Inilah Perbedaan Generasi X, Y, Z dengan Dua Generasi Lainnya

Siti Nur Aeni
11 Maret 2022, 07:44
Inilah Perbedaan Generasi X, Y, Z dengan Dua Generasi Lainnya
pixabay.com
Potret generasi baby boomers, X, Y, Z dan alpha

Peradaban manusia sudah ada sejak berjuta tahun lalu. Sudah banyak generasi yang lahir, namun kini kita lebih sering mendengar istilah generasi baby boomers, X, Y, Z, dan alpha. Jika dilihat dari tahun kelahirannya, perbedaan generasi X, Y, Z dan dua generasi lain cukup mudah untuk diketahui.

Selain tahun kelahiran, ada juga hal lain yang membuat kelima generasi tersebut berbeda. Apa sajakah perbedaan antara kelima generasi itu? Berikut ini penjelasan seputar perbedaan keempat generasi tersebut.

Advertisement

Perbedaan Generasi X, Y, Z dan Generasi Lainnya

Berdasarkan penjelasan dalam Jurnal Pemikiran Islam, disebutkan bahwa sebenarnya tidak ada demografi khusus dalam menentukan kelompok generasi. Namun dalam Teori Generasi oleh Natali Yustisia, setidaknya ada lima generasi yang lahir pasca perang dunia kedua.

Generasi-generasi itu memiliki karakter yang cukup berberbeda. Berikut ini perbebedaan generasi X, Y, Z dan dua generasi lainnya.

1. Generasi Baby Boomers (1946 – 1964)

Generasi baby boomers adalah kelompok manusia yang lahir setelah perang dunia II. Generasi ini biasanya memiliki banyak saudara akibat banyaknya pasangan yang berani memiliki banyak keturunan.

Generasi baby boomers cukup adaptif, mudah menerima, dan menyesuaikan diri. Mereka yang masuk dalam kelompok ini biasanya dianggap sebagai orang lama yang memiliki banyak pengalaman hidup.

Baby boomers umumnya dididik oleh orang tua yang disiplin dan keras, sehingga memiliki kedisiplinan tinggi, mental kuat, prinsip kuat, serta berpegang teguh pada loyalitas dan dedikasi. Maka tidak heran, jika kita sering melihat orang tua yang masih menjalankan pekerjaan di bidang yang sama.

2. Generasi X (1965 – 1980)

Generasi X merupakan kelompok yang lahir di antara tahun 1965 – 1980. Tahun-tahun tersebut merupakan awal dari penggunaan personal computer, video games, televisi kabel, dan internet. Teknologi saat itu, masih menggunakan floppy disk atau disket sebagai penyimpanan.

Generasi ini juga dididik oleh orang tua yang disiplin. Hal tersebut yang membuat gen X memiliki karakteristik seperti mandiri, disiplin, kerja keras, dan mengutamakan karir. Gen X yang tumbuh di sekitar tahun 80an juga cenderung lebih kreatif, tangguh, dan solutif.

Karakter tersebut dipengaruhi oleh kondisi dunia yang pada saat itu sedang mengalami beragam krisik ekonomi. Sehingga mereka yang hidup di era tersebut harus bisa mandiri dan pintar dalam mencari peluang agar bisa hidup lebih baik.

Selain memiliki karakter baik, gen X juga memiliki beberapa tingkah laku negatif. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Jane Deverson menyebutkan generasi X memiliki tingkah laku negatif seperti tidak hormat pada orang tua hingga mencoba menggunakan ganja.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement