Asam Lambung Naik saat Puasa? Begini Cara Mengatasinya

Asam lambung bisa naik saat berpuasa. Jika hal ini terjadi, maka ibadah puasa dapat terganggu. Adapun cara mengatasi asam lambung naik saat puasa, sebagai berikut.
Image title
11 April 2022, 08:23
Asam Lambung Naik saat Puasa? Begini Cara Mengatasinya
integrativemedica.com
Ilustrasi penderita penyakit yang disebabkan kadar asam lambung yang tinggi

Asam lambung naik saat puasa merupakan hal yang sangat tidak menyenangkan. Pasalnya di kondisi tersebut penderitanya bisa merasakan sakit di perut atau ulu hati. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, asam lambung yang naik ketika puasa juga bisa menggangu ibadah.

Lantas, bagaimana cara mengatasi asam lambung naik saat puasa? Dan bagaimana tips aman berpuasa untuk penderita asam lambung? Begini penjelasan lengkapnya.

Cara Mengatasi Asam Lambung saat Puasa

Gejala asam lambung bisa muncul saat berpuasa. Menurut penjelasan di doktersehat.com, begini cara mengatasi sam lambung naik saat puasa.

1. Perbanyak minum air putih saat buka dan sahur

Cara mengatasi asam lambung naik saat puasa yang pertama yaitu memperbanyak konsumsi air putih saat buka dan sahur. Dengan cara ini, tubuh akan tetap terhidrasi selama puasa.

Advertisement

Minum air putih saat buka dan sahur dapat mencegah kekurangan cairan yang secara tidak sadar menguap melalui pernapasan, berkeringan, dan buang air kecil. Setidaknya minum sekitar dua liter atau delapan gelas di malam hari.

Selain dari air putih, cairan juga bisa diperoleh dari buah. Tak hanya itu, minum segelas susu segar ketika sahur juga baik untuk penderita gastritis dan tukak lambung.

2. Konsumsi makanan yang membuat kenyang lebih lama

Makanan tinggi karbohidrat ketika sahur bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini dikarenakan karbohidrat sulit dicerna dalam sistem perncenaan. Maka dari itu, konsumsi makanan tinggi karbohidrat bisa menjadi solusi mengatasi asam lambung naik saat puasa.

Selain nasi, sumber karbohidrat juga bisa berasal dari buah-buahan seperti kurma dan pisang. Kedua buah ini mengandung karbohidrat yang tinggi dilengkapi dengan mineral yang penting untuk tubuh.

Jenis makanan penderita asam lambung saat puasa lainnya yaitu makanan tinggi serat. Sejumlah makanan yang mengandung banyak serat, diantaranya; buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan gandum.

3. Hindari sres

Mengurangi stres juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi asam lambung naik saat puasa. Beberapa cara untuk menghindari stres antara lain melakukan hal-hal yang disukai dan istirahat cukup.

4. Minum obat

Selain mengatasi lewat gaya hidup yang sehat, asam lambung juga bisa diatasi dengan minum obat khusus untuk maag. Obat-obatan tersebut termasuk antasida, proton pump inhibitor, dan antagonis H2. Agar lebih aman, pastikan konsumsi obat yang telah diresepkan dokter.

Tips Puasa untuk Penderita Asam Lambung

Memiliki riwayat gangguan asam lambung, bukanlah sebuah halangan dalam menjalankan ibadah puasa. Walaupun tidak mudah, namun banyak penderita asam lambung yang mampu berpuasa dengan lancar. Mengutip dari hellosehat.com, berikut ini sederet tips puasa untuk penderita asam lambung.

1. Jangan lewatkan makan sahur

Salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan penderita asam lambung saat puasa yaitu makan sahur. Hal ini dikarenakan melewatkan makan sahur dapat memperparah asam lambung di siang hari. tak hanya itu, sahur menjadi bekal Anda berpuasa selama satu hari dan mencegah asam lambung naik ke tenggorokan.

2. Menyegerakan buka puasa ketika waktunya tiba

Tips lain yang bisa diterapkan untuk penderita asam lambung saat berpuasa yaitu menyegerakan buka puasa jika waktunya telah tiba. Hal tersebut dikarenakan, perut memerlukan makanan untuk dicerna, sehingga asam lambung yang diproduksi bisa digunakan untuk memecah makanan.

3. Makanan secara perlahan

Hal lain yang perlu diperhatikan agar asam lambung tidak naik saat puasa yaitu dengan makan secara perlahan. Pasalnya, makanan yang tidak dikunyah dengan benar bisa memicu asam lambung meningkat. Dengan makan perlahan, Anda juga tidak akan merasa sakit akibat asam lambung naik.

4. Konsumsi makanan dalam porsi kecil saat buka dan sahur

Asam lambung naik saat puasa bisa dipicu karena makanan yang dikonsumsi terlalu banyak. Maka dari itu, untuk mencegah kondisi tersebut, pastikan Anda mengonsumsi makanan dalam porsi kecil saat buka dan sahur.

5. Jangan langsung berbaring setelah makan

Biasanya kita sering merasa kantuk selepas makan. Walaupun demikian, sebaiknya hindari kebiasaan tidur atau berbaring setelah makan. Idealnya, kita perlu menunggu 3 jam jika ingin tidur setelah makan. Hal ini bertujuan untuk mencegah asam lambung tiba-tiba naik dan menggangu ibadah puasa di siang hari.

6. Tinggikan kepala saat tidur

Tips puasa untuk penderita asam lambung lainnya yaitu dengan meninggikan kepala saat tidur. Posisi tidur seperti ini diketahui bisa mencegah asam lambung naik.

7. Pakai baju yang longgar

Agar asam lambung tidak naik saat puasa, Anda juga dianjurkan untuk mengenakan pakaian longgar. Hal ini diketahui bisa mengurangi tekanan di bagian perut. Mengenakan baju yang longgar juga bisa menghindari heartburn atau perih di bagian lambung.

Itulah beberapa cara mengatasi asam lambung naik saat puasa dan tips aman berpuasa untuk penderita asam lambung yang bisa Anda terapkan.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait