10 Makanan Khas Hongkong yang Enak dan Populer

Siti Nur Aeni
2 Juni 2022, 08:45
Dim Sum salah satu makanan khas Hongkong yang banyak disukai
pixabay.com
Dim Sum salah satu makanan khas Hongkong yang banyak disukai

Hongkong menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan dari beragam negara. Salah satu daya tarik dari negara ini yaitu makanan khas Hongkong yang lezat dan unik.

Meskipun makanan-makanan tersebut telah mudah dijumpai di berbagai negara, namun cita rasanya akan berbeda saat mencicipinya langsung di negara asalnya. Lantas, apa saja makanan yang berasal dari  Hongkong? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Daftar Makanan Khas Hongkong

1. Wonton Noodle

Kita mungkin sering melihat makanan yang bernama wonton. Ternyata makanan ini berasal dari Hongkong. Di negara asalnya, wonton biasanya dinikmati bersama mie yang kemudian dikenal dengan sebutan wonton noodle.

Mie wonton ini biasanya disajikan bersama beragam topping seperti daging, tauge, pangsit udang, potongan seledri, dan daun bawang. Makanan ini memiliki rasa yang lezat dan bisa memberikan sensasi hangat pada tubuh. Maka dari itu, wonton noodle ini sangat cocok dinikmati saat cuaca dingin.

2. Kau Kee Beef Brisket

Makanan khas Hongkong lainnya yang menarik untuk dicicipi yaitu kau kee beef brisket. Makanan ini terbuat dari bahan utama daging sapi lembut yang disajikan bersama mie khas Hongkong. Makanan ini memiliki rasa yang khas dan lezat. Jika Anda menyukai makanan berbahan utama mie, maka kau kee beef brisket menjadi salah satu olahan mie yang bisa Anda coba.

3. Dim Sum

Dim sum juga termasuk makanan khas dari Hongkong. Makanan ini sudah cukup mudah dijumpai diberbagai tempat, termasuk Indonesia. Dim sum di Indonesia biasanya dikonsumsi sebagai camilan atau topping makanan seperti mie. Penjual dim sum di Indonesia juga cukup mudah dijumpai, banyak street food yang menjual makanan ini.  

Makanan ini terbuat dari tepung beras dan udang sebagai isian. Umumnya, dim sum hanya diolah dengan cara di kukus dai sajikan dalam wadah yang terbuat dari bambu. Biasanya makanan ini juga disajikan bersama saus yang membuat rasanya semakin nikmat.

4. Roast Goose Drumstick

Roast goose drumstick merupakan makanan tradisional dari Hongkong. Bahan utama dari makanan ini yaitu daging angsa. Dalam pengolahannya, daging angsa diolah terlebih dahulu sampai teksturnya empuk. Kemudian, diberi bumbu khusus yang membuat rasanya semakin lezat.

Makanan khas ini memiliki tampilan yang menggugah selera. Tekstur yang empuk dan bumbu yang meresap sempurna membuat banyak orang semakin penasaran untuk mencicipinya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement