3. Usus Penyerapan

Bagian terakhir dari usus halus yaitu ileum atau usus penyerapan. Bagian ini memiliki panjang sekitar 3 meter. Jejunum berbatasan langsung dengan sekum yang merupakan bagian awal dari usus besar. Di  ileum biasanya terjadi penyerapan vitamin B12 dan garam empedu yang akan didaur ulang menjadi cairan empedu.

Fungsi Usus Halus Pada Manusia

Sebagai organ vital, usus halus memiliki beberapa fungsi. Mengutip dari halodoc.com dan gooddoctor.co.id, berikut beberapa fungsi dari usus halus.

1. Menyerap Nutrisi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa fungsi usus halus adalah untuk mempermudah penyerapan nutrisi makanan. Bagian duodenum di usus halus memiliki dua saluran utama yaitu saluran empedu dan pangkreas.

Saluran empedu nantinya akan menghasilkan cairan empedu untuk mengubah lemak menjadi emulsi. Sedangkan saluran pengkreas berguna untuk memecah nutrisi seperti lemak, protein, dan karbohidrat dengan bantuan enzim.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...