Fungsi Karbohidrat yang Penting untuk Memelihara Kesehatan Tubuh

Siti Nur Aeni
7 Januari 2022, 08:20
Fungsi Karbohidrat yang Penting untuk Memelihara Kesehatan Tubuh
pexels.com
Makanan yang mengandung karbohidrat

Fungsi karbohidrat sebagai makronutrien sangat penting untuk tubuh. Sebagai makronutrien, karbohidrat dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang banyak. Zat gizi yang satu ini diketahui memiliki dua bentuk yaitu karbohidrat sederhana contohnya gula dan karbohidrat kompleks yang ditemukan dalam beragam jenis makanan.

Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh

Fungsi utama karbohidrat yaitu sebagai sumber energi utama untuk tubuh. Selain itu, karbohidrat juga memiliki beragam fungsi penting lainnya. Mengutip dari hellosehat.com, berikut beberapa fungsi karbohidrat.

1. Sebagai Cadangan Energi

Selain berguna sebagai sumber energi utama, salah satu fungsi karbohidrat adalah sebagai cadangan energi. Apabila kita mengkonsumsi karbohidrat, dan tubuh sudah mendapatkan energi sesuai dengan yang dibutuhkan, maka sisa glukosa yang masih ada akan disimpan dalam hati.

Glukosa yang disimpan dalam hati disebut sebagai glikogen. Organ hati diketahui mengandung kurang lebih 100 g glikogen, yang akan dilepaskan ke darah untuk dialirkan keselutuh tubuh. Selain itu, glikogen yang dibawa oleh darah juga berguna untuk menjaga kadar gula agar tetap normal.

Cadangkan glukosa juga biasanya disimpan dalam otot yang dikenal dengan sebutan glikogen otot. Berbeda dengan glikogen hati yang bisa diedarkan oleh darah, pada glikogen otot hanya bisa digunakan untuk aktivitas otot.

Glikogen otot digunakan selama latihan dengan intensitas tinggi dalam waktu lama. Jumlah glikogen setiap orang berbeda, namun umumnya ada sekitar 500 g.

Apabila Anda sudah memenuhi glukosa yang dibutuhkan dan simpanan glikogen sudah penuh, maka tubuh akan mengubah karbohidrat menjadi trigliserida dan menyimpannya dalam bentuk lemak.

2. Menjaga Massa Otot

Fungsi dari karhobidrat lainnya yaitu bisa menjaga massa otot. Saat tubuh kekurangan glukosa, otot tetap bekerja karena aktivitas harian memerlukan otot. Pada saat itu, cadangan glukosa otot diperlukan dan otot tak akan kekurangan energi.

Jika cadangan glukosa dalam otot sudah habis, maka otot akan mengambil protein sebagai sumber energi. Proses mengubah protein menjadi energi akan mempengaruhi massa otot. Protein merupakan pembentuk massa otot yang penting. Jika protein terus digunakan maka massa otot akan berkurang.

Kehilangan massa otot bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan hingga risiko kematian. Maka dari itu, mempertahakan massa otot kita perlu konsumsi karbohidrat dengan cukup. Karbohidrat bisa mengurangi risiko kerusakan otot dan menyediakan glukosa sebagai energi bagi otot.

3. Memelihara Kesehatan Pencernaan

Karbohidrat yang tinggi serat diketahui berguna untuk membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Serat memiliki dua jenis yaitu serat larut dan tidak larut dalam air. Serat yang larut diketahui ada di kacang-kacangan, buah-buahan, hingga sayuran. Sedangkan serat yang tidak larut bisa dijumpai pada biji-bijian dan sayuran.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...